Puji Marching Band SMAN 1 Solsel, Gubernur Mahyeldi Buka Smansa Competition Gubernur Cup III

153

JURNAL SUMBAR | Solok Selatan – Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi meminta para guru dan tenaga pendidik di sekolah untuk dapat melihat potensi setiap siswa. Hal ini penting untuk menentukan pendidikan lanjutan yang tepat bagi siswa sehingga potensi yang dimiliki bisa dioptimalkan dan pada akhirnya menjadi keahlian.

“Sudah menjadi tugas guru dan sekolah untuk melihat potensi siswa. Minimal mulai dari SMP sudah dilihat potensi yang muncul lalu difasilitasi dengan berbagai iven dan ekstrakurikuler sehingga akan mengkanalisasi potensi tersebut dan pada akhirnya sekolah lanjutannya bisa diprediksi mau masuk SMA atau SMK,” ungkap Gubernur Mahyeldi saat membuka Smansa Competition Gubernur Cup III Tahun 2022, di Aula SMAN 1 Solok Selatan, Selasa (22/3/2022).

Smansa Competition Gubernur Cup yang telah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19, itu menghadirkan kompetisi bola basket dan debat bahasa inggris.

Gubernur Mahyeldi mengapresiasi pihak sekolah dan siswa yang telah menghadirkan iven ini yang menurut gubernur sebagai salah satu bentuk kanalisasi potensi siswa. Ditambah lagi adanya berbagai penampilan ekskul siswa seperti vocal grup, tari, dan marching band.

“Saya menyambut baik kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bisa menyalurkan potensi dan bakat siswa, dapat mengasah diri dan memberi dampak positif pada dirinya. Silahkan digiatkan lagi iven nya, mungkin bisa perlombaan marching band. Saya lihat tadi penampilan marching band SMAN 1 Solsel bagus,” kata gubernur.

Kepala Sekolah SMAN 1 Solsel Drs Asril, MM, menyebutkan ada yang berbeda pada Smansa Competition Gubernur Cup III tahun ini, yaitu diluncurkannya olahraga panahan menjadi ekstrakurikuler baru di sekolah tersebut.

Iven ini juga disambut baik Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius. Menurutnya,
iven positif seperti olahraga dan lainnya sangat bagus dan disukai siswa untuk menyalurkan energi dan minat bakatnya.

Sementara Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Evi menyampaikan, dengan semakin banyaknya kompetisi yang diikuti siswa, maka akan semakin menambah wawasan dan pengalaman siswa sehingga akan berkolerasi dengan kualitas lulusan siswa tersebut nantinya.

Pembukaan Smansa Competition Gubernur Cup III Tahun 2022 ditandai dengan pemukulan tambua, oleh gubernur, kemudian dilanjutkan dengan
melempar bola basket ke keranjang dan memanah.

Dalam kesempatan itu, gubernur juga melihat kantin sehat SMAN 1 Solsel serta mencicipi langsung berbagai kuliner hasil masakan para siswa. Gubernur membayar semua dagangan siswa siswi tersebut dan dibagikan gratis kepada para pengunjung.(doa/MMC).Dinas Kominfotik Sumbar