Menuju Pameran di Kanada, Inilah Pemenang Lomba Photograpi WTBOS Sawahlunto

411

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah Dan Permuseuman Kota Sawahlunto mengumumkan pemenang lomba photograpi situs Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) Unesco yang digelar Kamis 12 Mei sampai 31 Mei 2022 lalu.

Pemenang lomba fhotografi situs warisan dunia dengan tema ” It’s good to live In Sawahlunto as World Heritage Site” itu adalah juara I Yorri Farli (Tangerang), juara II Andika Putra (Bukittinggi), Juara III Ihsan (Bukittinggi) dan Juara Harapan I Jhohan Syah (Solok).

Kepala Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto Hilmed menyatakan lomba photografi ini dalam rangka tiga tahun situs WTBOS Unesco dan upaya melestarikannya.

“Dan foto pemenang akan terbaik tampilkan dalam pameran foto Kongres ke16 Organization of World Heritage Cities di Place d’Yowville Guebec yang akan digelar 15 Agustus sampai 10 September 2022 nanti” kata Hilmed Senin (6/6/2022).

Kabid Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto Rahmad Gino mengapresiasi sebanyak 85 karya foto yang mengikuti lomba photografi itu.

“Terima kasih kepada 33 peserta lomba yang telah berpartisipasi dengan 85 karya photografi yang sangat baik dan akan menjadi motivasi dalam pelestarian WTBOS,“ kata Gino.

Kali ini yang menjadi juara I, sebutnya photo tentang pekerja tambang dan lubang Soegar karya Yorri Farli (Tangerang) yang berhak menerima hadiah Rp4 juta , Juara II Andika Putra (Bukittinggi) Rp3,5 juta, Juara III Ihsan (Bukittinggi) sebesar Rp3 juta dan Juara Harapan I Jhohan Syah (Solok) sebesar Rp2,5 juta dipotong pajak.

“Selain diberikan reward uang setiap para juara juga diberikan tropi berupa plakat dari batubara dan piagam penghargaan dan karya photo pemenang juara I dan Juara II akan dipamerkan pada Kongres ke16 Organization of World Heritage Cities di Kanada,” sebutnya. Simamora