Kemensos BMJ Jakarta Salurkan Bantuan Paket Sembako untuk Warga Lansia di Sijunjung

184

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kementerian Sosial (Kemensos) dari Balai Mulya Jaya (BMJ) Jakarta menyalurkan bantuan paket Sembako Program Asistensi Sosial Lanjut Usia (Lansia) di Kabupaten Sijunjung, pada Kamis (3/3/2022).

Karena itu Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir mengucapkan terimakasih kepada Kementrian Sosial karena telah menyalurkan bantuan sembako lanjut usia di Kabupaten Sijunjung

Ia juga berharap untuk bisa berkalobarasi dengan Kementerian Sosial jika ada program yang secara langsung menyentuh dengan masyarakat seperti ini.

“Karena masih ada masyarakat Kabupaten Sijunjung yang belum terkaver di bidang sosial. Selain program lanjut usia juga ada disabilitas. Nah, dengan adanya bantuan paket sembako setidaknya bisa meringankan beban masyarakat kita yang lanjut usia,” harap Bupati Benny

Menurut Bupati, di tengah-tengah kondisi pandemi Covid-19, memang diakui begitu besar dampaknya dirasakan oleh masyarakat. Salah satu adalah terbatasnya kegiatan ekonomi masyarakat sehingga menurun nilai penghasilan.

Pada program bantuan paket sembako Program Asistensi Sosial Lanjut Usia ini penerima paket sembako terlebih dahulu dilakukan pendataan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, melalui Wali Nagari serta Jorong setempat.

Pendataan dilakukan untuk mengidentifikasi masyarakat lanjut usia yang pantas menerima sehingga bantuan paket sembako benar-benar tepat sasaran. Pada penyerahan kali ini bantuan paket sembako tersebar di Kecamatan Koto VII, Kecamatan Sijunjung dan Kecamatan Tanjung Gadang.

Untuk bantuan paket sembako lanjut usia terdiri dari laki-laki 5 Orang dan Perempuan 15 Orang, dengan jumlah 20 paket, dengan nilai seharga Rp500 ribu/Orang. Adapun isi satu paket di antaranya 10 Kg beras, 1 buah kain sarung, 1 Sajadah, 1 Handuk, 1 Mukenah, 1 Baju Koko, 2 Sarden kaleng, 400 gr susu bendera, dan beberapa roti.

Salah seorang penerima bantuan paket sembako Nurhayati dari Nagari Taratak Baru Kecamatan Tanjung Gadang merasa terharu karena mendapatkan bantuan tersebut.

“Tarimokasih yo Pak, alah mambantu Ambo. Hanyo jo doa bisa Ambo baleh. Mudah-mudahan Bapak Ibuk diagiah kesehatan sahinggo dapek taruih mengabdi kapado masyarakat,” ujarnya.

Di bagian lain Yusmana dari Kementerian Sosial Balai Mulya Jaya Jakarta menyampaikan Kabupaten Sijunjung merupakan Wilayah kerja Bakti Sosial dari 4 Daerah di Sumatera Barat.

Dikatakannya, tujuan bantuan sosial untuk membantu pemenuhan sebagian kebutuhan dasar hidup lanjut usia sehinggga dapat mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya.

“Sebenarnya Kami membantu supaya masyarakat yang dibantu bisa membantu dirinya sendiri atau mereka bisa mandiri,” tambah Yusmana.darwen