Wabup Richi Aprian Lepas 110 Orang JCH Tanah Datar Menuju Tanah Suci

171

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Sebanyak 110 dari 111 orang JCH( Jemaah calon haji),Sabtu(4/6) diberangkatkan pemerintah Tanah Datar yang dilepas wakil bupati( Wabup) Richi Aprian di Gazebo Gedung Indo Jolito Batusangkar.

Satu orang JCH wanita Zelvi Abdul Malik Zen (57.tahun ) asal Kecamatan Batipuh Selatan batal berangkat lantaran meninggal dunia Subuh sebelum diberangkatkan Sabtu itu.

Dengan demikian Richi atas nama pemeritah daerah menyampaikan ucapan belasungkawa yang sedalam-dalamnya dengan berpulangnya almahumah .Semoga Allah SWT mengampuni segala dosanya sekaligus memperoleh predikat Haja, sebut Richi Aprian.

Pada kesempatan itu, Kepala Kementerian Agama Tanah Datar Syahrul mengatakan jika Pemerintah Arab Saudi secara resmi telah mengumumkan, JCH tahun ini satu juta orang dan kuota Indonesia sebanyak 100.051 orang, Sumatera Barat 2.093 orang dan Tanah Datar sebanyak 111 orang .

Menurut Syahrul, 111 JCH tahun ini merupakan kuota tahun 2020 yang gagal berangkat akibat pandemi covid-19. Sebenarnya kuota tahun 2020, 281 orang tetapi yang bisa diberangkatkan 111 orang, efek dari pembatasan jatah Pemerintah Arab Saudi.

Ditambahkan, pembatasan kuota berdasarkan umur, umur maksimal berangkat 65 tahun dan itu mempengaruhi kurangnya jamaah Tanah datar.

Selanjut nya dikatakan Syahrul , JCH Tanah Datar sejumlah itu tergabung dalam kloter 2 embarkasi Padang berasal dari Bukittinggi, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman dan Kota Padang ditambah petugas haji, ketua kloter, pembimbing ibadah dan tenaga medis menjadi 393 khusus kloter 2 itu.

Pelepasan JCH Tanah Datar dihadiri
Kepala OPD, Forkopimda, Ketua GOW Ny. Patty Richi Aprian dan undangan – habede