MoU, Unitas Padang Luncurkan Program MBKM Berbasis BumNag, Ini Penjelasannya

171

JURNAL SUMBAR | Padang – Universitas Tamansiswa Padang dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) se-Sumbar jalin kerjasama. Hal itu ditandai dengan Memorandum of Understanding (MoU).

Penandatanganan Kerjasama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Universitas Tamansiswa Padang tentang “MBKM pada Bumnag se-Sumatera Barat itu dilaksanakan pada, Rabu 16 Maret 2022.

Universitas Tamansiswa Padang sebagai kampus kewirausahaan atau entrepreneurial university akan fokus melakukan kegiatan pendampingan terhadap BumNag Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Untuk itu dilaksanakan MoU yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumbar, Amnasrul, S.H dan Rektor Universitas Tamansiswa Padang Sepris Yonaldi, SE.MM, dengan Dinas Pemberdayaan Desa Provinsi Sumatera Barat.

PKS tersebut adalah tindak lanjut MoU antara Universitas Tamansiswa Padang dengan Gubernur Provinsi Sumatera Barat. Adapun inti dari MoU itu, bahwa sesuai dengan visi dan program unggulan Provinsi Sumatera Barat akan melahirkan 100.000 entreprenuer, tentunya dengan tumbuh dan berkembangnya Bumnag Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat. Hal itu akan mendorong pencapaian program unggulan tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumbar, Amnasrul, S.H., menyebutkan bahwa pemerintah saja tidak cukup untuk memberdayakan Bumnag ini, maka dibutuhkan stekhorder terkait, terutama perguruan tinggi.

Sementara itu Rektor Universitas Tamansiswa Padang, Sepris Yonaldi, SE.MM, mengatakan, dengan adanya program MBKM yang diwajibkan oleh Kemendikbud terhadap seluruh Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia dan khususnya Universitas Taman Siswa Padang wajib untuk melaksanakan hal tersebut.

“Alhamdulillah Program MBKM ini sesuai dengan visi Unitas Padang, yaitu mencerdaskan dan memberdayakan bangsa melaui kampus keewirausahaan,” jelas Sepris Yonaldi.

BumNag sebagai intitas bisnis yang ada di tengah masyarakat memerlukan pendampingan, untuk itu nantinya Unitas Padang akan mengirimkan mahasiswanya selama 5 bulan atau 1 semester untuk berkegiatan dalam rangka belajar sekaligus memberikan pendampingan dan pemberdayaan terhadap Bumnag yang ada dengan berbagai program bidang study terutama Program Studi Agribisnis, Peternakan, Agroteknologi, Kewirausahaan, Manajemen Retail, Manajemen, Ilmu Hukum dan program program study lainnya.

Universitas Tamansiswa Padang menargetkan tahun ini Program MBKM Berbasis Bumnag akan segera di luncurkan. es