Kota Sawahlunto Akan Gelar Kejuaraan Horse Back Archery Walikota Cup

266

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Gelanggang pacuan kuda Kandi Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kota Sawahlunto akan menggelar kejuaraan Horse Back Archery atau memanah berkuda. Kejuaraan terbuka Walikota Cup itu akan digelar, Sabtu – Minggu (18 – 19/6/2022) mendatang.

Ketua Panitia Horse Back Archery Walikota Cup Bembi Fernanda menyatakan kejuaraan ini digelar dalam rangka meningkatkan pembinaan prestasi potensi olahraga cabang panahan berkuda di kota ini dan Sumatera barat

“Pada kejuaraan ini akan Horsebow Umum On Horse putra – putri, -Serial Shoot Track 2 Run, Horsebow Umum On Horse putra – putri – Indonesian Style 2 Run, Horsebow Umum On Ground 125 m putra dan Horsebow Umum On Ground 70 M putra,” kata Bembi, Kamis (26/5/2022).

Juga digelar kategori, Flight Shoot Unlimited putra, Fast Shooting Putra 15 m putra, Horsebow Children On Ground 20 m putra, Horsebow Children On Ground 20 m putri dan Horsebow Umum On Ground 30 m putri.

Terkait penyelenggaraan kejuaraan itu, Ketua Harian Pordasi Kota Sawahlunto Irsal Adam menyatakan Pordasi Kota Sawahlunto dan pemerintah kota sangat mendorong kejuaran ini dengan mendukung baik secara moril maupun materil.

“Dukungan untuk kegiatan ini pemerintah kota Sawahlunto melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan olahraga telah mengalokasikan dana hadiah kejuaraan sebesar Rp40 juta,“ kata Isral

Lebih jauh dia berharap dengan kejuaraan ini olahraga berkuda. Dan bukan semata pacuan kuda saja yang dapat digelar di gelanggang Kandi ini karena Walikota Deri Asta sangat mendukung.

“Hal ini dapat lebih mengairahkan olahraga berkuda yang berimbas pada pengembangan pariwisata serta peternakan kuda dan ekonomi masyarakat,“ sebutnya.

Akan digelarnya kejuaraan Walikota Cup itu mendapat sambutan baik dari Ketua Komisi Horse Back Archery Pordasi Sumatera barat Darma Hendra. Dia sangat apresiasi dengan dukungan pemerintah kota dan Pordasi Kota Sawahlunto yang akan menggelar kejuaraan pertama kali ini.

“Semoga dengan kejuaraan ini dapat lebih meningkatkan pengembangan olahraga panahan berkuda di ranah ini serta muncul atlet berprestasi tingkat nasional dan dunia,” pungkasnya.simamora