Polres Sawahlunto, Ikuti Upacara Virtual HUT Bhayangkara Ke 76

186

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Kapolres Kota Sawahlunto, Sumbar, beserta jajaran yang didampingu Walikota dan Forkopimda Sawahlunto mengikuti Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke 76 tahun 2022 secara virtual diplataran Polres Kota Sawahlunto.

Upacara yang dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Jokowidodo, dipusatkan di Akademi Kepolisian, Semarang Jawa Tengah pada Selasa 5 Juli 2022.

Dalam amanatnya Presiden republik Indoneisa Jokowidodo megatakan, sejumlah agenda nasional seperti pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pelaksanaan KTT G20 di Bali dan pelaksanaan Pemilu 2024 yang digelar secara serentak membutuhkan pengawalan. Begitu juga dalam menghadapi tantangan global terkait krisis energi, krisis pangan dan krisis keuangan yang harus juga diantisipasi Polri.

“Untuk Polri harus memastikan kamtibmas agar kita lebih kokoh dalam menghadapi tantangan-tantangan ini”

Dalam sambutannya, Presiden juga mengingatkan agar Korps Bhayangkara meningkatkan kemampuannya dalam menghadapi ancaman. Tak terkecuali dalam menangani kejahatan berbasis teknologi terbaru.

“Kita harus semakin siap dalam menghadapi ancaman kejahatan berbasis teknologi terbaru. Oleh sebab itu, Polri harus lebih maju dibandingkan pelaku kejahatan,” ujar Jokowi.

Menghadapi tantangan kejahatan teknologi maka Polri harus berinovasi dan menguasai teknologi agar tidak kesulitan mengungkap pelaku kejahatan. Presiden juga mengingatkan terdapat tugas berat yang harus dihadapi pemerintah sekarang ini dan itu membutuhkan dukungan Polri.

Usai Pelaskanaan Upacara secara virtual, Polres Kota Sawahlunto melaksanakan Syukuran yang dihadiri Walikota Sawhlunto, Ketua DPRD, Dan Forkopimda Kota Sawahlunto serta pejabat BUMN yang ada di lingkup kota Sawahlunto.

Kapolres Kota Sawahlunto AKBP.Ricardo Condrat Yusuf S.I.K mengatakan, meskipun masih ada 26 persen lagi Masyarakat yang menilai kinerja POLRI belum presisi, dan Untuk bisa menjadi polri yang presisi tidak bisa dilakukan sendiri, tentunya perlu dukungan dari pemerintah kota maupun stage holder terkait untuk mendukung ataupun mencapai apa yang diharapkan masyarkat dalam institusi kepolisian.

Kapolres juga mengapresiasi dukungan Pemerintah Kota Sawahlunto dan DPRD Kota Sawahlunto untuk memberikan pelayanan Presisi ke polres.

“Terimakasih kita samapaikan ke pemerintah kota yang telah memberikan bentuk dukungannya berupa pembangunan gedung SPKT, karena untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarkat kita harus memiliki sarana dan prasarana yang representatif, semoga dengan berdirinya banguann SPKT yang baru kedepannya diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terpusat di satu ruangan saja sehingga pelayanan kepada masyarakat jauh lebih baik lagi,ungkap Kapolres.

Sementara Walikota Sawahlunto Deri asta yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menyamapaikan, terimakasih atas tugas tugas yang telah dilakukan aparat kepolisian dalam rangka memberikan keamanan dan membuat sawahlunto sebagai kota yang aman dan nyaman.

Bagaimanapun keamanan dan kenyamanan adalah hal penting dalam menjalankan roda pemerinahan dan organisasi, dan menjalankan pembangunan, ini terlihat dari tingkat Kriminalitas , Sawahlunto termasuk tingkat kriminalitas nya yang rendah di sumatra barat.

“Itu semua tidak terlepas dari dukungan dan dari kerja yang dihasilkan aparat kepolisian, untuk itu tidak salah kita berikan apresiasi yang setinggi tingginya , karena tanpa keamanan, ketertiban dan kenyamanan, tidak akan mungkin melaksanakan pembangunan dan menjalankan roda pemerintahan,”paparnya.

Usia 76 tahun bukan lagi usia muda untuk itu diharapkan kepada aparat kepolisisan untuk tetap teguh dan semangat dalam menjalankan tugas dan amanah yang diberikan tersebut.

HUT Bhayangkara ke 76 di lingkup Kota Sawahlunto juga diwarnai dengan berbagai kegiatan seperti Donor darah, pasar rakyat, bansos, dan beberapa kegiatan lainnya. (YOA)