Ratusan Peserta Ikuti Rakor Kabupaten Sijunjung Sehat, Ini yang Disampaikan Bupati Benny

161
Fajar Septrian,SE, Ketua FKSS sampaikan laporan kegiatan

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, hadiri sekaligus membuka rapat koordinasi (Rakor) Kabupaten Sijunjung Sehat pada Senin (1/8/2022).

Rakor Kabupaten Sijunjung Sehat tsersebut dilaksanakan di Balairung Lansek Manih, kantor Bupati Sijunjung di Muaro.

Kegiatan yang dihadiri ratusan peserta itu diawali laporan panitia—Ketua Forum Kabupaten Sijunjung Sehat, Fajar Setrian,SE, dengan gemblang Fajar menyampaikan perkembangan kegiatan FKSS.

Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Sijunjung, Fajar Septian menyebutkan, rakor ini selain untuk membentuk pemahaman dan kesepakatan bersama dalam mewujutkan kabupaten sehat juga dalam rangka pelaksanaan verifikasi kabupaten sehat.

Verifikasi Kabupaten Sehat Nasional ini lanjut Fajar, dilakukan dalam 2 tahun sekali. Verifikasi Kabupaten Sehat ini akan dilaksanakan pada bulan April 2023 sedangkan verifikasi oleh pemerintah provinsi akan dilaksanakan pada akhir september 2022.

“Untuk itu dalam rangka persiapan verifikasi provinsi pada bulan september nanti, kita butuh kesepakatan bersama untuk mempersiapkan data administrasi kelembagaan forum kabupaten sehat, forum kecamatan sehat, dan pokja nagari sehat. Dalam rangka memenuhi indikator dalam tantangan sehat, kita juga butuhkan data capaian kinerja tatanan sehat di masing-masing OPD,”terang Fajar.

Peserta Rakor FKSS

Sebelumnya lanjut Fajar, Kabupatem Sijunjung telah menerima penghargaaan Kabupaten Sehat diantaranya pada tahun 2013 menerima penghargaan Swastisaba Padapa, 2015 penghargaan Swastisaba Wiwerda, 2017 Swatisaba Wistara, dan 2019 juga penghargaan Swastisaba Wistara.

Sementara itu Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir pada kesempatan itu menekankan kepada seluruh OPD terkait dan pengurus kabupaten sehat agar bekerja ekstra menjelang verifikasi lapangan nanti.

“Ini sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk menjadikan kabupaten Sijunjung menjadi kabupaten yang sehat. Untuk itu perlu persiapan, baik itu dokumen-dokumen dan tempat tempat yang telah ditentukan untuk diverifikasi,” ujar Benny.

Oleh karena itu, Bupati Benny juga meminta kepada seluruh OPD, BUMD, Camat, Wali Nagari serta Bidan Desa untuk bergerak melakukan pembenahan, mempersiapkan diri, melengkapi sarana dan prasarana.

“Kita berharap dengan telah melakukan persiapan yang matang, semoga Kabupaten Sijunjung pada tahun 2023 nanti kembali menerima penghargaan Swasti Saba Wistara untuk ke 3 kalinya,”harap Benny Dwifa.

Senada dengan itu, Ketua Forum Pelayanan Publik(FPP), Saptarius, menekankan agar semua lini untuk saling berkolaborasi.

“Ayo, bersama-sama kita jalankan visi-misi bupati. Jangan sampai menonjolkan ego masing-masing. Tanpa kerjasama, mustahil pelaksanaan kegiatan akan terealisasi dengan baik,”kata Pemred Jurnalsumbar.Com itu saat diminta memberikan sambutan dicara itu.

Ketua Forum Pelayanan Publik Kabupaten Sijunjung, Saptarius

Wartawan Utama itu juga sangat mengapresiasi kerja para bidan-bidan yang ada di nagari.

“Sudah sewajarnya ada pemberian reward dari Kadis Kesehatan atas kinerja para bidan. Untuk itu diminta, Bapppeda juga bisa menganggarkan biaya untuk operasional di Nagari maupun di Kecamatan,”tambah mantan Wartawan Harian Singgalang dan Grup Jawa Post itu.

Dalam rakor itu juga menampilkan pemakalah Kadis Kesehatan, drg. Ezwandra dan Kepala BAPPPEDA diwakili Sekretarisnya, Ari Oskar. Kedua pemateri mengupas bidangnyaand masing-masing. Lengkapnya simak video diatas. and