TSR di Batipuh Selatan, Wabup Richi Paparkan Program Inovasi Pemda Tanah Datar

JURNAL SUMBAR  | Batusangkar –  Program – program inovasi telah diluncurkan pemerintah daerah, mulai dari Program Pelayanan Administrasi Kependudukan, Satu Rumah Satu Hafiz/hafizah, Satu Nagari Satu Even sampai Program Bajak Gratis.

Wabup Richi Aprian menyatakan hal itu, dalam kunjungan TSR ( Tim Safari Ramadhan ) Tim II, Kamis (7/4) di Masjid Raya Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, kabupaten Tanah Datar Luhak Nan Tuo.

Semua program inovasi yang dilaksanakan, kata Wabup akan bermuara untuk menyejahterakan masyarakat Tanah Datar. Khusus Program Bajak Gratis yang saat ini yang mengatakan program bajak gratis untuk masyarakat  bertujuan meringankan beban para petani dalam biaya operasional membajak sawah dengan menyediakan mesin bajak bersama operator, BBM serta biaya lainnya yang telah ditanggung Pemerintah Daerah.

Jadi petani yang punya lahan tidak mengeluarkan biaya, dan  program ini dikhususkan bagi petani penggarap yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang tergabung sebagai kelompok tani dan terdaftar dalam Sistem Manajemen Penyuluh Pertanian (Simluhtan) sekaligus  memiliki lahan seluas satu) hektar, tekan Richi.

Dikatakannya, saat ini mesin bajak yang bisa dimanfaatkan berjumlah 1.500 set tersebar di Kecamatan.Guna mendukung Progul Bajak Gratis, di kecamatan sudah dibentuk Brigade Alsintan dan mesin bajak yang berada di Kelompok Tani bisa dimanfaatkan. Sedangkan  danapun sudah tersedia untuk mengolah lahan seluas 4.200 hektar.

Epi

Seterusnya untuk pelayanan administrasi kependudukan dan perizinan Pemkab Tanah Datar telah meluncurkan Program Peluk Tanda Diri (  Pelayanan Publik Tanah Datar di Ujung Jari) mempermudah pelayanan administrasi untuk masyarakat.

Ditambahkan Richi, Peluk Tanda Diri mempermudah masyarakat mengurus administrasi, seperti, KTP, KK karena terkendala jarak dengan memaksimalkan Smartphone atau telepon pintar yang dilakukan sendiri atau bantuan petugas di kantor Wali Nagari setempat.

Selanjutnya, Wali Nagari Batu Taba Destriyanto menjelaskan, dalam  mendukung Program Bajak Gratis, telah terdaftar 40 petani. Dan lahan sawah  pertanian tersedia sekitar 108 hektar, dan siap dilaksanakan di masa tanam petani.

Khusus pelayanan administrasi  masyarakat, imbuh Destriyanto, dilaksanakan dengan menghimpun data masyarakat berupa foto kopi, mulai dari KTP, KK sampai ijazah dan surat lain sehingga  Pemerintah Nagari mempunyai back up guna mengantisipasi  situasi darurat masyarakat bisa mengambil atau meminjam data dari kantor wali nagari..

Sedangkan  Pengurus Masjid Anwardi Malin Basa mengucapkan terima kasih atas  kedatangan tim TSR  pemda  Tanah Datar. Dan syukur alhamdulillah bantuan hibah untuk Masjid Rp10 juta dan 1 Paket bacaan dari TSR pemda Tanah Datar.

Tim II pemda Tanah Datar yang dipimpin wabup Richi Aprian didampingi kepala Baperlitbang Dr. Alfian Jamrah, Sekretaris BPBD Agusril, Camat , Forkopimca Batipuh Selatan dan sejumlah anggota TSR – habede

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.