Resmi Ditutup, Sumbar Raih 5 besar MTQN XXIX di Banjarmasin, 3 orang Peserta Jadi Pemuncak di Kelas Bergengsi

330

JURNAL SUMBAR | Banjarmasin – Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) XXIX di Kalimantan Selatan resmi ditutup pada Selasa (18/10/2022), bertempat di mimbar utama MTQN Astaka Kiram Park, oleh Wakil Menteri Agama Republik Indonesia, Zainut Tauhid Sa’adi.

Tampil sebagai juara umum dalam MTQ nasional ini Provinsi Jawa Timur dengan total nilai 87, diikuti posisi kedua DKI Jakarta dengan nilai 66, lalu urutan ketiga tuan rumah Kalimantan Selatan dengan nilai 62. Kemudian urutan ke empat Jawa Barat, dan yang ke lima Sumatera Barat.

Ketua umum LPTQ Sumatera Barat, sekaligus Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy memberikan apresiasi kepada pemenang yang mampu mengharumkan nama Sumatera Barat.

“Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada masyarakat Sumatera Barat baik yang didaerah ataupun perantau yang selalu mensupport kafilah Sumatera Barat dengan doa terbaiknya,” ujar Audy.

Apresiasi dan rasa syukur yang sama juga disampaikan Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi atas capaian kafilah Sumatera Barat pada MTQN XXIX yang mampu masuk lima besar.

“Semoga banyak keberkahan yang bisa kita raih, dan semoga di MTQN ke 30 nanti ataupun STQN tahun depan di Jambi kafilah kita mampu masuk tiga besar,” harap gubernur.

Keberhasilan Sumatera Barat menempati urutan lima besar, tidak terlepas dari para peserta yang tampil maksimal, diantaranya Azrul Hakim yang turun di cabang lomba Tartil dasar berhasil meraih juara satu dengan nilai 99,33.Kemudian Inayah Mutmainnah urutan dua untuk Tartil Dasar putri dengan nilai 98,17.

Pada tilawah dewasa, putri asal Sumatera Barat atas nama Yanti Novita berhasil menjadi juara dua dengan nilai 94,67. Tilawah anak-anak putra atas nama Latifatul Tirta juga berhasil menjadi juara dua. Begitu juga tilawah anak-anak putri atas nama Kaisya Fitri berada pada urutan dua.

Selanjutnya Rifi Pratama golongan hiasan meraih rangking satu dengan nilai 228 dan Akmal Muhararto dengan nila 290.

Cabang tahfidz tiga puluh juz atas nama Muhammad Mufid Izza urutan tiga , cabang tahfidz dua puluh juz atas nama Khairur Rizki urutan dua, dan Fathiyah Arafah pada urutan tiga untuk tahfidz lima juz tilawah.

Di cabang karya tulis ilmiah, Sumbar juga berhasil meraih tambahan nilai dsri peserta atas nama Rafi Dinil haq yang meraih juara kedua.

Dinas Kominfotik Prov. Sumatera Barat