Rayakan HUT RI, Bupati Eka: Bangsa yang Besar, adalah Bangsa yang Menghargai Pahlawannya

263

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya, jangan sekali-kali melupakan sejarah sebagaimana dikutif dari ungkapan presiden pertama ir.Soekarno.

Hal itu dikemukaan bupati Tanah Datar Eka Putra S.E di depan para pahlawan Legiun veteran republik Indonesia ( LVRI) dalam aktivitas memperingati Hari ulang tahun Republik Indonesia( Hutri ) ke – 77 di gazebo gedung Indo Jolito Batusangkar, Rabu (17/8).

Dengan ungkapan itu, menggambarkan betapa pentingnya sejarah dalam kelanjutan bangsa dan perjuangan dalam mewujudkan kemerdekaan dari tangan penjajah merupakan bukti bagi bangsa ini.

Dibalik perjuangan terukir nama pahlawan bangsa, karena kemerdekaan NKRI tidak terlepas dari kenangan akan jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan yang kita rasakan hari ini.

Dalam memperjuangkan bangsa ini, turut berjuang Radio YJ 46 berat 750 kg yang dibawa dari Bukittinggi melalui Halaban dan menyeberangi Sungai Lareh Nan Aie secara bergrilya yang bisa berkomunikasi dengan Pak A .Maramis di negara India sekaligus menyatakan Negara Indonesia masih ada hinggga Indonesia meraih kemerdekaannya.

Di era ini, ucap Eka,bersama wabup Rachi Aprian membuat program untuk memotivasi kesejahteraan masyarakat Tanah Datar, yakni, program bajak gratis,makan randang, satu event satu nagari, dan satu Tahfidz satu rumah dengan harapan tahun 2045 Tanah Datar, 50 persen masyarakatnya sudah menguasai hapalan Alquran.

Terakhir bupati Eka, kepada para veteran dan pejuang kabupaten Tanah mengucapkan terima kasih, Insha Allah pada hari pahlawan bulan Oktober 2022 mendatang silaturahmi semacam ini bisa diwujudkan kembali .

Turut memberikan kata sambutan, Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto.S.I.K,M.Si, Kadis Sosial Tanah Datar Afrizon S.Ag, juru bicara LVRI Tanah Datar A.Majid dan dihadiri Pimpinan Forkopimda Tanah Datar, OPD dan para anggota LVRI dan undangan – habede