ZI UPTD Metrologi Legal Dinas Perindagkop UKM Dicanangkan, Ini Kata Wabup Sijunjung

155

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Wakil Bupati, H. Iraddatillah, S.Pt membuka secara resmi membuka acara sosialisasi kemetrologian bagi Penyuluh Agama se-Kabupaten Sijunjung di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati Sijunjung pada Selasa, 29 Maret 2022.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Pencanangan pembangunan zona integritas (ZI) UPTD Metrologi Legal Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (Perindagkop UKM), Kabupaten Sijunjung menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Kepala Dinas Dagperinkop dan UKM Kabupaten Sijunjung, Ir. Yulizar, MP selaku ketua pelaksana kegiatan, dalam laporannya menyebutkan, bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan itu untuk menyamakan pemahaman mengenai kemetrologian bagi penyuluh agama, sehingga nantinya akan menjadi mitra metrologi yang akan menyampaikan pesan pesan tentang pentingnya pelaksanaan tera dan tera ulang bagi alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) sehingga sesuai dengan aturan dan perundang undangan serta syariat Islam dengan tujuan masyarakat Kabupaten Sijunjung khususnya terhindar dari apa yang dimaksudkan dalam alqur’an surat Almuthaffifin ayat 1-3.

“Yang artinya,”celakalah bagi orang orang yang curang (dalam menakar dan menimbang, yaitu orang orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dicukupkan dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain mereka mengurangi)”.

“Tujuan lain dari kegiatan ini lanjut Yulizar juga sebagai tindak lanjut dari PKS yang telah dilakukan dengan kemenag Kab Sijunjung dalam rangka inovasi pelayanan SAYANG TERULANG. “4 unsur terkait dalam SAYANG TERULANG ini yaitu UPTD Metrologi legal, Kemenag, Diknas dan BUMN/BUMD/Swasta dan Baznas,”sebut Yulizar.

Peserta pada sosialisasi ini, lanjut Yulizar berjumlah 64 orang Penyuluh Agama se-Kabupaten Sijunjung dengan narasumber dari kepala kemenag dan direktorat metrologi kementrian perdagangan RI.

“Pada acara ini juga dilakukan penandatanganan piagam pencanangan zona integritas oleh Wakil Bupati, Sekda, Direktorat Metrologi, Kepala Kemenag dan Inspektorat Daerah sekaligus pemberian bantuan timbangan standar untuk 7 orang pedagang Pasar Imprrs Muaro Sijunjung,”tutup Yulizar.

Direktorat Metrologi Kementrian Perdagangan (Ketua Tim kelembagaan dan penilaian Direktorat Metrologi Kementrian Perdagangan RI-red), Herosobroto, ST, MSE, mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sijunjung, yang telah melaksanakan pencanangan pembangunan zona integritas UPTD Metrologi ilegal.

“Dari 509 Kabupaten/Kota se Indonesia, baru kabupaten Sijunjung yang telah melakukan pencanangan ini, untuk itu kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan pemerintah kabupaten Sijunjung ini,”ujar Hero.

Wakil Bupati Iraddatillah menyebutkan, bahwa dalam membangun zona integritas, salah satu tahapannya adalah melakukan pencanangan zona integritas yang merupakan bentuk pernyataan dan kesiapan Pemerintah Kabupaten Sijunjung bahwa UPTD Metrologi legal siap menyandang prediket zona integritas.

“Dan setelah pencanangan ini, UPTD metrologi legal yang telah ditetapkan sebagai unit kerja zona integritas khususnya, harus menyiapkan rencana aksi yang kongkrit sesuai peraturan MenPanRB Nomor 90 tahun 2021 tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM di lingkungan kementrian/lembaga Pemerintah Daerah”.

“Saya menegaskan, bahwa pencanangan pembangunan zona integritas ini merupakan upaya penting kita bersama, karena mencerminkan tekat dan komitmen kita bersama untuk menjadikan Pemerintah Kabupaten Sijunjung menjadi zona yang berintegritas, sebagai wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani,”ujar Wabup.

Kepada semua pihak, Wabup Iraddatillah mengajak untuk memberikan dukungan dan bersinergi dalam melaksanakan tugas untuk mewujutkan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM.

Hadir pada pencanangan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Dr. Zefnihan, AP.M.Si, Kepala Kemenag diwakili Buya Iskandar, Wakil Ketua II Baznas Sijunjung, Syahril, SH, Kepala Perangkat Daerah, Sekretaris Dagperinkop UKM, Nasrul, S.Pd dan undangan lainnya. and/*