Pengajian Bulanan IKWAL Kota Padang, Ajisril Ahmad Kupas Tanda-tanda Kematian

178

JURNAL SUMBAR | Padang – Ikatan Keluarga Wilayah Lengayang (IKWAL) Kota Padang menggelar pengajian bulanan perdana awal tahun 2022. Pengajian di Sekretariat Ikwal Padang, depan Bank BTN Padang, menghadirkan penceramah Ust. Ajizsril Ahmad, SAg, Ahad (9/11/2022).

Pengajian yang berlangsung bakda zuhur itu turut dihadiri Datuak Bandaro Hitam dan sejumlah pengurus dan warga IKWAL Kota Padang. Ajizsril Ahmad dalam ceramahnya mengupas tentang muhasaba diawal tahun.

“Alhamdulillah IKWAL Kota Padang bersama warganya tetap berkomitmen membina dan mendampingi Rang Lengayang seperti gelaran pengajian bulanan ini,” katanya, yang berceramah usai pembacaan kalam ilahi.

Ajizsril Ahmad mengatakan begitu pendek interval waktu yang rasakan saat ini. Hari berganti minggu, minggu berganti bulan, bulan berganti tahun tanpa disadari sudah meninggalkan tahun 2021, dan saat ini sudah berada di tahun 2022.

“Ada orang berpendapat dengan pertukaran tahun umur bertambah 1 tahun dan ada pula yang mengatakan umurnya berkurang satu tahun. Keduanya sama sama punya alasan, mengapa bertambah karena bilangannya bertambah, alasan berkurang karena secara kesempatan berkurang satu tahun. Tetapi yang pasti semakin lama hidup diatas dunia semakin dekat kita kepada pintu kematian. Bahkan sudah banyak tanda tanda kamatian itu pada diri kita, diantaranya tenaga sudah mulai berkurang, uban telah bertumbuh, mata sudah mulai kabur, kulit sudah kendur, duduk sudah meunjur, makan sukanya bubur, sebentar lagi masuk kubur,” katanya.

Dia menjelaskan soal berhubungan dengan waktu manusia terbagi tiga (3), kata nabi, pertama, manusia yang tertipu dengan waktu, kedua manusia yang tercela dengan waktu dan yang ketiga manusia yang beruntung dengan waktu.

“Maka dari itu jangan sampai tertipu dengan waktu semakin dipenghujung hidup tidak mengenal Allah, tercela karena dipenghujung hidup semakin rajin berbuat maksiat, hendaknya kita menjadi orang yang beruntung, orang yang hari ini lebih baik dari hari sebelumnya. Sedari itu mari kita hayati surat al hasyar ayat 18 Artinya Hai orang orang yang beriman bertakwalah kepada allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang sudah dipersiapkan utuk hari akhiratmu. Maksudnya bekal untuk kekampung akhirat kita. Mudah- mudahan dihari mendatang lebih baik dari hari sebelumnya disehatkan badan kita dan dijauhkan dari segala penyakit, amin,” katanya.

Pada kesempatan itu, Ketua IKWAL Kota Padang, Aprizal Cai menyampaikan IKWAL Kota Padang senantiasa memberikan pelayanan sosial kemasyarakatannya kepada warga Lengayang di Kota Padang, diantaranya pemakaian mobil ambulan. Pihaknya juga menginformasikan bahwa kondisi pandemi yang mulai melandai mari kembali menggiatkan aktivitas ekonomi sosial, diantaranya memperkuat silaturahmi. Dan dipenghujung pengajian, dipimpin ustad Ajizsril Ahmad para peserta pengajian bulanan berdoa bersama untuk alm Syafrudin Dt Rajo Bujang, salah seorang Tokoh IKWAL Kota Padan, yang wafat pada akhir Desember 2021 lalu.agusmardi