Dari Mangkrak Hingga Perumda Sijunjung Sehat, Labanya Capai Rp2 Milyar di Tahun 2022

407

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Pemkab Sijunjung, Sumatera Barat, patut berbangga atas adanya pengelolaan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PDAM SanjungTirta Buana secara baik.

Betapa tidak, sejak PDAM itu berdiri selalu mengalami kemerosotan dan mangkrak dan ibarat matisuri. Namun sejak Doni Novriadi,SH, dilantik pada era Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin pada 30 Desember 2016 lalu, sejuta harapanpun tertumpang pada pengusaha muda itu.

Dengan kepercayaan yang diberikan kepada Doni, ia pun mulai membenahi perusahaan milik Pemkab Sijunjung yang ketika itu posisinya tidak sehat alias minus.

“Saat saya terima, pendapatan PDAM minus, dan operasional tidak tertutupi hingga Rp100 juta/perbulannya kala itu,”kata mantan Ketua Gapensi Sijunjung itu kembali berkisah.

“Sehingga membuat PDAM Mangkrak dan tak bergerak,” ucap Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana, Doni Novriadi, SH, berkisah pada Pemimpin Redaksi (Pemref) Jurnalsumbar.Com Saptarius pada Kamis (15/12/2022).

Diakui abang, begitu panggilan akrab Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana itu, setelah diamatinya, ternyata pergantian pipa pipa bocor tidak terlaksana dikarenakan minimnya keuangan ketika itu.

“Tunggakan air pelanggan besar dan tak ada upaya menyelesaikannya. Setelah saya pelajari, apa betul yang terjadi dalam tubuh PDAM. Nah, setelah memahami yang terjadi barulah saya ambil keputusan,” terang abang berkisah.

Lalu Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana, Doni Novriadi, SH, pun melakukan perbaikan pelayanan pada konsumen baik kuantitas dan kualitas seperti yang biasanya masyarakat dapat air sekali dalam dua hari. “Alhamdallah sekarang air sudah mengalir 24 jam secara terus menerus,” terang Doni tersenyum bangga.

Tak hanya itu, pihak PDAM pun kemudian mendata tunggakan rekening air yang mencapai hampir Rp3 miliar kala itu.

“Setelah layananan ditingkatkan, secara berangsur-angsur, alhamdallah pelanggan pun membayar tunggakan mereka sehingga PDAM pun membaik,” terang Doni lagi berkisah.

“Alhamdallah tunggakan untuk sekarang hanya hal yang wajar dan tak ada yang diatas tiga bulan lagi. Dari hasil audit kinerja BPKP Perwakilan Sumbar, PDAM Sanjung Tirta Buana sejak tahun 2018 hingga 2022 dinyatakan sehat, baik managemen dan keuangan per Desember juga 2022 surplus,” ucap Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana, Doni Novriadi, SH itu bangga atas kinerja stafnya.

Terbukti, di Tahun 2022 ini, pencapaian yang diraih PDAM tembus dengan laba Rp2 milyar. Suatu keberhasilan yang pantastis.

Keberhasilan itu disampaikan Doni kehadapan Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir,S.STP, MSi, pada Kamis (15/12/2022) di ruang rapat kantor PDAM setempat.

Kegiatan itu sendiri dihadiri; Asisten 1 Afrisal, Ketua Pengawas Perumda DefriAntoni, Kacab Bank Nagari, Yos dan juga dihadiri Kepala Bapppeda Yuni Elfiza, Kabag Perekonomian Sarwo Edi, dan Direktur Perusda, Ardon,SE serta karyawan PDAM juga hadir dalam penyapaian RBA (Rencana Bisnis Anggaran) itu.

Sekedar dikenang, semasa PDAM dikelola Doni, pada tutup buku 2018 posisi keuangan PDAM surplus dan sangat pantastis. Tak heran ditahun yang sama PDAM Sanjung pun dapat Reward Siddhakarya dari Gubernur Sumbar sebagai perusahaan kualitas dan produktifitas yang baik.

Hebatnya lagi, ditahun 2019, kata Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana, Doni Novriadi, SH, perusahaan milik Pemkab yang ia pimpin itu pun dapat kucuran dana segar dari APBN senilai Rp18,5 miliar.

“Pada tahun 2019 kita dapat bantuan dana dari APBN totalnya Rp18,5 miliar. Diantaranya Rp7,5 miliar untuk optimalisasi jaringan Batang Kurimo melalui program BWS Sumatera V, optimalisasi jaringan pipa distribusi Tanah Badantung-Pematang Panjang senilai Rp8 miliar melalui PSPAM Sumbar dan bantuan untuk rumah bersubsidi (MBR) senilai Rp3 miliar,” sebut Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana, Doni Novriadi, SH itu berkisah.

Dinilai sukses, pada 5 April 2021 lalu,
Doni Novriedi, SH resmi kembali dilantik jadi Direktur Perumda Tirta Sanjung Buana Kabupaten Sijunjung oleh Bupati Benny Dwifa Yuswir S.STP.M.Si.

Pelantikan itu berdasarkan SK Bupati Sijunjung Nomor: 188.45/488/KPTS-BPT-2020 tentang pengangkatan kembali masa jabatan Direksi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Sanjung Buana hingga Periode 2020-2025.

Dihadapan para karyawan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Sanjung Buana dan para pengawas, pada Kamis (15/12/2022), Bupati Benny berharap pada karyawan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik sehingga membuat Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Sanjung Buana itu untuk selalu sehat. Lengkapnya simak video diatas.

Doni sendiri bersama jajarannya akan meningkatkan kinerja secara baik. Menurut dia, pelanggan PDAM per November 2022 mencapai 15.221 konsumen.

Begitu juga Ketua Dewan Pengawas PDAM Defri Antoni mengakui kesuksesan yang dicapai Doni Novreidi dan jajarannya.

“Kalau dulu (2021-red) hanya laba Rp60 juta, dan sekarang (setahun-red) mencapai laba Rp2 milyar. Tidak pun saya jadi pengawas, laba itu sudah pasti di raih PDAM,”ucap Defri selaku pengawas dalam hantaran kalimatnya saat itu.

Acara tersebut juga dilakukan sejumlah penandatanganan kegiatan PDAM Sanjung Tirta Buana untuk tahun 2023.

“Terobosan yang dilakukan PDAM dibawa pimpinan Direkturnya, Doni Novreidi patut diapresiasi. Semoga kedepannya pelayanan pada konsumen sesuai harapan bupati bisa ditingkatkan lagi, apalagi PDAM adalah BUMD Pemkab Sijunjung,”kata Ketua Forum Yanlik Kabupaten Sijunjung, Saptarius, yang juga hadir diacara tersebut.ius