Bupati Eka Putra: Anggota PWI Diharapkan Jadi Pionir Berantas Hoax

1337

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Kita mengharapkan kepada anggota PWI Tanah Datar dapat menjadi pionir utuk memberantas hoax dan fitnah dengan harapan masyarakat memleroleh informasi bermanfaat mengenai pembangunan Tanah Datar Luhak Nan Tuo.

Demikian dikemukakan Bupati Tanah Darar Eka Putra saat melantik Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tanah Datar dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Tanah Datar periode 2022-2025, Kamis(14/7) gedung Indo Jolito Batusangkar.

Pers yang hebat, jelas bupati bisa memberikan informasi yang benar, konstruktif dan berimbang,jika informasi program pemerintah, maka beritanya harus bermanfaat bagi masyarakat bayak.

Dikatakan Eka Putra, saat ini Pemkab Tanah Datar mendapatkan paket pelatihan digital dari Kementerian Kominfo berupa keahlian editor video, pembuatan website dan aplikasi pemasaran UMKM dengan kuota lima ribu orang.

Program yang berguna itu bisa diikuti anggota PWI Tanah Datar dan keluarganya untuk me dapatkan keahlian yang bermanfaat untuk
Wartawan dan ekonomi keluarga, sebut Eka Putra.

Sementara Kdtua PWI Sumbar Heranof Firdaus mengajak wartawan PWI selalu mengedepankan PD PRT, Kode Etik Jurnalistik dan Kode Etik Perilaku dalam kegiatan jurnalistik, sehingga anggota PWI tidak abal- abal dan tetap berkomitmen membrantas berita hoax.

Heranof juga menginginkan anggota PWI Tanah Datar mendukung Bupati Eka untuk memberantas berita hoax yang merupakan tekad anggota PWI sejak dari pusat sampai ke daerah.Khusus bagi PWI Sumbar, tekan Hernof, fokus dalam peningkatan kualitas wartawan dengan melaksanakan Karya Latihan Wartawan ( KLW) dan Uji Kompetensi Wartawan( UKW) bekerjasama dengan Dewan Pers Pusat.

Untuk meningkatkan kualitas wartawan, Heranof mengharapkan bupati dapat memotivasi dengan pendanaan UKW, sehingga melahirkan lebih banyak wartawan kompeten di luhak Nan Tuo yang menguntungkan semua pihak.

Dalam kesempatan itu ketua PWI Heranof melantik Pengurus PWI Tanah Datar periode 2022-2025 dengan Ketua Yulda Veri, Sekretaris M⁸usriadi Musanif dan Bendahara Destia Sastra dan pengurus IKWI dengan Ketua Ny. Yulda Veri bersama pengurus lain.

Aktivitas pelantikan dihadiri Ketua TP-PKK Ny. Lise Eka Putra, Kejari Tanah Datar Sidayat, S.H.M.H., Dandim Letkol (Inf) Sutrisno, Ketua Ormas dan Tokoh Masyarakat, Pengurus PWI Sumbar dan Dewan Kehormatan PWI Sumbar, serta seluruh ketua PWI kabupaten dan kota se Sumbar – habede