Hadiri Musrenbang Nagari Batipuah, Ini yang Sudah Dibantu Legislator Arkadius

179

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Arkadius Dt. Intan Bano Anggota DPRD Sumatera Barat, Sabtu (24/9) memghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Nagari Batipuah Baruah Kecamatan Batipuah, Tanah Datar.

Menurut politisi partai Demokrat itu, Musrenbang nagari merupakan kegiatan strategis untuk menyusun perencanaan pembangunan nagari, sehingga yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh mengedepankan program prioritas yang dibutuhkan nagari dan masyarakat setempat.

Dikatakan. Program strategis nagari tersebut cukup banyak tentu tidak bisa dipenuhi oleh Anggaran Pendapatan Belanja Nagari (APBN). Untuk itu, wali nagari dan tokoh masyarakat harus mampu membangun komunikasi dan bersinergi dengan para legislator, baik ditingkat kabupaten, provinsi dan pusat.

Kegiatan yang bersifat reguler maupun dari pokok-pokok pikiran anggota DPRD kabupaten hingga ke tingkat pusat, katanya.

Tahun 2022 , sebut Arkadius, ada beberapa kegiatan yang berasal dari pokok-pokok pikirannya di Nagari Batipuh Baruah, yakni, dua paket jaringan irigasi tersier dengan nilai Rp.400 juta, pengadaan komputer untuk SMK Negeri 1 Batipuh senilai Rp.200 juta, pelatihan menjahit pakaian wanita dewasa di Kecamatan Batipuh, saat ini sedang berjalan dengan nilai Rp.200 juta dan kegiatan lain.

Dari usulan RKP Nagari Batipuah Baruah tahun 2023, tambah Arkadius, banyak hal yang bisa disinergikan dengan program Provinsi Sumatera Barat terutama dalam bentuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, tutur Arkadius Dt.Intan Bano yang In Sha Allah tahun 2024 bakal bercokol ke DPR RI pusat.itu – habede