Suling, Program Pemkab Sijunjung yang Menyentuh Kalbu

218

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir melaunching secara resmi kegiatan Subuh Keliling (Suling) Penuh Berkah di Masjid Jihad, Jorong Duri, Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung pada Minggu 13 Maret 2022 subuh.

Kegiatan ini ditandai dengan dikukuhkannya pengurus Suling Kecamatan Sijunjung oleh Bupati Benny Dwifa disaksikan Wakil Bupati, H. Iraddatillah, Anggota DPRD, April Marsal, Kepala Kemenag, drs. Aprizal Taib, M.Pd beserta KUA se Kabupaten Sijunjung, Ketua GOW, Ny. Donna Iraddatillah, Plt Kasat PolPP, Suhril, Camat Sijunjung, Adri beserta forkopincam, walinagari Pematan panjang dan masyarakat Pematang Panjang.

Bupati Benny Dwifa pada kesempatan itu memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana atas terlaksananya kegiatan subuh keliling ini.

“Ini merupakan salah satu program Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung untuk kemajuan daerah di bidang agama,”ujar Benny.

Sebelumnya, pemerintah daerah juga sudah melaksanakan kegiatan tahfiz masuk ke sekolah sekolah.

“Kedepan kita berharap di Kabupaten Sijunjung banyak lahir generasi Qurani yang akan menjadi pemimpin di daerah kita hendaknya,”harap Benny.

Disampaikan Benny bahwa kegiatan Suling di Kecamatan Sijunjung ini merupakan yang ke tiga, sebelumnya di Kamang Baru sudah mulai berjalan. “Semoga nantinya berjalan dengan lancar hendaknya,” harap Benny Lagi.

“Pemerintah Daerah akan selalu membantu semaksimal mungkin dalam rangka pembangunan di Kabupaten Sijunjung apalagi kemajuan agama, insyaallah dengan bersama sama berkolaborasi membangun daerah kita ini,”papar bupati.

Ketua pelaksana, Ali Imran. S.Sos.I menyampaikan bahwa kegiatan Suling itu direncananya akan laksanakan satu kali sebulan di setiap nagari se Kecamatan Sijunjung. Dengan pelaksanaan Suling tersebut berbagai macam hikmah yang dapat kita ambil, seperti kesehatan, menambah rezeki, serta terjalinnya silaturahmi.

“Untuk itu selaku panitia pelaksana, kami mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati, Anggota DPRD dan Kepala Kemenag atas suport dan dukungannya pada kegiatan Suling ini, serta ucapan terimakasih kepada camat dan masyarakat atas partisipasinya sehingga kegiatan Suling kita hari ini sangat ramai sekali. Semoga kedepannya juga lebih baik lagi,”harap Ali.

Kegiatan suling ini juga lebih terasa semaraknya dengan penyampaian tausiah agama oleh Kepala Kemanag, Drs. Aprizal Taib, M.Pd dengan judul, 4 macam bekal keakhirat,

“Ada 4 macam bekal kita menuju akhirat, yang pertama melaksanakan, kedua sedekah, ketiga Sholat untuk mendekatkan diri kepada Allah, dan ke empat adalah tetesan air mata ketika teringat akan dosa dan takut kepada allah, insyaallah jika kita mengamalkan ke 4 macam ini nantinya akan memudahkan jalan kita menuju surga,”ujar Aprizal.

Pengurus Suling penuh berkah Kecamatan Sijunjung periode 2022- 2026 adalah, (Ketua) Ali Imran , S.Sos,I. (Wakil Ketua) Perinal Jeki, S.Pdi, (Sekretaris), Devi Yuharni, S.Sy (Bendahara), Nurlismayati, S.Pdi.

Seksi Pengembangan dan Pelatihan, Tarmizi, S.Pdi, Daswardi, S.Pdi dan Lismawati. Seksi acara kegiatan, Syahrial, S.Pdi, Rahayu Fahnur, S.Pdi, dan Sulisnawati. Sementara seksi humas dan publikasi adalah Murni Hijjri, S.Pdi, Mariasni, dan Iswanidarita. andri