Sumbar Berduka, Wabup Dharmasraya Dasril Panin Dt Labuan Meninggal Dunia

451

JURNAL SUMBAR | Dharmasraya – Provinsi Sumatera Barat berduka. Wakil Bupati Dharmasraya, Dasril Panin Dt Labuan dikabar menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Daerah ( RSUD) Dr. Achmad Mochtar Bukit Tinggi, sekira pukul 14.00 WIB, Minggu (13/2/2022).

Wakil bupati periode 2021-2026 ini sempat dirawat beberapa hari di Rumah Sakit tersebut lantaran sakit yang dideritanya.

“Innalaillahi wainnailaihi rojiun, datuak sudah meninggal dunia,” ungkap adik alharhum, Ampera Dt Labuan seperti dilansir Topsatu.com, Minggu (13/2/2022).

Meninggalnya wakil bupati Dharmasraya ini juga dibenarkan cucu almarhum, Havis. Bahkan di sejumlah whatsapp grup juga menyampaikan duka yang mendalam.

“Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Sekdakab Dharmasraya, H.Adlisman dan beberapa orang kerabat lainnya ikut melepas kepergian almarhum,” terang Havis seperti dikutip topsatu.com.

Menurutnya, sebelum meninggal, Wakil Bupati yang telah berusia 74 tahun lebih itu, sempat menjalani perawatan intensif sejak Jumat (11/2/2022). Pihak pemerintah belum menjelaskan lebih rinci mengenai sakit yang diderita wakil bupati.

Dasril Panin Dt Labuan Dasril Panin lahir di Sungai Dareh yang ketika itu masih dalam kabupaten Sawahlunto Sijunjung pada 6 Agustus 1947. Wabup meninggalkan seorang istri dan seorang anak.

Pada 1968 almarhum merantau ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Ia meraih gelar sarjana dalam bidang geograpi politik dari Fakilultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia pada 1981

Sejak 1975, Dasril aktif di organisasi kepemudaan seperti Angakatan Muda Pembaharuan Indonesia (sayap pemuda Golkar) dan KNPI.

Pada pemilu 1982, Dasril dicalonkan Golkar untuk menjadi Calon Anggota DPR-RI dari daerah pemilihan Kabupaten Bulukumba, Sulsel. Ia terpilih dan duduk di DPR-RI hingga 1987.

Pada 1992, ia maju kembali sebagai Calon Anggota DPR-RI dengan nomor urut 14 dari daerah pemilihan Sumatera Barat. Ia dilantik pada September 1993 sebagai pengganti antar waktu Zulharman Said yang meninggal dunia. Ia ditempatkan di Komisi IV DPR-RI.

Pada Pemilu 1997, ia kembali terpilih untuk periode ketiga di DPR-RI. Dan pemilu 1999 , ia kembali terpilih sebagai anggota DPR-RI untuk periode keempat dengan daerah pemilihan Sawahlunto.

Pada 2020 Dasilril Panin Dt Labuan maju sebagai calon wakil bupati mendampingi petahana Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Kedua pasangan tersebut berhasil memenangkan pilkada dengan perolehan 71.590 suara atau 63,62. Sutan Riska-Dasril Panin dilantik pada 26 Februari 2021.sumber; topsatu.com/antara