Wabup Sijunjung Buka Seleksi Calon Peserta Jambore Pramuka Nasional

129

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah, S.Pt membuka secara resmi seleksi calon peserta Jambore Nasional Pramuka ke-XI tahun 2022 di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati Sijunjung pada Sabtu 16 April 2022.

Dalam arahannya Wabup Iraddatillah menyampaikan bahwa Pramuka di gugus depan menjadi garda terdepan dalam pembinaan karakter bagi generasi muda ,genersi z 4.0 yang berakhlak mulia,terampil dan disiplin serta bertanggung jawab

Gerakan pramuka merupakan sistem pendidikan nonformal yang mengutamakan nilai-nilai pembentukan watak, kepribadian dan budi pekerti . Hendaknya kegiatan seleksi jambore ini dapat dijadikan sebagai sarana belajar dan berkarya dan membangun semangat persatuan sebagai anak bangsa.

“Manfaatkanlah kegiatan ini untuk menjalin persahabatan dan kebersamaan diantara teman teman. Pererat persahabatan dan keakraban dengan rekan-rekan pramuka dari sekolah lainnya yang sama-sama mengikuti kegiatan seleksi ini,” ujar Wabup Iraddatillah yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang 0303 Gerakan Pramuka Kabupaten Sijunjung.

Wabup juga mengajak kepada anggota Pramuka  untuk mengisi kegiatan dan waktu luang di luar jam sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat untuk melanjutkan kepemimpinan di negeri ini di masa yang akan datang.

”Bagi para majelis pembimbing gugus depan, mari kita dukung gerakan pramuka agar dapat semakin memantapkan perannya dalam pembangunan karakter generasi muda untuk melahirkan lapisan dan barisan pemimpin bangsa indonesia yang sesuai dengan satya dan darma pramuka. Semoga seleksi ini dapat berjalan lancar, penilaian diharapkan secara profesional sehingga nanti bisa terpilih putra putri terbaik untuk mewakili dan membawa nama baik Kabupaten Sijunjung ke tingkat Nasional,”harap Wabup Radi.

Wakil Ketua, Bripka Sepman Hadi, SH selaku Ketua Pelaksana seleksi Jamnas yang didampingi Wakil Sekretaris, Charly Marlinton, S.Pd menyampaikan bahwa rangkaian seleksi Jambore Nasional ini meliputi seleksi administrasi dan kesehatan, selseksi pengetahuan melalui ujian tertulis, tes keterampilan pramuka, tes minat dan bakat di bidang agama, olahraga, seni, dan lain lain.

“Nantinya dari seluruh peserta akan terpilih menjadi 8 orang putra dan 8 putri terbaik mewakili Kabupaten Sijunjung ke tingkat Nasional mengikuti JamNas – XI pada 14 sampai dengan 22 Agustus 2022 di lokasi Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta,”ujar Sepman Hadi.

“Para Peserta adalah utusan dari SMP, Madrasah, Pondok Pesantren sederajat, baik negri maupun swasta se Kabupaten Sijunjung,”tambah Carly Marlinton.

Seleksi ini juga dihadiri Ketua Harian, Ramler, SH, MH, Wakil Ketua, Mukhamis Basyir, Rosmanidar, Kepala Kepala Sekolah selaku Kamabigus, Pembina Pramuka, dan Dewan Kerja Cabang.andri