Dihadiri Wabup Sijunjung, 92 Hafiz-Hafizah Ponpes As-Salam Diwisuda

177

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Pondok pesantren As-Salam Jorong Sibisir, Nagari Timbulun, Kecamatan Tanjung Gadang, Sijunjung mewisuda 92 hafiz-hafizah dalam wisuda Tahfizh Akbar angkatan III di Halaman Pompes setempat, Selasa (29/3/2022).

Kegiatan itu dihadiri langsung Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah. Dalam arahannya Wabup mengapresiasi para hafiz dan hafizah yang ikut wisuda saat itu.

“Kegiatan yang baik ini sangat membantu kewenangan Pemkab Sijunjung, sebab Pompos As-Salam telah memberikan pendidikan berkarakter kepada anak-anak kita, sehingga dapat melahirkan serta menciptakan generasi penghafal Al-Quran,” ungkapnya.

Disebutkan Iraddatillah, dari lima pompes terbaik di Ranah Lansek Manih, salah satunya termasuk pompes As-Salam.

Menurutnya, penghafal Al-Qur’an bernilai mulia disisi Allah SWT. “Karena pemahaman dan penghafal terhadap Al-Quran akan menjadi pendorong sekaligus bekal berharga untuk mengenal lebih jauh isi dan kandungannya,” jelas Wabup.

Selain itu, para penghafal Al-Quran juga terlihat dari akhlaknya. “Anak-anak yang hafiz dan hafizah tentu berbeda prilakunya dengan yang tidak penghafal Al-Quran,” sebutnya.

Ia berharap kepada para wisuda/ti agar terus meningkatkan hafalannya. “Jangan berhenti disini, selagi hayat masih dikandung badan, teruslah belajar, belajat dan belajar,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Yayasan Pompes As-Salam, Muhammad Ismi menyampaikan Wisuda Tahfizh yang digelar itu merupakan angkatan ke III, wisuda pertama digelar pada tahun 2018 dan yang kedua pada tahun 2019.

“Sebernarnya wisuda ini dilakukan setiap tahun, akibat Covid-19 kita sempat terhenti dan Alhamdulilah pada tahun 2022 ini kita kembali gelar Wisuda Akbar III,” ujarnya.

Adapun hafiz dan hafizah yang ikut wisuda saat ini sebanyak 92 orang.

“69 orang SMP dan SMA Islam, 13 orang dari SD IT serta 10 orang dari Tumah Tahfizh Balita dan Anak. Masing-masing sudah ada hafalan 7 juz hingga 12 juz,” sebutnya.

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerjasama para ustadz dan ustadzah yang selalu memberikan bimbingan, motivasi kepada anak – anak hingga menjadi penghafal Alqur’an,” tukasnya.

Jenjang pendidikan pada Pondok Pesantren As-Salam tersebut terdiri dari SMA Islam, SMP Islam, SDIT, Rumah Tahfizh dan Rumah Tahfizh Balita dan Anak (Rutaba). dicko