Dibantu Rp 345 Juta, Bupati Eka Apresiasi 11 Kelompok P2L Tanah Datar

147

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Meningkatkan perekonomian dan untuk memenuhi kebutuhan keluarga terhadap pangan dan hortikultura melalui program pemanfaatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L), Bupati Eka Putra, S.E, M.M membuka Rapat Koordinasi P2L DAK Non Fisik (NF) Tahun 2022, Jumat(26/8) di Aula kantor Bupati di Pagaruyung.

Rakor P2L DAK NF Tahun 2022 tersebut bertujuan mempercepat penurunan stunting.Untuk mendukung wirausaha itu, Bupati Eka Putra juga memberikan bantuan kepada 11 kelompok P2L secara langsung.

Pada kesempatan itu, bupati Eka Putra sangat mengapresiasi P2L ini, karena memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan-lahan tidur yang selama ini tidak dimanfaatkan masyarakat.

Kata Eka Putra, ia merasa bersyukur karena dari pantauannya kelompok-kelompok tani di Tanah Datar sangat produktif dan punya semangat tinggi untuk bangkit dari pandemi untuk memulihkan ekonomi dan membantu pemerintah termasuk Kelompok Wanita Tani (KWT) tersebar di Tanah Datar Luhak Nan Tuo.

Khusus DAK NF tahun ini, tutur Eka, masih berada di Dinas Pangan dan Perikanan namun tahun depan sudah di pindahkan ke Dinas Pertanian, maka program ini harus tetap dilanjutkan jangan sampai terhenti.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Suhermen menyebutkan, Tahun 2022 ,penerima DAK NF tercatat 11 kelompok P2L dengan bantuan Rp345.000.000,- rinciannya, empat kelompok penumbuhan masing-masing sebesar Rp60.000.000,- dan tujuh kelompok pengembangan masing-masing Rp15.000.000,-.

Dikatakanya, untuk komponen P2L,punya kebun benih, demplot, pertanaman atau pekarangan dan pasca panen, yang mana tujuannya untuk ketersediaan dan pemanfaatan pangan rumah tangga, meningkatkan pendapatan rumah tangga, mengoptimalkan pemanfaatan lahan marginal dan ruangan terbuka serta mendukung wirausaha baru.

Aktivitas rakor dihadiri Asisten Setda Tanah Datar, Plt. Kadis Pertanian, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, KWT, Kelompok P2L penerima bantuan dan undangan – habede