Biro Pemerintahan dan Otda Gelar FGD Pemetaan Potensi Kerjasama Daerah

238

JURNAL SUMBAR | Padang – Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumatera Barat menggelar Focus Group Discussion (FGD) guna memetakan potensi kerjasama daerah, Jum’at (3/6/2022), bertempat di Aula Rumah Kantor Gubernur, Padang.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otda, Doni Rahmat Samulo mengatakan bahwa pelaksanaan pemetaan potensi kerjasama daerah tersebut bertujuan agar Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memiliki perencanaan yang jelas dalam melaksanakan kerja sama daerah.

“FGD ini bertujuan agar hasil kerjasama daerah dapat menjadi bahan rancangan untuk diintegrasikan dalam dokumen perencanaan daerah ke depan, sehingga kerjasama daerah terlaksana semakin efektif, efisien dan saling menguntungkan,” ungkap Doni.

Doni juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan pemetaan kerjasama yang dilaksanakan dengan metode Focus Group Discussion (FGD) itu, diawali dengan penyampaian Indikator Kinerja Daerah (IKD) tahun 2021 pada RPJMD yang capaiannya belum sesuai dengan target yang merupakan tanggungjawab Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersangkutan. Kemudian dilanjutkan dengan proses indetifikasi dan pemetaan urusan pemerintahan yang akan dikerjasamakan, serta penyampaian usulan kerja sama daerah dari OPD kepada Tim Koodinasi Kerjasama Daerah (TKKSD).

“Setelah disampaikan, TKKSD akan melakukan pembahasan usulan kerja sama perangkat daerah tersebut, dan penetapan keputusan kepala daerah tentang daftar potensi kerja sama daerah provinsi Sumatera Barat,” lanjutnya.

Dengan dilaksanakannya Pemetaan, pihaknya berharap potensi kerja sama pada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tergali lebih dalam, sehingga dapat melahirkan kerja sama daerah yang merupakan solusi dari permasalahan OPD dalam mencapai target kinerja.

“Selain itu, melalui kegiatan kerjasama juga diharapkan dapat mendukung pencapaian RPJMD, Program Unggulan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, menciptakan efesiensi dan efektifitas pelayanan publik, meningkatkan kualitas dan percepatan pelayanan publik, serta meningkatkan penerimaan PAD dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta keterbukaan lapangan kerja,” terang Doni.

FGD Pemetaan Potensi Kerjasama yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 2 dan 3 Juni 2022 di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat itu dilaksanakan bersama TKKSD yang berasal dari Biro Pemerintahan dan Otda, BAPPEDA, DPKAD, BALITBANG, Inspektorat, Biro Hukum, Biro Administrasi Pembangunan, dan Biro Organisasi Pemprov Sumbar, yang juga berdiskusi dengan seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. (MC Prov Sumbar). Dinas Kominfotik Sumbar