Diikuti 1.822 Peserta, Gubernur Mahyeldi Buka Tensailicious 2022 SMAN 10 Padang

291

JURNAL SUMBAR | Padang – Setelah tiga tahun tidak dilaksanakan, tahun ini SMAN 10 Padang kembali menggelar Tensailicious 2022, suatu ajang kompetisi sains, bahasa, seni dan agama yang diikuti siswa semua tingkatan pendidikan se-Sumatera. Ajang dengan tema Euphoric of Knowledge Revolution, ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, di SMAN 10 Padang, Kamis (24/2/2022).

Pembukaan ditandai dengan pengalungan kartu tanda peserta oleh gubernur, kepada perwakilan peserta dari SD, SMP dan SMA sederajat. Kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan amplop pita soal Tensai 2022.

Dalam sambutannya, gubernur mengapresiasi Tenlicious 2022 yang akan berlangsung 24 hingga 26 Februari 2022. Kompetisi ini menurut gubernur sangat tepat sebagai ajang menguji kemampuan siswa sekaligus menjadi sarana pembuktian dari pembelajaran dan pendidikan yang dilakukan selama ini.

“Melalui Tensailicious 2022 ini semoga bisa hadir prestasi-prestasi dan dapat meningkatkan kompetensi serta bakat para siswa. Sebab salah satu tujuan pendidikan adalah bagaimana bisa memunculkan bakat dan kemampuan yang ada dalam diri siswa,” ujar gubernur.

Kepada para siswa, gubernur juga mengingatkan agar tidak melupakan sejarah dan belajar dari tokoh-tokoh pejuang bangsa. Gubernur berharap dengan kegiatan kompetisi akan hadir dan muncul individu terbaik yang akan menjadi calon-calon pemimpin bangsa ini nantinya. Khususnya dalam rangka menyambut Indonesia emas pada 2045 nanti.

Ketua Panitia Tenlicious 2022, Sultan Aqil, yang juga siswa Kelas 11 SMAN 10, dalam laporannya menyampaikan Tensailicious merupakan gabungan dari dua event terbesar dari SMAN 10 Padang, yakni Tensai (Smanten Science Invitation) dan juga Tenlicious (Smanten Languages, Islamic, and Singing Competition for Students). Ajang Pra Olimpiade ini diikuti oleh 1822 peserta dari seluruh jenjang pendidikan, baik untuk Tensai, maupun Tenlicious.

Kepala Sekolah SMAN 10 Padang, Muhammad Isya mengatakan pada tahun 2022 ini, Tensai telah memasuki tahun yang ke 11 dan Tenlicious telah memasuki tahun yang ke 8. Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengasah kebolehan para siswa dengan berbagai macam mata lomba yang tersedia. Tensailicious juga dapat menjadi tolak ukur untuk mengikuti OSN baik tingkat Nasional maupun Internasional.

“Kegiatan ini terlaksana berkat kerja keras para siswa yang mencari sponsor dan Alhamdulillah setelah tiga tahun, bisa dilaksanakan kembali. Pelaksanaannya secara online untuk babak penyisihan dan offline untuk babak final. Bentuk Ujian Test Objektif untuk babak semifinal dan Test Essay pada babak final,” kata Muhammad Isya.

Bidang lomba pada Tensai ke-11 yang diikuti SMA/MA se-Sumatera adalah Matematika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Fisika, Astronomi, Kebumian, Geografi dan Komputer.

Untuk kategori SMP/MTs se-Sumatera Barat, terdiri dari empat bidang lomba, yaitu Matematika, Fisika, Biologi dan IPS. Sedangkan untuk SD/MI se-Sumatera Barat, hanya tiga bidang yaitu Matematika, IPA dan IPS.

Sementara Tenlicious ke 8 SMA/MA se-Sumatera Barat, bidang lombanya Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ), Musabaqah Sarhil Qur’an (MSQ), Adzan/Khutbah, Olimpiade PAI, Debate English, Debat Indonesia, dan Speech Contest.

Bidang lomba untuk Kategori SMP/MTs se-Sumatera Barat, Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ), Musabaqah Sarhil Qur’an (MSQ), Story Telling dan Olimpiade PAI.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut Plt. Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Suyanto, Kakanwil Kemenag Sumbar Helmi, perwakilan Kanwil Kemenag Kota Padang, serta para guru, pengawas dan siswa.(doa/MMC).Dinas kominfotik Sumbar