Di Penghujung Tahun 2022, Pemkab Sijunjung Raih Penghargaan Peduli HAM

311

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Luar biasa, ternyata Di Penghujung Tahun 2022 Kabupaten Sijunjung dibawa pimpinan Bupati-Wabup, Benny Dwifa Yuswir,S.STP, M.Si – H. Iraddatillah, S.Pt, berhasil meraih penghargaan Tingkat Nasional.

Kali ini penghargaan diberikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI pada acara puncak Peringatan Hari HAM Sedunia ke-74 Tahun 2022 yang bertema ‘Pemajuan HAM untuk Setiap Orang Menuju Indonesia Maju’.

Bupati-Wabup Sijunjung, Benny-Radi

Pada acara yang dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly di Golden Ballroom Hotel Sultan & Residence Jakarta, pada Senin (12/12/2022), Kabupaten Sijunjung berhasil meraih penghargaan sebagai Kota/Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia.

Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa Peringatan Hari HAM Sedunia merupakan momen reflektif bagi seluruh negara dan bangsa dalam menghormati dan memajukan hak asasi manusia secara universal.

“Hak Asasi Manusia sejatinya tumbuh bersama dengan keadaban suatu bangsa. Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia berarti menjunjung tinggi peradaban” terang Wapres.

Tidak lupa Wapres mengucapkan Selamat kepada Kementerian/Lembaga serta pemerintah daerah yang meraih penghargaan Peduli HAM, pemerintah daerah yang melaksanakan pelayanan publik berbasis HAM, dan instansi yang responsif dalam penanganan dugaan pelanggaran HAM.

Dalam kesempatan yang sama, Menkumham Yasonna H. Laoly menjelaskan segala capaian harus menjadi batu loncatan mencapai sasaran yang lebih tinggi dalam rangka pemenuhan HAM bagi rakyat Indonesia, yang dilakukan oleh seluruh pemerintah daerah baik yang sudah meraih maupun yang belum meraih penghargaan.

“Upaya untuk menegakkan hak asasi manusia merupakan suatu proses yang terus-menerus harus ditingkatkan sebagai amanat seluruh rakyat Indonesia melalui ikatan kebangsaan dan kenegaraan di dalam Pancasila dan Konstitusi,” tegasnya.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, penghargaan tersebut langsung menerima penghargaan sebagai Kota/Kabupaten Peduli HAM.

Ketua DPD II Partai Golkar Sijunjung itu, menyampaikan rasa Terima kasihnya kepada seluruh jajaran Pemkab Sijunjung yang telah berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk.masyarakat.


“Capaian ini merupakan buah dari kerja sama dan kepedulian kita semua dalam hal penegakan HAM, khususnya dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat Kabupaten Sijunjung,” ucap mantan pejabat birokrasi itu.

Pencapaian tersebut kata Benny, akan terus dijadikan motivasi baginya dan seluruh jajarannya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat—apalagi dengan adanya Forum Pelayanan Publik yang terus memantau kinerja Pemkab.

“Saya mengajak seluruh aparatur untuk menjadikan penghargaan ini sebagai motivasi buat kita untuk terus bersemangat dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” harap suami dari Ny. Riri (biggbozz Citra Swalayan-red) itu. ius