Buber dengan Camat, Kapus dan Koordinator BPP serta Pimpinan OPD, Ini yang Disampaikan Wabup Sijunjung

118

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, H. Iraddatillah, S.Pt berbuka bersama (Buber) Camat, Kepala KUA, Kepala Puskesmas (Kapus)dan Koordinator BPP se-Kabupaten Sijunjung pada Selasa (12/4/2022), bertempat di Rumah Dinas Wakil Bupati Sijunjung.

“Saat ini, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si tengah melaksanakan tugas keluar daerah berkaitan dengan Geopark Silokek menuju UGG (UNESCO Global Geopark),” kata Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt mengawali sambutannya.

“Bapak dan Ibu Camat, KUA, Kapus, dan BPP merupakan personil penting dalam pembangunan di tengah-tengah masyarakat kita terutama di kecamatan,” ucap Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt dihadapan sejumlah pimpinan OPD beserta camat, kapus dan koordinator BPP saat itu.

Sesaat Wabup sampaikan arahan saat berbuka puasa bersama

“BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) berhubungan langsung ketersediaan kebutuhan pangan masyarakat, pemanfaatan pekarangan untuk pemenuhan gizi masyarakat, baik itu sayur-sayuran maupun kebutuhan protein hewani yang bersumber dari daging dan telur, kemudian tak kalah pentingnya menyangkut layanan pengetahuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelas Ketua DPD PPP Kabupaten Sijunjung itu.

“Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) berhubungan langsung dengan tindakan promotif dan preventif sekaitan dengan kesehatan masyarakat yang meliputi layanan promosi kesehatan, layanan kesehatan lingkungan, layanan gizi, layanan pencegahan penyakit, layanan pengendalian penyakit, maupun layanan kesehatan ibu, anak, dan Keluarga Berencana, bahkan yang tak kalah pentingnya Puskesmas juga melayani pasien gawat darurat dan rawat jalan, termasuk sebagai garda terdepan dimasa pandemi covid-19,” tambah Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt.

“Sementara KUA (Kantor Urusan Agama) tidak hanya memberikan pelayanan pernikahan, melainkan juga memberikan bimbingan keluarga sakinah, bimbingan penerangan agama Islam, serta bimbingan kemasjidan,” imbuh Iraddatillah.

Usai berbuka, Wabup berkesempatan foto dengan para Kapus se-Kabupaten Sijunjung

“Apabila semua stakeholder ini kita fungsikan dengan baik, akses penduduk terhadap hasil pembangunan berupa indikator IPM (Indeks Pembangunan Manusia) serta pencegahan dan penurunan angka stunting akan dapat kita laksanakan dengan baik,” harap Wakil Bupati Sijunjung.

Usai Buber, dilanjutkan dengan shalat maghrib berjamaah di Mushallah Al-Jadid, Komplek Rumah Dinas Wakil Bupati dan kemudian dilanjutkan dengan makan bersama.*