Di HUT Ke-73, Disdukcapil Sijunjung Layani Perekaman KTP Elektronik Gratis Bagi Pelajar SLTA

202
Kadis Dukcapil Sijunjung, Febrizal Ansorin SH, MSi

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sijunjung, Febrizal Ansori, SH,M.Si

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ini benar-benar kabar gembira bagi pelajar tingkat SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) di Ranah Lansek Manih.

Betapa tidak, di hari ulang tahun (HUT) ke-73 Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) daerah setempat akan melaksanakan pelayanan perekaman KTP (kartu tanda penduduk) bagi para pelajar secara gratis.

Kegiatan tersebut sebelumnya juga telah dilaksanakan pada 2 hingga 10 Febriari 2022 di tujuh sekolah tingkat SLTA. Pada putaran kedua juga akan berlangsung dari 14 hingga 23 Februari 2022 yang dipusatkan di delapan SLTA di Kabupaten Sijunjung. (Lengkapnya Lihat Tabel);


Hal itu dibenarkan Kepala Disdukcapil Kabupaten Sijunjung, Febrizal Ansori, SH,M.Si. “Yaa, Disdukcapil akan menurunkan petugas perekaman KTP elektronik di delapan sekolah tingkat SLTA. Kegiatannya telah dimulai sejak 2 hingga 10 Februari 2022 lalu diputaran pertama. Pada putaran kedua dilaksanakan pada Senin (14/2/2022-red) hingga 23 Februari mendatang. Jadi yang belum memiliki KTP silahkan lakukan perekaman KTP elektronik dilokasi sekolah yang telah ditentukan. Perekaman KTP elektronik ini khusus untuk pelajar SLTA,”ucap mantan Kepala Bapppeda, Asisten 1 dan mantan Kadis Koperndag UKM Kabupaten Sijunjung itu.

Disebutkan Feri, begitu sapaan akrab Febrizal Ansori itu, kegiatan tersebut dalam rangka hari jadi Kabupaten Sijunjung.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Dukcapil melakukan pelayanan perekaman dengan sasaran untuk wajib KTP-el berumur 16-17 tahun dibeberapa sekolah. Hal ini dilaksanakan di samping dalam rangka hari jadi juga untuk data pemilih pelaksanaan pemilu dan pilkada tahun 2024 serta untuk pencapaian target perekaman tahun 2022,”tambah peraih terbaik Inovasi Pelayanan Publik (IPP) 2021 itu.

Dikatakannya, layanan jemput bola ini tidak lain untuk mempermudah perekaman KTP-elektronik bagi para pelajar tingkat SLTA yang ada di Kabupaten Sujunjung.

” Layanan ini juga untuk meningkatkan pelayanan di bidang administrasi. Untuk memastikan semua warga negara bisa mengakses pelayanan adminduk tanpa kecuali. Untuk memaksimalkan layanan jemput bola ini, kami bekerjasama dengan pihak sekolah. Semuanya gratis, tak ada pungutan biaya,”tambah pejabat senior itu.ius