Bentuk Kepedulian, Pemkab Sijunjung Bantu Warga Korban Kebakaran di Mangganti Sumpurkudus

181

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Peristiwa kebakaran yang menghanguskan satu rumah permanen dan dua rumah semi permanen, terjadi Jumat (6/5/22) sekitar pukul 18.00 WIB di Jorong Tapi Balai, Nagari Manganti, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Pasca peristiwa kebakaran tersebut nampaknya juga menjadi perhatian jajaran Pemerintah Kabupaten Sijunjung. Wakil Bupati Iraddatillah bersama jajaran terlihat turun meninjau dan memberikan bantuan kepada para korban yakni Rizal Palefi (48), Darman (51) dan Saribanun (81) pada Senin (9/5/2022)

Turut hadir Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yofritas, Plt Kepala Dinas Kominfo, David Rinaldo, Kepala Dinas Capil, Febrizal Ansori, Camat Sumpur Kudus, Roni Satria, BPBD, Baznas dan PMI.

Dua Rumah dan Satu Mobil Beserta Bengkel Milik Warga di Mangganti Sumpurkudus Sijunjung Ludes Terbakar

Pada kesempatan itu, Wabup Iraddatillah menyampaikan ucapan belasungkawa mendalam kepada para korban kebakaran rumah itu.

Ia berpesan agar mengikhlaskan musibah tersebut dan berharap kepada korban agar tidak berlarut dalam kesedihan yang panjang.

“Jadikanlah musibah ini sebagai teguran dari allah untuk kita semua sehingga kita selalu ingat dan dekat dengan Allah Swt hendaknya,” ucap Iraddatillah.

“Kami atas nama pribadi dan Pemerintah menyampaikan turut berduka cita yang mendalam atas musibah yang terjadi, walaupun ujian ini berat tapi harus diterima dengan ikhlas, saya berharap keluarga tidak terlalu lama larut dalam kesedihan, harus segera bangkit dan tetap semangat untuk menjalani aktifitas kembali,” sambungnya.

Wabup mengakui akses pelayanan pemadam kebakaran didaerah sumpur kudus diatas memang jauh. “Kedepan kita akan evaluasi dan mencarikan solusi untuk bisa memberikan akses layanan pemadam kebakaran didaerah sumpur kudus diatas, ini merupakan tanggung jawab kita bersama, menit saja keterlambatan datangnya armada pemadam kebakaran tentu api sudah menyebarluas ke yang lain,” sebutnya.

Ia juga berharap dengan adanya bantuan dari Pemerintah Daerah dan Baznas serta PMI dapat meringankan beban korban kebakaran.

“Terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam musibah ini. Atas dasar rasa kemanusiaan bahu membahu berjibaku memadamkan api dan mengevakuasi korban,” pungkasnya.

Sementara, Darman (51) salah seorang korban mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah dan semua pihak yang telah memberikan doa dan perhatianya. “Kami sekeluarga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah, Bupati beserta jajaran dan semuanya atas segala doa dan perhatian yang diberikan kepada kami, semoga kelak dibalas oleh Tuhan Yang Maha Esa,” tutupnya.dicko