Bupati Benny Letakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Sederhana Bantuan Indojalito Peduli Jakarta dan Baznas Sijunjung

262

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung Beny Dwipa Yuswir, S. STP, M. Si. melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah sederhana bantuan Indojalito Peduli dan BAZNAS Kabupaten Sijunjung di jorong Koto Nagari Guguak kecamatan Koto VII kemaren Kamis (3 Maret 2022).

Dalam arahannya Bupati Beny Dwipa Yuswir menyampaikan rasa terima yang tidak terhingga kepada perantau Minang di Jakarta yang peduli pembangunan kampung halaman yang tergabung dalam Group Indojalito Peduli dan Baznas Kabupaten Sijunjung dimana secara bersama sama nenolong masyarakat kurang mampu dan meringan kan beban Pemda Kabupaten Sijunjung untuk membangunkan rumah sederhana atau rumah layak huni seperti warga nagari Guguak kecamatan Koto VII ini.

Hal seperti ini kami harapkan untuk dapat di lanjutkan dan dikembangkan lagi di masa datang, sehingga masyarakat dan Pemda kabupaten Sijunjung makin dapat merasakan keberadaan Indojalito Peduli dan Baznas Kabupaten Sijunjung.

Sebelumnya Pimpinan Rombongan Indojalito Peduli dari Jakarta Adrida menyampaikan bahwa Group Indojalito Peduli adalah merupakan kumpulan perantau minang yang ada di Jakarta yang peduli terhadap pembangunan kampungnya yang di Minang,

Dengan mengumpulkan uang pribadi untuk dapat di sumbangkan terhadap pembangunan di kampung, dan itulah yang dapat kami sumbangkan sebagai tanda kami mencintai kampung halaman yang jauh dimata, tapi dekat di hati kami, tandas Adrida.

Sementara Wali Nagari Guguak Zainal dalam laporanya menyampaikan bahwa pembangunan rumah sederhana ini kami berikan kepada Keluarga Laili Anwar guru rumah tahfidz Tuah Sakato Guguak yang mampu tapi cukup banyak memberikan sumbangan pikiran dan tenaganya untuk pengembangan agama Islam di nagari Guguak, terutama dibidang tulis baca alqur’an.

Peletakan batu pertama pembangunan sederhana itu di hadiri sekitar 25 orang anggota Group Indojalito Peduli dan dari Kemensos RI dari Jakarta, Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung dan sejumlah kepala OPD, Pimpinan dan Amil Baznas Kabupaten Sijunjung, Camat Koto VII dan Staf, petangkat nagari dan tokoh masyarakat nagari Guguak.

Menurut Ketua Baznas Kabupaten Sijunjung H. Hidayatullah, Lc. MA. didampingi Waka II H. Syahril Syahda, SH. bangunan rumah sederhana atau rumah layak huni untuk keluarga Guru Rumah Tahfidz Tuah Sakato itu dananya sebesar Rp. 30 juta yang berasal dari Indojalito Peduli 25 juta yang di infakan ke Baznas Kabupaten Sijunjung kemudian di tambah Rp. 5 Juta dari dana Baznas Kabupaten sebagai program Sijunjung Peduli.

Terlaksananya pembangunan rumah sederhana type 36 tersebut merupakan tanggung jawab Wali Nagari Guguak dan tokoh masyarakatnya dan dananya sebesar Rp. 30. Juta hanya untuk bangunan menjadi tanggung jawab BAZNAS Kabupaten Sijunjung, tambah H. Hidatullah mantan ketua MUI kabupaten Sijunjung ini.

Pada kesempatan itu Bupati Sijunjung juga menyerahkan satu buah gerobak dorong dari Indojalito Peduli kepada Sri Sidarti janda kurang mampu yang berusaha gorengan di nagari Guguak tersebut. syahril syahda