Amankan Lebaran, Tanah Datar Siagakan Tiga Ratusan Petugas

176

JURNALSUMBAR| Batusangkar – Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2022 dilaksanakan, Jumat(22/4) dengan pembina upacara Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly  Indra Wijayanto S.I.K dengan komandan Upacara Ipda Rido S.H Kanit regident lantas polres Tanah Datar  di halaman Istano Pagaruyung.

Dalam kesempatan itu, kapolres Ruly menghimbau masyarakat yang  bakal menghadapi hari raya lebaran Idul fitri 1443/tahun 2022  yang jatuh hari Sabtu(2/5) dan Kamis (3/5) sekaligus membacakan amanat Kapolri  Drs.Sigit Listyo Prabowo M.Si tentang eksistensi hari Raya Idul Fitri.

Menurut Ruly, lebaran tahun ini disambut dengan eforia oleh masyarakat dengan adanya pelonggaran dalam  merayakannya, dan tanpa adanya penyekatan disaat masyarakat melakukan perjalanan mudik.Ada sekitar 85,5 juta masyarakat melaksanakan perjalanan lebaran.

Hal ktu bisa dilaksanakan karena terus berkurangnya angka pandemi Covid 19 di Indonesia dewasa ini.Dalam mengejar target vaksinasi Di Jawa dan Bali mencapai 100 persen dosis 2, booster 30 persen, dan lansia mencapai 70 persen.

Terkait operasi ketupat  di Tanah Fatar akan dilaksanakan, Sabtu(28/4) s.d Senin ( 2/5) dengan melibatkan sekitar 300 ratusan petugas di lapangan dari TNI, Polri, Dishub, Dinkes, Satpol PP, dan BPBD Tanah Datar.

Dalam operasionalnya, sebut Kapolres Ruly, para petugas disebar di pos pengamanan dan pos pelayanan, yakni, pos pengaman(Pospam) di Ombilin  dan pos pelayanan ( Posyan) di Cinduo Mato  dan Istano Basa Pagaruyung. Semua petugas akan bertugas selama 24 jam.

Diakhir wwancara , Kapolres Ruly Indra Wijayanto S.I.K menghimbau masyarakat yang pulang kampung alias mudik supaya komit  menjaga keselamatannya dengan memperhatikan kondisi kenderaan agar tidak menimbul kecelakaan, tetap waspada terhadap rumah yang ditingggalkan , diusahakan dalam kondisi aman, dan jangan ada gas terpasang yang menyebabkan kerugian diri sendiri dan  masyarakat.

Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2022 yang berjalan mulus itu  dihadiri Forkopimda Tanah Datar, wakapolres Eridal , Kasatpol PP Damkar Yusnen M.Si, Kadishub Nusyirwan, perwira polres Tanah Datar, Kasat lantas Polres Tanah Datar Akp Julisman S.H, M.H, kabag humas Polres Tanah Datar Akp Desfi Arta  dan undangan  – habede