Wagub Sumbar Kukuhkan Kepengurusan Forum Komunikasi Pemerintah Penghubung Seluruh Indonesia

119

JURNAL SUMBAR | Padang – Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengukuhkan kepengurusan Forum Komunikasi Pemerintah Penghubung Seluruh Indonesia (FORKAPPSI) periode 2022-2025 pada rapat kerja nasional yang diselenggarakan di Padang, Rabu (22/6/2022).

Memimpin FORKAPPSI sejak tahun 2018, Kepala Badan Penghubung Nusa Tenggara Timur, Donald Isaac kembali terpilih sebagai ketua secara aklamasi hingga tiga tahun kedepan. Untuk periode 2022-2025 ini, ia didampingi Ketua I, Agus E Hanafiah dari Badan Penghubung Jawa Barat, Ketua II Ruslim dari Badan Penghubung Kalimantan Utara, serta Ketua III Aschari Cahyaditama dari Badan Penghubung Sumatera Barat.

Menyambut kepengurusan baru tersebut, Wagub menyampaikan Badan Penghubung memiliki peran vital dalam mendukung program-program pemerintah provinsi, sehingga butuh melakukan inovasi-inovasi baru lewat kreativitas dan berbagai kerjasama dengan pihak lain.

Dengan adanya FORKAPPSI yang menjadi wadah bagi Badan Penghubung di Indonesia, Ia meyakini silaturahmi antar provinsi dapat terjalin semakin erat serta mampu melahirkan berbagai kerjasama untuk kemajuan daerah.

“Saya yakin dengan Forum ini silaturahmi akan semakin erat, dan tentunya kerjasama antar provinsi yang terkait dengan ekonomi, kebudayaan, pendidikan, kesehatan, sosial, dan bisnis pasti akan semakin mudah,” kata Wagub.

Terkait dengan berbagai kerjasama itu, Ketua FORKAPPSI, Donald Isaac mengharapkan agar rapat kerja tersebut dapat menghadirkan keputusan kolektif dalam penataan Badan Penghubung di seluruh Indonesia kedepan.

Ia juga menjelaskan beberapa kerjasama yang telah dijalin FORKAPPSI, utamanya dalam menyambut penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali November mendatang.

“Dalam rangka menyambut delegasi G20, FORKAPPSI berkolaborasi dengan Angkasa Pura II mempromosikan seni dan budaya, serta destinasi dan produk daerah yang kita display di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Soekarno Hatta sebagai satu-satunya pintu masuk G20,” terangnya.

Selain itu, FORKAPPSI juga menggagas pengembangan tourism center, dimana Bandara Internasional Minangkabau (BIM) terpilih sebagai salah satu pilot project dalam pengembangan pusat informasi wisatawan itu. Diketahui juga dari Donald Isaac, FORKAPPSI telah melakukan penjajakan bersama Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono untuk pembangunan Kantor Badan Penghubung di IKN nantinya.

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Sumbar sekaligus Ketua III FORKAPPSI, Aschari Cahyaditama mengatakan rapat kerja nasional dihadiri oleh 23 dari 33 Badan Penghubung dari seluruh Indonesia. Sebagai agenda tahunan, Aschari mengharapkan agar Rakernas tersebut betul-betul dapat menjadi momentum untuk membuka dan mempererat kerjasama antar daerah.

Usai pengukuhan kepengurusan di Padang, Rakernas FORKAPPSI direncanakan melanjutkan agenda rapat kerja di Kota Bukittinggi dan ditutup pada Jumat, 24 Juni nanti. (MC Prov Sumbar) Dinas Kominfotik Sumbar