Kodim 0311/Pessel Gelar Pesta Rakyat Bertabur Hadiah, Semarak HUT RI Ke-77

231

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Semarak HUT RI Komando Distrik Militer (Kodim) 0311/Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat menggelar Pesta Rakyat dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 77 tahun.

Pesta rakyat yang digelar pada Minggu (14/8/2022) di Pantai Carocok Painan mengusung tema ‘Kita Bangkitan Jiwa Patriotisme, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’ itu bertabur hadiah.

Pesta rakyat diikuti oleh ribuan masyarakat Pessel dan diikuti istansi terkait lainnya seperti jajaran Polres Pessel, ASN lingkungan Pemerintah Daerah Pessel, Lapas Kelas II B Painan, Koramil se-Kodim 0311/Pessel, dan ibu-ibu penggurus Persit KCK Cabang LXV Kodim 0311/Pessel.

Ada beberapa rangkaian acara pada pesta rakyat yang digelar tersebut diantaranya jalan santai, senam zumba, hiburan artis lokal, donor darah, vaksinasi, dan pemberian hadiah doorprize seperti sepeda, kulkas, TV, mesin cuci, dispenser, rice cooker, strike, set mog, dan lainnya.

Dandim 0311/Pessel Letkol Inf. Moch Suherli mengungkapkan masyarakat selama dua tahun dihadapkan dengan pandemi Covid-19, dimana semua lini berdampak akibat pandemi ini termasuk masyarakat di Pesisir Selatan dengan Pesta Rakyat ini Kodim 0311/Pessel ingin menjaga dan membangkitkan semangat masyarakat yang sudah berjuang menghadapi pandemi tersebut.

“Pesta rakyat ini acaranya betul-betul untuk rakyat, sebagai bentuk apresiasi yang kita berikan untuk masyarakat di Pesisir Selatan,” terang Dandim.

Dandim mengatakan sebagai Warga Negara Indonesia perlu mensyukuri apa yang telah dilakukan oleh pejuang-pejuang terdahulu dalam rangka merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pada HUT RI tahun ini sebagai warga negara yang baik, mari sama-sama kita bangkitkan patriotisme dan rasa nasionalisme sebagai bentuk persiapan kita terhadap tantangan maupun ancaman di masa depan,” terang Dandim.

Menurut Dandim, saat ini ancaman yang terlihat terkait adanya degradasi anak muda yang sekarang ini lebih kebarat-baratan.

“Dampak buruk yang mungkin sudah kita rasakan di Pesisir Selatan ini terkait dengan penyalahgunaan narkoba yang begitu marak, ini adalah bagian penjajahan,” tambah Dandim.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebut dandim, warga negara harus membangkitkan kembali rasa patriotisme dan nasionalisme itu sendiri serta memiliki semangat berjuang untuk keluarga dan daerah.

“Kita sebagai warga Pesisir Selatan harus mau membangun daerah dan tidak diam, kita harus bergerak, kita harus punya inovasi,” terangnya

Apapun yang dilakukan generasi muda selama itu positif, Kodim 0311/Pessel akan selalu mensupport dan mendukung karena Dandim meyakini pemuda di Pesisir Selatan punya kemampuan tidak kalah dengan daerah lain untuk menunjukkan prestasinya.

“Pesta rakyat ini juga sebagai salah satu bentuk upaya kami untuk menciptakan kebersamaan dan kekompakan di Pesisir Selatan ini,” tutup Dandim.(Re)