Minimnya Perhatian Terhadap Produk Budaya Piaman, Ketua Dewan Pembina DPP PKDP Syamsu Jalal ingatkan Wako dan Bupati

228

JURNAL SUMBAR | Padang – Ketua Dewan Pembina DPP PKDP Mayjen TNI (purn) DR. H. Syamsu Djalal, SH. MH, mengajak warga perantau dan warga ranah Piaman, beserta Pemko Pariaman dan Pemkab Padang Pariaman memberikan perhatian kepada produk budaya lokal berupa kesenian tradisional dan kuliner.

“Budaya Piaman itu, adalah jati diri urang Piaman. Jangan biarkan budaya kita tergerus oleh budaya yang dikembangkan oleh suku bangsa lain”, ucap mantan Dan DenPom ABRI itu, Rabu pagi 15/6 dalam kunjungannya ke Sekretariat DPW PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Piaman) Sumatera Barat, kawasan Ulak Karang Padang.

Kunjungan Silaturahmi H. Syamsu Djalal, putra Sicincin tersebut, diterima Pjs. Ketua DPW PKDP Sumatera Barat Syaharman Zanhar S. Sos didampingi Sekretarisnya Hendra Anwar SSi. Msi.

Dimasa tahun 80-an budaya Piaman dalam bentuk kesenian seperti kesenian Indang Tradisional, Randai, Simarantang, Balayang layang, dan ulu ambek nyaris hampir punah di Piaman. Tetapi setelah Kol. Inf. Anas Malik menjadi Bupati, kesenian itu bergairah kembali karena dikembangkan terus menerus oleh pemerintah daerah.

Sekarang selaku putera Piaman, Syamsu Djalal mensinyalir di setiap kecamatan, apalagi nagari tidak ada grup grup kesenian tradisi yang secara rutin melakukan latihan latihan budaya piaman, Bahkan silek tradisi dan sipak rago jarang kelihatan ditampilkan dalam iven iven pemerintah daerah oleh kedua daerah dalam wilayah budaya Piaman.

“Kita prihatin, seharusnya Wako Pariaman dan Bupati Padang Pariaman serta jajaran meransang kembali warga masyarakat untuk berkesenian tradisional. Ini adalah asset budaya kita. Jangan kita abaikan. Kepala Daerah jangan terjebak dengan kegiatan rutinitas saja. Mari contoh Alm Anas Malik yang sangat peduli dengan budaya kita” kata Syamsu Djalal yg juga mantan Jamintel Kejaksaan Agung RI ini.

Ketua Umum Partai Berkarya ini menyatakan kegembiraannya melihat Pariwisata Kota Pariaman semakin berkembang dan maju.
“Ekonomi Warga kota pariaman saya kira mulai bergairah karena sepanjang pantai kota Pariaman sudah menjadi objek wisata,”ujarnya.

Sebelumnya Pjs. DPW PKDP Sumbar Syaharman Zanhar memberikan informasi tentang perkembangan Pembangunan baik di Kota Pariaman maupun Di Kabupaten Padang Pariaman.agusmardi