Festival Lansek Manih di HJK ke-73 Meriah, Ini Kata Kadis Parpora Sijunjung

264

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Pemerintah Kabupaten Sijunjung menggelar Festival Lansek Manih IV dan secara resmi dibuka Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir. Festival yang sekaligus diadakan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung ke 73 itu dibuka di Jalan Lansek Manih Pasar Jumat, Jumat (18/2/2022)

Dalam sambutannya Bupati Benny menyampaikan melalui festival ini semua sektor potensi masyarakat dikemas menjadi sajian yang menarik. Baik terkait sektor pariwisata unggulan dengan icon Geopark Ranah Minang Silokek, maupun di sektor perdagangan oleh UMKM dan ekonomi kreatif.

“Sebagai wujud bentuk komitmen Kabupaten Sijunjung untuk mendorong tumbuh dan bangkitnya UMKM di era pandemi ini, maka diberikan space gratis kepada 50 orang pelaku UMKM dan ekonomi kreatif sehingga mereka terfasilitasi,” ujar Bupati.

Ia juga menyampaikan selain pengembangan ekonomi dan kepariwisataan, festival ini juga bisa menjadi sarana dan ajang silaturrahmi bagi semua warga Kabupaten Sijunjung untuk bangkitnya kembali ekonomi masyarakat.

Di akhir sambutan Bupati meminta agar dalam Festival Lansek Manih IV ini kita semua dapat membangkitkan rasa kebersamaan untuk saling bergandengan tangan dalam membangun Kabupaten Sijunjung. Festival Lansek Manih IV ini berlangsung selama 7 hari ke depan mulai tanggal 18 hingga 24 Februari 2022

Sebagai Panitia Pelaksana, Kepala Dinas Parpora, Afrineldi menyebutkan tujuan festival ini untuk mempromosikan Kabupaten Sijunjung sebagai destinasi pariwisata unggulan yang kaya dengan keanekaragaman hayati dan keragaman budaya.

Adapun rangakaian kegiatan Festival Lansek Manih IV, dimulai dari launching kalender ivent Kabupaten sijunjung tentang informasi pelaksanaan iven pariwisata, pemuda dan olahraga, launching One Village One Ivent di mana di setiap nagari akan ada 1 ivent unggulan sebagai pendukung daya tarik pariwisata di Kabupaten Sijunjung.

Kemudian juga launching Everyone Promote Sijunjung dimana setiap OPD, ASN, maupun individu atau kelompok diwajibkan untuk memiliki media sosial, sebagai sarana untuk mempromosikan potensi yang ada. Lalu juga ada launching Sijunjung Award sebagai bentuk penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Sijunjung kepada pemuda yang memang bisa jadi pelopor atau inspirasi

Masih menurut Afrineldi, masih ada juga launching Inovasi Daerah Pom Bensim (Program pembelajaran sinergi masyarakat), untuk pemberantasan masyarakat putus sekolah ( paket kesetaraan A, B dan C melalui PKBM berbasis life skill.

Terakhir launching Ecoprint Sijunjung tentang pemberian pola atau motif kepada kain dengan bahan alami seperti daun dan bunga.

Setelah acara sambutan dilanjutkan dengan pemukulan gendang kayu khas kesenian Nagari Durian Gadang lalu pelepasan balon ke udara, serta pengguntingan pita tanda dibukanya bazar.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah, Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Subronto, Ketua Pengadilan Agama, Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, Dandim 0310/SSD, Kepala Kejaksaan Negeri Sijunjung Efendri Eka Saputra, Ketua DPRD Bambang Surya Irwan, serta wakil Ketua DPRD Sijunjung Syofyan Hendri.

Lalu juga hadir mantan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin beserta Istri En Yuswir Arifin, Ketua TP-PKK Riri Benny Dwifa, Ketua GOW Donna Iraddatillah, serta para istri unsur Forkompida, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Wali Nagari, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Tokoh Pemuda.wen/*