Tanpa Kadis Kesahatan, Forum Kabupaten Sehat Bahas Persiapan Menuju Wistara III/ 2023 Bersama Kepala Bapppeda Sijunjung

234

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Di tahun 2022 di bulan suci ramadhan, Forum Kabupaten Sehat yang diketuai Fajar Seftrian, SE, menggelar rapat bersama Plt Kepala Bapppeda Sijunjung, Dra. Yuni Elviza, MT dan anggota Forum Kabupaten Sehat daerah setempat.

Sayangnya, Rapat perdana yang digelar pada Senin (18/4/2022) di Sekretariat Forum Kabupaten Sijunjung Sehat yang membahas berbagai agenda itu tanpa dihadiri Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Sijunjung, drg.Ezwandra.

Padahal, pelaksanaan kegiatan tersebut sesuai surat bernomor; 539/FKSS/IV/2022, tertanggal 8 April 2022 yang ditandatangani Sekdakab Sijunjung, DR. Zefnihan, AP.M.Si.

Ketua Forum Kabupaten Sijunjung Sehat , Fajar Seftian,SE, menyebutkan, kegiatan tersebut dalam rangka pelaksanaan persiapan verifikasi kabuoaten/kota sehat tahun 2023.

“Nah, untuk perlu diadakan rapat guna mengoptimalisasikan persiapan verifikasi kabupaten/kota sehat 2023 menuju Wistara III,”sebut Fajar diamini Plt Kepala Bapppeda Sijunjung, Dra. Yuni Elviza,MT.

Sayangnya, disetiap agenda kegiatan Forum Kabupaten Sijunjung Sehat nyaris tak pernah dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Sijunjung, drg Ezwandra, sehingga membuat sebagaian anggota forum ada yang taburansang dan kecewa.

“Seharusnya Kadis Kesehatan itu hadir, dan ini tak pernah hadir. Wajar saja Sijunjung tak lagi pernah meraih prestasi dibidang kesehatan,”ujar sejumlah anggota tim kecewa.

“Bupati diharapkan bisa memanggil dan menegur Kadis Kesehatan atas kurangnya pedulinya terhadap Forum Kabupaten Sijunjung Sehat. Apa lagi kita dalam persiapan pelaksanaan verifikasi kabupaten/kota sehat tahun 2023 menuju Wisyra III,”tambah sumber lainnya.

Dibagian lain, Ketua Forum Sijunjung Sehat, Fajar Seftrian,SE, berharap pola hidup sehat senantiasa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari, hal ini harus dijadikan kebiasaan agar esensi dari Hidup sehat bisa dirasakan dalam kehidupan sehari – hari, sebut Fajar, ketika memimpin langsung Rapat persiapan verifikasi Kabupaten / Kota Sehat.

Fajar menekankan agar semua stake holder yang terlibat dalam Forum Kabupaten sehat untuk ikut mengambil andil dari upaya membiasakan masyarakat untuk hidup sehat.

Meski tak semua anggota hadir disebab hujan dan berbagai hal, rapat perdana persiapan verifikasi Kabupaten Sijunjung Sehat itu tetap berlangsung. Bahkan rapat juga sempat alot mempertanyakan soal ketidak pernah hadirnya Kadis Kesehatan dalam berbagai kegiatan dalam Forum Kabupaten Sijunjung Sehat itu.

“Soal Wistara tiga, mohon maaf, suksesi lebih sebatas dokumen, belum menyentuh essensi dari pola hidup sehat yang mengakar dan membudaya.”

“Sejatinya ketika sudah memperoleh predikat wistara, apalagi Bapak Bupati Yuswir Arifin juga sudah menerima penghargaan tentang Kawasan tanpa asap rokok, tidak ada lagi pajangan atau baliho rokok di sepanjang jalan protokol di Kabupaten kita. Lagi-lagi sebatas seremonial,”beber tokoh masyarakat Sijunjung itu. ius