Sandang Lisensi Commercial Pilot, Tania Karima Sofyan Incar Jadi Pilot Garuda Rute Luar Negeri, Ini Laporannya

273

JURNAL SUMBAR | Padang – Pilot yang biasanya digeluti oleh kaum laki-laki saja. Saat Tim Dukungan Satgas Karhutla BNPB wilayah Riau dan Kalsel, yang dipimpin Budi Erwanto berpatroli untuk memantau 12 kawasan Karhutla di Provinsi Riau, Rabu (1/6/2022), dengan menggunakan jenis pesawat Caravan PK SNV ternyata salah satu pilotnya adalah wanita yakni Tania Karima Sofyan (24).

Lengkapnya Simak Laporan Agusmardi dari Jurnalsumnar.Com

Saat pemantauan efektivitas operasi Karhutlah Provinsi Riau oleh tim BNPB itu, wartawan media ini ikut dalam patroli tersebut, Tania Karima Sofyan, wanita kelahiran 28 April 1998 yang berlisensi Commercial Pilot Lisensce ini sempat diwawancarai.

Tania Karima Sofyan, yang beralamat di Perumahan Binong Permai Blok B41 No 3 Curug, Tanggerang Banten ini mengungkap bahwa minat wanita menekuni dunia penerbangan termasuk pilot sudah tidak dianggapk aneh.

Agusmardi Wartawan Jurnalsumbar.Com

“Tapi saya sekolah pilotnya dari program beasiswa, yang sempat kuliah satu semester namun karena ada program pilot beasiswa saya tes dan lulus mengikuti sekolah pilot itu. Ketika sudah punya lisensi sebagi pilot sempat ngangur delapan bulan karena saat lulus awal-awalnya pandemi Covid-19 datang melanda,” ujar alumni Akademi Penerbangan Indonesia Banyuwangi ini.

Pilot wanita yang dijumpai media ini, salah satu perempuan memiliki kemauan yang kuat. Bahkan mental bajanya diawali dari sekolahannya di SMA dan SMP Islam Terpadu di Ponpes Daarul Rahman, Kecamatan Bojongsari Kota Depok.

“Menjadi pilot selain menjadi kebanggaan tersendiri juga dengan profesi yang digeluti menunjukan emansipasi wanita telah terjadi diberbagai bidang, termasuk menjadi pilot,” ujar Tania, yang sempat sesi foto bareng dengan media ini.

Dalam upaya mendukung akademinya untuk lulus sebagai sekolah pilot beasiswa, Tania fokus pada pelajaran matemateka dan fisika serta aktiv belajar bahasa asing, sehingga saking aktivnya menguasaai bahasa asing disaat Tania tamat dari High School Daarul Rahman Boarding School dia menjadi guru muda untuk mata pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di Ponpes almamaternya.

Salah satu yang berkesan melihat anak muda wanita adalah ingin berkarir lebih baik dimasa mendatang dalam dunia penerbangan Indonesia. Ia mengungkapkan ingin menjadi pilot pesawat Garuda Indonesia untuk rute penerbangan luar negeri. Semoga.agusmardi