Kilas Balik Sijunjung 2022; Janji Politik Benny-Rady Itu Terealisasi, Visi-Misi Utama ‘Pelayanan Publik’

689
Bupati-wabup Sijunjung, Benny-Radi

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Tak terasa sudah di penghujung tahun 2022. Setahun pun sudah berlalu. Lantas apa saja yang telah dilakukan?

Berikut simak kilas balik kegiatan yang dilakukan Pemeritahan Bupati-Wabup Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir,S.STP,M.Si-H. Iraddatillah,S.Pt selama tahun 2022 yang dirangkum Jurnalsumbar.Com.

Pada 3 Januari 2022

Setelah melantik ratusan pejabat fungsional dilingkup Pemkab Sijunjung. Senin (3/1/2022), Bupati-Wabup Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dewifa Yuswir-Iraddatillah (Benny-Radi) memanggil puluhan pimpinan OPD dilingkup pemkab setempat.

Bak gaya reshuffle yang dilakukan presiden dalam merombak “kabinet” nya, melalui salah seorang ajudannya, Bupati Benny memanggil para “pesuruhnya” itu untuk datang ke “rumah bagonjong” kantor bupati setempat.

Ada apa? Bahkan ada juga yang terkaget-kaget atas panggilan sang bupati yang dinilai mendadak itu via telepon selular salah seorang ajudannya.

18 Januari 2022

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP. M.Si didampingi Sekretaris Daerah, Dr. Zefnihan, AP.M.Si, Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Usman Gumanti, S.Pd.MM, dan Kabag Tapem, Bobby Roespandi, AP.M.Si terima kunjungan APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) di Ruang Kerja Bupati, Senin 17 Januari 2022.

Kunjungan sekaligus ramah tamah ini dihadiri oleh Pembina APKASI Drs. Sokhiatulo Lauli.MM, Staf Ahli Bidang Pendidikan dan Kesehatan, Dr. Himmatul Hasanah, S.Pt,M.P beserta tim lainnya.

Pembina Apkasi, Drs. Sokhiatulo Lauli pada kesempatan itu menyampaikan maksud dan tujuan berkunjung ke Kabupaten Sijunjung adalah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama bagi guru mata pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris.

“Sebelumnya kita sudah berkunjung ke Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Sekarang Sumatera Barat dengan tujuan menyampaikan program Apkasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan SDM. Dari tahun 2016, dari 416 anggota Apkasi baru 200 daerah yang sudah kita kunjungi bersama dengan tim. Kedepan kita juga akan menyampaikan program APKASI lainnya seperti kesehatan, Pertanian dan peternakan,”ujar Lauli.

21 Januari 2022

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir melaunching secara resmi vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di daerah setempat., kegiatan tersebut merupakan langkah pemerintah untuk mendorong percepatan herd immunity masyarakat di Ranah Lansek Manih dalam pemulihan pandemi Covid-19 menuju Indonesia sehat dan bangkit.

Kegiatan itu digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Logas Muaro, pada Kamis (20/1/2022). Hadir kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Arry Yuswandi, Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah, Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Bambang Surya Irwan, Unsur Forkopimda Kabupaten Sijunjung, Ketua Pengadilan Negeri Sijunjung, Subronto, Ketua TP-PKK dan Ketua GOW Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa dan Ny. Dona Iraddatillah, Sekretaris Daerah, Zefnihan, Asisten Bupati, Yenuarita serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Sijunjung.

Pada kesempatan itu, Bupati Benny Dwifa meminta kepada seluruh stakeholder agar selalu melakukan sosialisasi guna mensukseskan pelaksanaan program vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

“Khususnya kepada para guru dan ASN, agar dapat memberikan sosialisasi akan pentingnya melaksanakan suntik vaksin demi memutus mata rantai Covid-19 terhadap orang tua dari anak-anak didik agar memberikan izin serta mengajak anaknya ikut bervaksin, ” harapnya


27 Januari 2022

Pemkab Sijunjung menerapkan program bantuan keuangan khusus (BKK) bagi pelajar SMA, SMK dan SLB. Program itu me­rupakan bantuan subsidi dalam mewujudkan se­kolah gratis di Kabupaten Sijunjung hingga tingkat menengah atas. Program BKK mulai diterapkan ta­hun 2022 ini, dengan target seluruh siswa di ting­kat SMA yang terdaftar di Dapodik Kabupaten Sijunjung tidak lagi membayar uang SPP alias gratis.

Terwujudnya program tersebut merupakan realisasi janji politik Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir untuk menghadirkan se­kolah gratis di Kabupaten Sijunjung sebagai upaya meningkatkan indeks pem­bangunan manusia (IPM) di Sijunjung.

Untuk itu Pemkab Sijunjung menyediakan ang­garan sebesar Rp5,7 miliar lebih yang bersumber dari APBD untuk di sharing ke provinsi melalui Diknas Pemprov Sumbar, karena SMA, SMK dan SLB berada di bawah nau­ngan Diknas Provinsi.

Bupati Benny Dwifa mengatakan, bahwa program ini merupakan janji yang sudah disampaikan ke masyarakat pada saat tahapan Pilkada lalu.

27 Januari 2022

Selama masa pandemi Covid-19, penambahan angka stunting di Kabupa­ten Sijunjung, Sumatera Barat, melonjak drakris. Data yang tercatat pada tahun 2019 hingga tahun 2021 angka stunting me­ningkat lebih kurang tujuh persen.

Selain stunting, angka kemiskinan di Kabupaten Sijunjung juga meningkat sebesar 0,02 persen jika dibanding dari tahun 2020 ke 2021.

Hal itu diungkapkan langsung Bupati Sijunjung Benny Dwifa saat menggelar forum konsultasi publik (FKP) ranca­ngan awal RPJMD.

Dihadapan jajaran pe­rangkat OPD dilingkungan Pemkab Sijunjung, Bupati Benny menekankan bahwa persoalan stunting merupakan PR bersama yang harus dituntaskan. Termasuk sektor ekonomi kerakyatan agar lebih diperkuat melalui kegiatan pembangunan di setiap OPD.

”Sejak Covid-19 angka stunting kita me­ning­kat. Ini jadi PR bagi kita semua, karena persoalan stunting bukan tanggung jawab dinas kesehatan saja, tapi tanggung jawab pemerintah daerah. Kita butuh kolaborasi dan ker­jasama dengan organisasi maupun instansi lainnya,” tegas Benny Dwifa.

8 Februari 2022

Dalam Rangka percepatan pengembangan Kampus Universitas Negeri Padang di Kabupaten Sijunjung. Pemerintah Daerah bersama Unsur Forkopimda Kabupaten Sijunjung menggelar pertemuan dengan Rektor UNP dan jajaran yang dilaksanakan di Ruang Sidang Snat Kampus UNP Padang, Lantai 4, Selasa 8 Februari 2022.

Pertemuan ini langsung dihadiri Bupati Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si dan Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt serta didampingi, Dandim 0310/SS Letkol Inf Endik Hendra Sandi S.Sos.M.I.POL, Kapolres Sijunjung, AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH, S.I.K, M.H, Kajari Sijunjung Efendri Eka S. SH, M.H, Ketua Pengadilan Negeri, Subronto, SH.MH, Ketua PA, Azizah, Ali, SH.MH, SetdaKab, DR. Zefnihan, AP, M.Si dan Kakan Kesbangpol David Rinaldo, S.STP
Sedangkan dari pihak UNP juga dihadiri langsung Rektor UNP, Prof.Ganefri Ph.D, Ketua Majlis Wali Amanat, beserta Wakil rektor 1, 2 ,4 dan seluruh Dekan.

10 Februari 2022 |

Standar Pelayanan Publik merupakan suatu keharusan dan terinformasi secara terbuka baik melalui media elekteonik maupun media non elekteonik.

Kepada seluruh kepala perangkat Daerah dan unit kerja pelayanan publik menjadi tanggungjawab untuk serius dan fokus dalam pemenuhan standar pelayanan, agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Demikian disampaikan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir saat memberikan sambutan acara Koordinasi Peningkatan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik antara Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat Yefri Heriani dengan Pemerintahan Daerah Kabupaten Sijunjung di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati Sijunjung, pada Kamis (10/2/2022).

Dalam pelayanan publik bagi masyarakat memang belum sepenuhnya dapat kita wujudkan, sehingga peningkatan kualitas pelayanan publik ke depan menjadi tantangan bagi Pemerintah Kabupaten Sijunjung, terang Bupati

11 Februari 2022

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir didampingi Kepala Inspektorat Welfiadril, Plt. Kepala BAPPEDA Yuni Elviza , kepala BKAD Endi Nazir, Kepala BPMN yang di hadiri Sekretaris BPMN Joni Antonius, Wali Nagari Muaro Hafizun, Wali Nagari Palangki Jasman, S.Hy, dan Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus menerima kunjungan kerja Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Dessy Adin di ruang kerja Bupati pada Kamis (10/2/2022).

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Dessy Adin dalam kunjungan ke Kabupaten Sijunjung tersebut didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang P3A, R. Agus Prasetyo Budi, Koordinator Pengawasan Bidang APD, Ali Ihsan, dan Pengendali Teknis Bidang APD dan P3A.

Bupati Benny meminta BPKP Sumbar untuk mengawasi program kerja sesuai yang dilaksanakan untuk mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung.

Ia juga berharap mendampingi APIP dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM APIP, serta meminta pendampingan untuk Penerapan SPIP dan Manajemen Risiko pada Pemerintah Kabupaten Sijunjung.

16 Februari 2022

Luar biasa. Perhatian Pemkab Sijunjung, Sumatera Barat, terhadap para mubaligh dan petani di Ranah Lansek Manih cukup tinggi.

Tak percaya? Tengok saja, pada tahun 2022 ini, Pemkab Sijunjung dibawa pimpinan Bupati-Wabup, Benny Dwifa Yuswir,S.STP,MSi – H.Iraddatillah,S.Pt mrmberikan jaminan perlindunga tenaga kerja terhadap para mubaligh dan petani di daerah itu.

Bahkan belum lama ini, Wakil Bupati Kabupaten Sijunjung, Iraddatillah dengan tegas mengatakan, Pemkab setempat akan memberikan perlindungan jaminan sosial BPJAMSOSTEK kepada mubaligh dan petani.

“Mubaligh dan petani rentan terhadap risiko dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari, karena itulah harus kita lindungi, dan BPJAMSOSTEK telah bekerjasama dengan pemerintah daerah guna membantu terwujudnya perlindungan tersebut,” katanya saat membuka sosialisasi perlindungan jaminan sosial bagi tenaga kerja mandiri di Muaro Sijunjung, belum lama ini.

16 Februari 2022 |

Menindaklanjuti surat dari Sekda Provinsi Sumatera Barat, nomor; 971.1/598/PP.Bappenda-2022 tertanggal 30 September 2021 terkait pajak kenderaan bermotor (PKB), Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, surati para pimpinan OPD dan para walinagari/desa di daerah itu.

Surat bernomor; 971/124/P2D/BKAD-2022, tertanggal 11 Februari 2022 yang ditandatangani Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir terkait soal PKB.

Dalam surat yang ditembuskan pada Ketua DPRD Sijunjung, Kepala Bapenda Sumbar, Kapolres Sijunjung, UPTD Pelayanan Pendapatan Daerah Sumbar di Muaro Sijunjung itu, menyebutkan beberapa hal.

18 Februari 2022

Tonggak sejarah kebangkitan dunia pendidikan itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) alias “nota kesepakatan”, “nota kesepahaman”, “perjanjian kerja sama”,  antara Universitas Negeri Padang (UNP) dengan Pemkab Sijunjung terkait pembangunan kampus UNP di Ranah Lansek Manih.

MoU kedua belahpihak itu dilaksanakan menjelang sidang istimewa DPRD Sijunjung di hari ulang tahun (HUT) ke-73 pada Jumat (18/2/2022) di gedung DPRD Sijinjung, Jalan Lintas Sumatera, Kandangbaru Sijunjung.

Penandatangan Memorandum of Understanding  tersebut langsung dilakukan Rektor UNP Prof. Drs. Ganefri, M.Pd, Ph.D dan Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir.


18 Februari 2022

Bupati Benny Dwifa Yuswir, menyampaikan berbagai hal tentang perkembangan Sijunjung yang kini kian memggeliat.

Di hari ulang tahun (HUT) ke-73, Kabupaten Sijunjung kini maju dibanding sebelumnya yang hanya berkembang.

Bahkan Wagub Sumbar, Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng. gelar Datuak Rajo Pasisia Alam, mengakui Sijunjung kini kian maju. Simak video diatas tentang apa yang diuraikan Bupati Sijunjung.

Bupati Benny menyampaikan berbagai hal dalam pelaksanaan perayaan HUT Sijunjung ke-73 pada Jumat (18/2/2022) di gedung DPRD setempat

25 Februari 2022

Selama tujuh hari Festival Lansek Manih IV dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung ke-73 berjalan sukses dan lancar.

Festival tersebut dilaksanakan sejak Tanggal 18 Februari hingga 24 Februari 2022.

Kegiatan itupun ditutup secara resmi oleh Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir di Jalan Lansek Manih Pasar Jumat Muaro, Kamis (24/2/22) malam.
Dalam arahannya, Bupati Benny Dwifa sangat mengapresiasi pergelaran Festival Lansek Manih IV itu.

25 Februari 2022

Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir dan Iraddatillah, merespon baik keluhan masyarakat terhadap pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung.

Atas laporan tersebut, Bupati Benny Dwifa bersama Wabup Iraddatillah melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke RSUD Sijunjung, Jumat (25/2/2022).

Inspeksi mendadak (Sidak) ini merupakan kali kedua dilakukan Bupati Benny dan Wabup Iraddatillah

27 Februari 2022

Memeriahkan hari jadi kabupaten (HJK) ke-73, Dinas Nakertran Sijunjung, dibawa pimpinan Adlis,MT, menggelar berbagai kegiatan di Padangtarok Kecamatan Kamangbaru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, pada Sabtu (26/2/2022).

Kolaborasi antara Disnakertrans dengan Dinas Kesehatan Sijunjung, membuat berbagai rangkaian kegiatan di daerah Transmigrasi itu kian meriah. Apalagi kegiatan tersebut langsung dihadiri Bupati Benny Dwifa Yuswir S.STP, MSi.

“Alhamdulillah kegiatan berlangsung sukses. Kegiatan di Padangtarok tersebut masih dalam rangkaian perayaan HJK ke-73. Sekaligis penyerahan bantuan perlengkapan sekolah, sertifikat tanah dan Gebyar Gerakan Masyarakat (Germa) di Padangtarok yang dihadiri langsung Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir,”ucap Kadis Nakertrans Sijunjung, Adlis,MT didampingi Sekretaris Nakertrans, Sugeng Pamular dan Kabid Transmigrasi, Masturi.

27 Februari 2022

Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung ikut andil dalam memberikan bantuan 1000 paket sembako terhadap warga Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat terdampak gempa bumi yang terjadi pada Jumat 25 Februari 2022 lalu.

Terlihat, Bupati Benny Dwifa dan Wabup Iraddatillah didampingi Ketua TP PKK, Ny. Riri Benny dan Ketua GOW, Ny. Dona Iraddatillah meninjau langsung sekaligus menyerahkan bantuan sembako kepada Pemkab Pasaman dan Pemkab Pasbar, Minggu (27/2/2022).

Kedatangan Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung itupun disambut baik oleh Bupati Pasaman dan Pasaman Barat di tempat pengungsian warga terdampak bencana alam.

Pada kesempatan itu, Bupati Benny Dwifa mengucapkan belasungkawa atas bencana gempa bumi yang menimpah daerahnya kepada Bupati Pasaman dan Bupati Pasbar.

2 Maret 2022

Guna memberikan bantuan bagi penyandang disabilitas secara cepat dan tepat sasaran, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir didampingi Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yofritas secara Door to Door ke rumah warga memberikan bantuan kursi roda dan tongkat adaptif.

Bantuan tersebut diantar langsung oleh Bupati Benny Dwifa ke Nagari Lalan, Muaro Takung, Kunangan Parit Rantang, Aie Amo dan Nagari Aie Angek, Senin (1/3/2022).

Saat dikonfirmasi MC Sijunjung, Bupati Benny menyatakan Pemkab Sijunjung memang memberikan perhatian khusus bagi masyarakat penyandang disabilitas.
“Sebagai wujud perhatian kepada masyarakat, melalui Dinas Sosial PP&PA, kita sudah memprogramkan alat bantu bagi penyandang disabilitas berupa kursi roda anak dan tongkat netra,” ujarnya.

4 Maret 2022

Bupati Sijunjung Beny Dwipa Yuswir, S. STP, M. Si. melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah sederhana bantuan Indojalito Peduli dan BAZNAS Kabupaten Sijunjung di jorong Koto Nagari Guguak kecamatan Koto VII kemaren Kamis (3 Maret 2022).

Dalam arahannya Bupati Beny Dwipa Yuswir menyampaikan rasa terima yang tidak terhingga kepada perantau Minang di Jakarta yang peduli pembangunan kampung halaman yang tergabung dalam Group Indojalito Peduli dan Baznas Kabupaten Sijunjung dimana secara bersama sama nenolong masyarakat kurang mampu dan meringan kan beban Pemda Kabupaten Sijunjung untuk membangunkan rumah sederhana atau rumah layak huni seperti warga nagari Guguak kecamatan Koto VII ini.

Hal seperti ini kami harapkan untuk dapat di lanjutkan dan dikembangkan lagi di masa datang, sehingga masyarakat dan Pemda kabupaten Sijunjung makin dapat merasakan keberadaan Indojalito Peduli dan Baznas Kabupaten Sijunjung.

Sebelumnya Pimpinan Rombongan Indojalito Peduli dari Jakarta Adrida menyampaikan bahwa Group Indojalito Peduli adalah merupakan kumpulan perantau minang yang ada di Jakarta yang peduli terhadap pembangunan kampungnya yang di Minang

18 Maret 2022

Setelah melalui proses, akhirnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung, Sumatera Barat, menyepakati menjalin kerjasama “Memorandum of Understanding” (MoU) dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok terkait perlindungan jaminan sosial bagi tenaga kerja mandiri/sektor informal di Ranah Lansek Manih.

Penandatangan Memorandum of Understanding itu dilaksanakan di kantor bupati setempat pada Kamis (17/3/2022).

Dalam penandatangan Nota Kesepahaman “MoU” itu, Pemkab Sijunjung sendiri diwakili Plt Kadis Nakertrans Sijunjung, Sugeng Pamular sedangkan dari pihak BPJS diwakili Kacab BPJS Solok Ferama Putri dan disaksikan Sekdakab, DR. Zefnihan, AP, M.Si.

19 Maret 2022

Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Sijunjung Tahun Anggaran 2021, kepada Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Barat.

LKPD Kabupaten Sijunjung yang diterima Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Barat, Yusnadewi, SE, M.Si, Ak.,CSFA ini diserahkan pada Jum’at 18 Maret 2022 di ruang rapat Kepala perwakilan BPK, di lantai dua, gedung A, Jalan Khatib Sulaiman Nomor 54 Padang.

Penyerahan LKPD Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung ini bersamaan dengan penyerahan LKPD dari Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang Panjang.
Pada kesempatan itu,Wakil Bupati juga didampingi Wakil Ketua DPRD Sijunjung, Syofian Hendri, Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Dr. Zefnihan, AP.M.Si, Kepala Inspektorat Sijunjung, Welfiadril, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Endi Nazir, Kabag PKP, Aprizal, M.Si

22 Maret 2022

Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan secara benar (good governance) dan bersih (clean governance), Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung berkomitmen melaksanakan rencana aksi sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah pada saat pembukaan rapat koordinasi dalam rangka pemenuhan Monitoring Center For Prevention (MCP) Komisi Pemeberantasan Korupsi (KPK) di Hotel Grand Rocky Bukittingi, Selasa (22/3/2022).

Dikatakan Wabup, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif, bersih, profesional dan berintegritas.

“Upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi bisa terus dilakukan, salah satunya dengan melakukan Monitoring Center for Prevention (MCP),” ungkapnya.

28 Maret 2022

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, pada Senin (28/3/2022) digelar.

Musrebang RKPD yang dilaksanakan di Gedung Pancasila itu dibuka secara resmi oleh Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, dan dihadiri Wabup Sijunjung, H. Iraddatillah,S.Pt, Sekdakab Sijunjung, DR. Zefnihan, AP.M.Si, Wakil Ketua DPRD Syofyan Hendri, beserta Anggota DPRD Sasmi Ultriadi dan Hendranadi dari Fraksi Partai Perindo dan Ketua TP PKK Ny. Riri Benny Dwifa dan Ketua GOW Ny..Dona Irradatillah.

Selain dihadiri unsur Forkopimda, para pimpinan OPD, Musrenbang RKPD itu juga dihadiri utusan kabupaten/kota se-Sumatera Barat. Bahkan Ketua KONI Sijunjung, Rusdianto dan Sekretaris KORMI dan unsur lainnya juga hadir.

23 Maret 2022

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra didampingi Deputi Bidang Dukungan Teknis Eberta Kawima dan Kepala Biro Keuangan dan BMN Setjen KPU RI Yayu Yuliani menerima audiensi dari Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat bertempat di Gedung KPU RI pada Selasa (22/3/2022).

Dalam audiensi tersebut, KPU Kabupaten Sijunjung melaporkan tentang hibah aset kantor dan tanah dari Pemerintah Kabupaten Sijunjung kepada KPU.

Ketua KPU RI, Ilham Sahputra dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Sijunjung, yang telah memberikan hibah aset kantor tanah kepada KPU Kabupaten Sijunjung.

30 Maret 2022

Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Basuki Hadimuljono di Jakarta pada Rabu 30 Maret 2022, terkait percepatan pembangunan dan infrasruktur yang ada di Kabupaten Sijunjung.

“Alhamdulillah pada hari ini (Rabu, 30/3/2022-red) kami dengan beberapa kepala daerah di Sumatera Barat termasuk kita Sijunjung melakukan pertemuan dengan Mentri PUPR Dr. Ir.M.Basuki Hadimuljomo, M.Sc terkait dengan percepatan pembangunan yang ada di Kabupaten Sijunjung,”ujar Benny yang dirilis Pemkab setempat.

Disampaikan Benny, bahwa dengan keterbatasan anggaran yang ada saat ini, Sijunjung memang butuh dukungan dan bantuan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi terkait dengan percepatan pembangunan yang ada di Kabupaten Sijunjung

“Ada beberapa usulan yang kita sampai kan tadi kepada Menteri PUPR terkait beberapa titik yang menjadi kewenangan nasional, yaitu jalur 2 jalan nasional di Lintas Sumatera di ruas jalan nasional kita, mudah mudahan ini bisa terealisasi paling kurang sepanjang 10 KM saja untuk penengkatan perekonomian masyarakat di sekitar jalan tersebut dan bisa merubah wajah Kabupaten Sijunjung nantinya,”harap Benny.

6 April 2022

Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, sampaikan Nota Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2021 kepada DPRD Sijunjung.

Penyampaian Nota Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2021 kepada DPRD Sijunjung itu berlangsung dalam rapat paripurna anggota DPRD Sijunjung pada Rabu (6/4/2022) di Gedung DPRD setempat.

Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Sijunjung, Bambang Surya Irwan, dalam rapat itu ketua DPRD didampingi Wakil Ketua Syofyan Hendri dan Redi Susilo serta sejumlah anggota DPRD juga hadir mendengarkan penyampaian Nota LKPJ tahun 2021 itu.

13 April 2022

Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S.STP,M.Si beserta sejumlah stakeholder terkait melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat.

Bupati Benny dan rombongan diterima Wakil Bupati Sukabumi, Jawa Barat, H. Iyos Soemantri. Kunjungan kerja Badan Pengelola Geopark Nasional Ranah Minang Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, itu disambut di Pendopo Pelabuhanratu, pada Rabu (13/4/2022).

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, mengatakan, kunjungan kerja ke Pelabuhanratu itu, bertujuan membangun kerjasama untuk persiapan Geopark Silokek Sijunjung menuju UNESCO Global Geopark.

“Hari ini kami datang lengkap dengan jajaran stakeholder untuk membangun komitmen Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Mungkin ini di Sumatera Barat yang pertama kali yang ingin belajar banyak ke Celetuh Palabuhanratu, terkait bagaimana persiapan untuk menuju UNESCO Global Geopark,”jelas Ketua DPD 1 Partai Golkar Sijunjung itu.

14 April 2022

Didampingi Sekdakab DR. Zefnihan, AP, M.Si, Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, pada Rabu (13/4/2022) berkunjung ke Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kunjungan kerja orang nomor wahid Ranah Lansek Manih itu untuk belajar tentang Geopark. Tepatnya, kesiapan Geopark Silokek Menjadi Unesco Global Geopark.

Kedatangan bupati dan rombongan ketika itu disambut Wabup Sukabumi, H. Iyos Soemantri.

20 April 2022

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir berkomitmen akan terus memajukan Kabupaten Sijunjung kedepannya dengan bergandengan tangan bersama ninik mamak, baik itu yang tergabung dalam KAN (Kerapatan Adat Nagari) maupun dalam LKAAM (Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau).

Hal itu diungkapkan Bupati Benny Dwifa pada saat buka puasa bersama dengan ninik mamak dan tokoh masyarakat se-Kabupaten Sijunjung di Rumah Dinas Bupati Bukit Berbunga, Rabu (20/4/2022).

“Ini merupakan momen yang luar biasa sekali bisa bersilaturahi bersama ninik mamak dan tokoh masyarakat. Mudah-mudahan ini menjadi kekuatan bagi kami untuk bisa membangun Ranah Lansek Manih,” ujarnya.

Disampaikan Benny, kondisi hari ini Indonesia bahkan Dunia dilanda pandemi Covid-19. “Oleh sebab itu, keuangan daerah sangat minim sekali. Sementara, tuntutan semakin tinggi, angka kemiskinan tinggi, pengangguran meningkat. Kita harus bekerja keras untuk menjadikan Sijunjung lebih pesat maju,” tuturnya.

21 April 2022

Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung menggelar launching Pekan Imunisasi Dunia (PID) tahun 2022. Kegiatan itu dibuka langsung oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir di Gedung Pancasila Muaro, Kamis (21/4/2022).

Hadir saat itu Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah, Unsur Forkopimda, Ketua TP PKK, Ny Riri Benny Dwifa, Ketua GOW, Ny Dona Iraddatillah, Kepala OPD, Camat serta Kepala Puskesmas se-Kabupaten Sijunjung.

Dalam arahannya Bupati Benny Dwifa menjelaskan Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2022 dianggap menjadi momen yang tepat untuk kegiatan kejar imunisasi lengkap pada balita dimana setiap balita harus mendapatkan imunisasi lengkap.

“Pemberian imunisasi sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh agar dapat mencegah beragam penyakit menular seperti difteri dan campak yang diderita anak-anak dan balita,” ujar Bupati.

26 April 2022

Pemkab Sijunjung, Sumatera Barat, dibawa komando Bupati Benny Dwifa Yuswir,S.STP, M.Si, terus berupaya meningkatkan pendidikan di Ranah Lansek Manih dalam upaya menggenjot IPM (Indeks Pembangunan Manusia atau Human Development Index).

Hal itu dibuktikan dengan Memorandum of Understanding atau MoU (perjanjian antara dua pihak) antara IPB, UNP dan Pemkab Sijunjung pada Selasa (26/4/2022) di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang.

Bupati Kabupaten Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir dalam sambutannya, mengatakan,  ” Pendidikan dan Pertanian merupakan prioritas pembangunan Kabupaten Sijunjung, maka kerja sama dalam bidang ini telah mendapat dukungan dari DPRD dan masyarakat Sijunjung, Insyaallah harapan masyarakat di daerah kami untuk hadirnya perguruan tinggi nasional akan terwujud ” Kata Bupati yang saat ini sedang menyelesaikan Program Doktornya di Fakultas Ekonomi UNP.

Dalam pemaparannya, Prof. Dr. Ir. Arif Satria, M.Si mengatakan ” Dunia dihadapkan pada tiga tantangan yakni perubahan iklim, revolusi industri dan pandemi Covid 19 karena itu kita perlu perubahan salah satunya dalam pendidikan, termasuk pendidikan pertanian, maritim dengan mengedepankan riset dan inovasi dengan kekuatan teknologi pertanian, sehingga akan menjadi kekuatan ekonomi, model One Village One CEO sangat cocok diterapkan di Sumbar. Karena itu IPB siap bekerjasama dengan UNP dan juga Pemda Sumbar untuk pengembangan inovasi varietas unggul pertanian,” tegas Ketua ICMI.

27 April 2022

Sebanyak 1.131 Mustahik di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, pada Rabu (27/4/2022) menerima santunan dari Badan Amil Zakat Nasional (BazNas) daerah setempat.

Bantuan tersebut merupakan pendistribusian dari dana zakat tahap 1 program Sijunjung Peduli BazNas.
Bantuan itu secara simbolis diserahkan Bupati Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si bersama Ketua Baznas, H. Hidayatullah, Lc.MA dan Kepala Kemenag Kabupaten Sijunjung, Syamsul Arifin di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung pada Rabu 27 April 2022.

9 Mei 2022

Kalau tidak ada aral melintang, rencananya pada Selasa (10/5/2022) siang, sekitar pukul 13.00 WIB, Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, akan tampil sebagai pemateri/narasumber di Webinar Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Sedangkan Keynote Speechnya Johnny G.Plate, Menteri Kominfo RI. Kegiatan tersebut merupakan Inspirasi Indonesia Maju yang akomondir Sahabat Guru.
Selain Wakil Sekjend Apkasi (Benny Dwifa Yuswir-red), dalam Webinar itu juga menampilkan Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami,MM, Prof.Drs. Suyanto, M.Ed,Phd (Pakar Pendidikan Karekter-red), Dr. Rismi Juliadi, ST.M.Si (Dosen Universitas Multi Media Nusantara Bidang Komunikasi Mediasosial, Crisis Communition Digital Literacy dan Digital Marketing Communition) dan Dr. Himmatul Hasanah,Mp (staf ahli Apkasi Bidang P dan K – Inisiator Program Sahabat Guru-red) juga sebagai narasumber/pameteri.

18 Mei 2022

Ternyata Design Pembangunan Kabupaten Sijunjung Tahun 2021-2026 yang dirancang BAPPPEDA Sijunjung, Sumatera Barat, dibawa pimpinan Kepala Bapppeda Kabupaten Sijunjung, Dra Yuni Elviza,MT menyedot perhatian yang luar biasa.

Hal itu menyusul sejak ditetapkannya Peraturan Daerah Kabupaten Sijunjung Nomor 2 Tahun 2021 tentang RPJMD Tahun 2021-2026. Sehingga Kabupaten Sijunjung mempunyai Grand Design Pembangunan Tahun 2021-2026 yang jelas arah dan dapat diukur pencapaiannya.

Kepala Bapppeda Kabupaten Sijunjung, Dra Yuni Elviza,MT, menyebutkan, RPJMD Tahun 2021-2026 tersebut, merupakan penjabaran dari visi dan misi serta janji-janji politik Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung terpilih hasil Pilkada Tahun 2020.

“Memang kita menyadari tantangan pembangunan Kabupaten Sijunjung lima tahun kedepan sangat berat, karena keterbatasan sumber daya daerah dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan. Oleh sebab itu, dibutuhkan strategi yang efektif dalam mempercepat roda pembangunan melalui penetapan tema pembangunan Tahun 2021-2026, “jelas El begitu sapaan akrab Kepala BAPPPEDA Sijunjung itu.

24 Mei 2022

Kalau tidak ada aral melintang, rencananya Kepala BKKBN Pusat, dr.Hasto Wardoyo, Sp.OG (K), akan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Kunjungan itu dijadwalkan selama tiga hari, yakni dari 29 – 31 Mei 2022 mendatang. Kedatangan dr.Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) itu, dalam rangka gebyar temu kader percepatan penanganan stunting.

Bahkan Kabupaten Sijunjung menjadi daerah pilihan untuk penerapan program penanganan stunting dari Pemerintah Pusat.

Kedatangan Kepala BKKBN ke Sijunjung untuk menerapkan program dan mengedukasi kader dalam percepatan penanganan stunting di Sumbar, khususnya di Kabupaten Sijunjung.

28 Mei 2022

Pembenahan rencana kampus Universitas Negeri Padang (UNP) dibahas melalui diskusi serius antara pihak UNP dengan Pemkab Sijunjung pada Sabtu 28 Mei 2022 di Ruang Sidang Senat UNP Kampus Air Tawar Padang.

Hadir dalam diskusi tersebut dari Pihak UNP dari Ketua MWA, Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Dekan dan Direktur Pascasarjana, Kepala Biro dan Tim FMIPA dan Pembangunan Kampus Sijunjung.

Sementara dari pihak Pemkab Sijunjung dipimpin oleh Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, Sekda, DR. Zefnihan, AP.M.Si, Asisten I, Aprizal, M.Si, Kepala BKAD, Endi Nazir, Kepala Dinas Pertanian, Ir. Ronaldi, Kepala BAPPPEDA, Yuni Elfiza, Kepala Kesbangpol, Edi Warman, Sekretaris Dinas Pendididikan, Usman Gumanti, Sekretaris Bapppeda, Hary Oscar, Kabag Hukum, Miswita, Kabag Tapem, Roni Sudirman, dan Plt. Kabag Prokopim, Khaidir Daulay
Kegiatan yang dimoderatori oleh Wakil Rektor IV UNP Prof. Dr. Yasri,  M.S. diawali penyampaian laporan hasil kunjungan lapangan tim UNP yang dipimpin Dekan FMIPA  Dr. Yulkifli , M.Si ke Sijunjung untuk didiskusikan.

30 Mei 2022

Kepala BKKBN Pusat, dr.Hasto Wardoyo, Sp.OG (K), Senin (30/5/2022) melakukan kunjungan kerja (Kunker) nya ke Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Sebelum temu kader Posyandu, didampingi Bupati Benny Dwifa Yuswir, Wabup Iradatillah, Sekdakab Zefnihan dan Forkopimda, Kepala BKKBN Pusat, dr.Hasto Wardoyo, Sp.OG (K), melepas road show puluhan mobil BKKBN se-Sumbar keliling Kecamatan Sijunjung.
Pelepasan road show mobil BKKBN itu berlangsung di depan Gedung Pancasila Muaro Sijunjung.

4 Juni 2022

Keseriusan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M. Si untuk menjadikan Geopark Nasional Silokek menjadi Kawasan Unesco Global Geopark (UGGp) ditandai dengan diadakannya rapat dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di ruang rapat Wakil Gubernur Sumatera Barat, Jum’at, 3 Juni 2022.

Rapat ini dipimpin langsung Wakil Gubernur Sumatera Barat Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, M.M, IPM, ASEAN.Eng. Sementara bertindak sebagai moderator adalah Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Luhur Budianda dengan agenda mengevaluasi kesiapan Geopark Nasional yang akan diusulkan menjadi Aspiring Unesco Global Geopark Tahun 2022 ke Komite Nasional Geopark Indonesia.

Sementara Bupati Sijunjung Benny Dwifa pada kesempatan itu juga didampingi Sekretaris Daerah, Dr. Zefnihan, AP, M. Si, Kepala Bapppeda, Dra, Yuni Elviza, MT, Ketua BP. Geopark Ranah Minang Silokek, Ridwan dan plt. Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Khaidir Ali Daulay, S. STP, MM.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy pada kesempatan itu memuji Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam memajukan Geopark Silokek,”Kita melihat dari 7 Geopark yang ada di Sumbar, 3 masuk Geopark Nasional, kita lihat keseriusan paling tinggi memang Kabupaten Sijunjung,”ujar Wagup Audy

5 Juni 2022

Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Eddy Satriya tepati janjinya datang ke Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Terbukti, pada Minggu (5/6/2022), Eddy Satriya tiba di Ranah Lansek Manih melakukan serangkaian kegiatan.

“Yaa, pada Minggu (5/6/2022) ini Deputi Usaha Mikro pada Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah itu datang ke Sijunjung,”kata Kadis Koperindagkop UKM Sijunjung, Yulizar, MT.

Hal yang sama juga disampaikan Plt Kadis Kominfo Sijunjung, David Rinaldo,S.STP.

13 Juni 2022

Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung bersama PT.Telkom membahas rencana perluasan jaringan telekomunikasi di sejumlah titik blank spot di daerah setempat.

Dalam pertemuan itu, Bupati Benny Dwifa mengharapkan agar persoalan sinyal bisa segera dituntaskan hingga tahun 2024 mendatang.

Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas agar pengembangan smart city di Kabupaten Sijunjung bisa lebih dimaksimalkan, terutama sebagai fasilitas penunjang di sektor pariwisata. Pada Senin (13/6) bertempat di Ruang Kerja Bupati Sijunjung.

Pembahasan antara Pemkab Sijunjung dan PT.Telkom itu difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai mitra teknis dalam pelaksanaannya. Bupati Benny Dwifa mengatakan bahwa Kabupaten Sijunjung sangat mengharapkan perluasan jaringan.

16 Juni 2022

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Universitas Negeri Padang dan Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB) menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dan kuliah umum yang digelar di Departemen Agro Industri, Muaro Sijunjung.

Kerjasama dua fakultas kampus unggul itu sengaja digelar di Sijunjung, dikarenakan Departemen Agro Industri berada di bawah Fakultas MIPA Universitas Negeri Padang berkampus di Muaro Sijunjung, atau yang sebelumnya dikenal dengan Kampus STIPER.

Perjanjian kerjasama itu ditandatangani oleh Dekan Fakultas MIPA, Universitas Negeri Padang, Dr.Yulkifli, S.Pd, M.Si dan Dekan Fakultas Peternakan IPB, Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc, dan disaksikan oleh Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah. Pada Kamis (16/6/2022).
Hal itu menunjukan progres pergantian STIPER menjadi Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) UNP akan segera rampung. Bahkan proses penerimaan calon mahasiswa baru akan dimulai pada Juli mendatang.

18 Juni 2022

Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade memfasilitasi pertemuan antara Pemda Sijunjung, Perwakilan PT Rizki Bukit Barisan (RBB), dengan Dirut PT Pertamina Gas Negara (PGN). Diketahui, pertemuan ini jadi tindak lanjut proses negosiasi pembelian hasil gas bumi dari Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Andre berharap kesepakatan jual beli hasil gas bumi antara PT PGN dengan Pemerintah Kabupaten Sijunjung bisa segera tercapai. Sehingga kedepannya bisa mendongkrak perekonomian Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Sijunjung.

“Ini adalah tugas kami sebagai anggota DPR RI dari Sumbar. Kalau jual-beli gas ini terjadi, tentu akan menambah PAD dan peluang bergeraknya ekonomi di Sijunjung. Juga membuka peluang kerja dan usaha di Sijunjung,” harap Andre dalam keterangan tertulis, Jumat (18/6/2022).

Ia mengungkap sejumlah pihak yang hadir dalam pertemuan yang berlangsung Kamis (16/6), antara lain Bupati Sijunjung Benny Dwifa, perwakilan PT Rizki Bukit Barisan (RBB) Litto Habrianta selaku operator gas blok Sijunjung, dan Direktur Utama PT Pertamina Gas Negara (PGN) Muhamad Haryo Yunianto beserta jajaran Direksi.

18 Juni 2022

Tak main-main, usai bertemu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia (RI), Margo Yuwono, di Jakarta, Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S.STP,M.Si bertekat akan menjadikan Sijunjung sebagai Kabupaten Statistik Pertama di Indonesia.

Demikian Dilaporan Plt Kepala Dinas Kominfo Sijunjung, David Rinaldo,S.STP, M.Si yang dirangkum redaksi Jurnalsumbar.Com.

19 Juni 2022

Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S.STP.MSi, yang juga Wakil Sekjend Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), pada Sabtu (18/6/2022) hadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-XIV APKASI di Hotel Pullman Bogor.

Rakernas itu sendiri dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, serta turut dihadiri Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Watipo yang baru saja dilantik Presiden Jokowi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor serta Ketua APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan (Bupati Dharmasraya-red) juga hadir.

Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dalam sambutannya mengatakan tema Rakernas APKASI kali ini, kita mengkalaborasikan antara pemerintah daerah dengan pusat untuk menyongsong KTT G20 dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional yang kuat dan berkelanjutan.

Ketum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyampaikan sambutannya
“Dengan semangat Kolaborasi kita sukseskan KTT G20 dan kita percepat pemulihan ekonomi nasional yang hampir dua tahun ini morat marit akibat pandemi, ” jelasnya.

21 Juni 2022

Pemerintah Kabupaten Sijunjung melakukan penandatanganan kesepakatan bersama Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dengan Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Riki Saputra yang di selenggarakan di Convention Hall Kampus I Padang, (21/6/2022).

Bupati Sijunjung menjelaskan, Adapun Ruang lingkup Kesepakatan bersama ini meliputi yaitu bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan, pengabdian masyarakat serta peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Sijunjung.
Adapun tujuan dari Kesepakatan Bersama ini adalah untuk mewujudkan hubungan kerjasama yang saling menguntungkan bagi para pihak dan sebagai mitra strategis dalam percepatan pembangunan Kabupaten
Sijunjung,”jelasnya.

2 Juli 2022

Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung menggelar acara Bedah Buku 99 Tanya Jawab Seputar Shalat Lengkap bersama Prof. Dr. Abdul Somad, Lc. Ma di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati setempat pada Jum’at 1 Juli 2022 malam.

Bedah buku ini langsung dihadiri Bupati Benny Dwifa Yuswir, SSTP.M.Si dan Wakil Bupati, H. Iraddatillah, S.Pt dan spesial juga dihadiri Anggota DPR RI, Prof. Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si beserta istri.

Pada malam tersebut juga hadir Wakil Ketua DPRD, Syofian Hendri, S.Pdi, Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Sekdakab, Dr. Zefnihan, AP.M.Si, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK, Ny. Riri Benny Dwifa dan Ny. Donna Iraddatillah, Ketua MUI, Ketua Baznas, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Instansi Vertikal, BUMN/BMUD, Camat beserta Wali Nagari se Kabupaten Sijunjung.

Bupati Benny Dwifa pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Ustad Abdul Somad (UAS) yang menyempatkan diri menghadiri undangan dari Pemerintah Kabupaten Sijunjung untuk memberikan tausiah agama sekaligus acara bedah buku

3 Juli 2022

JURNAL SUMBAR | Padang – Gubernur Sumatera barat (Sumbar) Buya Mahyeldi menyampaikan dukungan sepenuhnya untuk Geopark Ranah Minang (GRM) Silokek menuju Unesco Global Geopark.

Gubernur juga mendorong Pemkab Sijunjung untuk melakukan persiapan pendukung lainnya seperti mengumpulkan seluruh dokumen sejarah terkait dengan Minangkabau, PDRI dan sejarah Kereta Api di Sijunjung.
“Selain itu juga bisa menggelar kegiatan School Stay Geopark untuk tingkat SLTA di Sumbar ke GRM Silokek,” kata gubernur, saat menerima audiensi.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung yang juga Ketua Badan Pengelola Geopar Silokek, Zefnihan serta sejumlah pejabat terkait lainnya, di Istana Kompleks Gubernuran Sumbar, Sabtu (2/7/2022) malam.

Selain itu, gubernur juga mengharapkan Pemerintah provinsi dan Pemerintah kabupaten mengoptimalkan pemberitaan dan promosi sampai hal terkecil sekalipun terkait dengan promosi GRM Silokek.

Dalam Audiensi tersebut, Bupati menyampaikan kepada Gubernur perkembangan terkini serta komitmennya untuk menjadikan Silokek sebagai UGG, dengan menjaga warisan yang saat ini sudah ditetapkan sebagai warisan budaya nasional, yaitu Perkampungan Adat Matrilineal Padang Ranah dan Geopark Silokek itu sendiri.

3 Juli 2022

Sebanyak 328 ekor ternak telah vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Sijunjung hingga Sabtu (2/7/2022).

Sejak pertama kali dicanangkan vaksinasi PMK oleh Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt pada Selasa (28/6/2022) di Kelompoktani Sinar Maju Jaya, Nagari Kunangan Parit Rantang, Kecamatan Kamang Baru, vaksinasi PMK Kabupaten Sijunjung telah terealisasi dengan baik, sehingga menempati urutan nomor 3 tertinggi se-Sumatera Barat.

Dari 3.510 ekor ternak yang telah vaksinasi PMK se-Sumatera Barat, urutan pertama yaitu Kabupaten Lima Puluh Kota sebanyak 1.533 ekor, disusul Kabupaten Dharmasraya sebanyak 467 ekor kemudian Kabupaten Sijunjung sebanyak 328 ekor.

6 Juli 2022

Pemerintah Kabupaten Sijunjung, membuat kesepakatan bersama—Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Sumatera Barat diselenggarakan di ruang Kantor Bupati Sijunjung, Selasa (5/7/2022).

Kesepakatan bersama itu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengawasan terhadap obat dan makanan di Kabupaten Sijunjung.

Bupati Benny mengatakan, pada umumnya masyarakat memproduksi suatu makanan yang mereka jual hanya mengandalkan Insting dan Feeling saja, tanpa mengetahui Bahaya atau tidak sebuah makanan.

Peran seperti ini tentu sangat diperlukan BPOM untuk bisa memandu sehingga masyarakat menjual makanan akan menjadi standar.

6 Juli 2022

Nagari Silokek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, ternyata masuk dalam penilaian 50 besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Tak heran, jika pada Rabu (6/7/2022) Kabupaten yang dipimpin Bupati Benny Dwifa Yuswir,S.STP, M.Si mendapat kunjungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA.

“Ya, kunjungan ini untuk keduakalinya pak Sandi ke Silokek. Semoga Nagari Silokek bisa meraih penghargaan/anugrah ADWI 2022,”kata Plt Kadis Kominfo Sijunjung, David Rinaldo,S.STP kepada Jurnalsumbar.Com.

11 Juli 2022

Rektor UNP, Prof Ganefri, Ph.D sosialisasikan penerimaan mahasiswa baru departemen Agroindustri FMIPA-UNP PSDKU Sijunjung tahun ajaran 2022/2023 dibalairung lansek manih Kantor Bupati Sijunjung pada Senin 11 Juni 2022.

Sosialisasi yang dihadiri langsung Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si dan H. Iraddatillah, S.Pt, Ketua DPRD, Bambang Surya Irwan bersama Wakil Ketua, Redi Susilo, Asisten dan Kepala OPD ini diikuti Kepala Sekolah SMA/SMK Negeri/Swasta, Camat dan Wali Nagari Sekabupaten Sijunjung.

Dari pihak UNP sendiri juga dihadiri oleh Ketua Majelis Wali Amanat, Prof.Dr. Z Mawardi Effendi, M,Pd, Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Yasri, MS, Sekretaris Majelis Wali Amanat, Drs. Putra Jaya, MT, Dekan FMIPA, Dr. Erianjoni, S.Sos.M.Si, Wadir II Vokasi, Dr. Bambang Heriyadi, MT, WD III FMIPA, Dr. Irwan, M.Si, Dosen FIS, Dr. Hasrul, M.Si, Koordinator Humas dan Kerjasama, Novri Elvinda, S.Pd.MPD, Koordinator UHBMN, Upita Yeniza, M.Pd serta bidang Perlengkapan, Syahrial dan Humas UNP, Siti Sarah, M.Hum.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir pada kesempatan itu menyampaikan selamat datang kepada Rektor UNP beserta jajaran di Kabupaten Sijunjung Ranah Lansek Manih.

12 Juli 2022

Bupati Kabupaten Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, melakukan audiensi dengan Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Pada Jumat, 8 Juli 2022 itu, Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir bersama rombongan mengunjungi RSUPN DR. Cipto Mangunkusumo, Rumah Sakit yang lebih dikenal dengan nama RSCM. Pada Jumat barokah ini audiensi yang di gagas oleh Pemda Sijunjung diterima langsung oleh Direktur Utama RSCM, dr Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS, FIHA yang juga didampingi oleh Direktur Playanan Medik, Keperawatan, dan Penunjang, dr. Sumariyono, SpPD-KR, MPH serta Prof. Dr. dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A (K) merupakan Kepala Instalasi Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak terpadu Kiara.

Kunjungan Bupati Sijunjung tersebut, bertujuan untuk menjalin kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung dengan RSUPN DR. Cipto Mangunkusumo yang saat ini sudah terakreditasi Internasional, kerjasama ini akan meliputi seluruh Sektor Kesehatan diantaranya Peningkatan Pelayanan Kesehatan, Peningkatan SDM Bidang Kesehatan, Peningkatan Sarana dan Prasarana Kesehatan, Penelitian dan Pengembangan Kesehatan utamanya Kerjasama dalam hal Maternal Neonatal atau instalasi yang menjalankan program dalam rangka akselerasi penurunan AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKB (Angka Kematian Bayi) yang terdiri dari tata laksana emergency sampai dengan nifas dan bayi sampai usia 28 hari.

“Upaya Kerjasama ini sudah lama kita Idam-Idamkan, alhamdulillah Pemda Sijunjung diterima langsung oleh Ibu Dirut, harapan kita Rumah Sakit Pratama yang saat ini kita bangun akan menjadi saudara dari RSCM ini, atau yang lebih dikenal Sister hospital, sehingga pelayanan di Bidang Kesehatan akan semakin paripurna di Kabupaten Sijunjung utamanya menjadikan zero kegawatdaruratan maternal neonatal bagi masyarakat Sijunjung yang tentunya garis lurus dengan turunnya angka stunting, “ ungkap Benny

Hal tersebut diaminkan oleh dr Lies biasa Ibu Dirut dipanggil “dr Lies mengucapkan Terima Kasih Kepada Bupati Sijunjung dan rombongan yang sudah berkunjung ke RSCM, Sebuah Kabupaten di Tengah Sumatera Propinsi Sumatera Barat yang punya Pemimpin luar biasa serta komitmen yang luar biasa untuk peningkatan Pelayanan Masyarakat utamanya di Bidang Kesehatan, RSCM akan siap membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung di seluruh sektor Kesehatan Masyarakat karena RSCM juga merupakan sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, bu dirut juga meminta Bu Sovi selaku Bagian Kerjasama RSUPN DR. Cipto Mangunkusumo untuk memfasilitasi seluruh administrasi terkait yang akan dikerjasamakan dengan Pemda Sijunjung.

12 Juli 2022

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung lakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan dengan Pengadilan Agama terkait dengan percepatan layanan hukum kepada masyarakat Kabupaten Sijunjung yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Bupati pada Selasa 12 Juli 2022

Nota kesepakatan ini ditandatangani oleh Bupati Benny Dwifa Yuswir, S.STP. M.Si dengan Ketua PA, Azizah Ali, SHI, MH dan disaksikan Wakil Bupati, Iraddatillah, S.Pt, Sekdakab, Dr. Zefnihan, AP.M.Si, Wakil Ketua PA, Nurhadi, S.Hi, MH, Sekretaris PA, Muzakir, SHi, Panitera, Drs. Nurfadil, dan Panitera Muda Permohonan, Rosniwati, SH
Pada kesempatan itu, Pengadilan Agama juga tandatangani perjanjian kerjasama dengan beberapa OPD yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Dukcapil, Febrizal Ansori, SH, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan, Drg. Ezwandra, M.Sc, dan Sekretaris Dinas Sosial PPrPA, Mukharlis.

Diwaktu yang sama juga dilakukan Penandatanganan Perjanjian kerjasama antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan beberapa perangkat daerah terkait dengan pemanfaatan data kependudukan yang ditandatangani oleh Kadis Dukcapil, Febrizal Ansori dengan Kepala BKPSDM, Riki Mainaldi Neri,SSTP, Kabid PIKP Dinas Kominfo, Ir. Sri Rosia Revandiani, Kepala Dinas Parpora, Afrineldi, SH, Kepala Dinas Pertanian, Ir. Ronaldi, Kabid Dinas Nakertrans, Fery, dan Plt Kadis Dalduk KB

20 Juli 2022

Prosesi pelatakan batu pertama menandai pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama Tipe D Sijunjung di Kecamatan Kamangbaru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat dimulai.

Usai peletakan foto bersama, bupati, wabup dan sekda dan pihak terkait lainnya sempat foto bersama
Peletakan batu pertama pembangunan RS Pratama Tipe D Sijunjung di Kecamatan Kamangbaru itu dilakukan Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si didampingi Wabup Sijunjung, H.Iradatillah, Sekdakab DR. Zefnihan, AP,M.SI, dan sejumlah pimpinan OPD terkait juga hadir pada Rabu (20/7/2022) itu.

“Kita berharap rumah sakit ini selesai tepat waktu, jangan ada persoalan dalam tahap pembangunannya. Kami berharap dukungan dan kerjasama dari semua pihak untuk mensukseskan pembangunan rumah sakit ini,” tutur Bupati Sijunjung, Benny Dwifa.

26 Juli 2022

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung bersama Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat (Sumbar), melaksanakan Festival Matrilineal Sumbar tahun 2022.

Festival tersebut dilaksanakan di Perkampungan Adat, Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, pada tanggal 23-30 Juli 2022.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir menyebut, Festival Matrilineal merupakan identitas dari Minangkabau, karena hanya sedikit di dunia yang menganut garis keturunan melalui ibu.

“Pelaksanaan festival kali ini, akan berperan dalam pemulihan ekonomi masyarakat Sijunjung, pasca masa pandemi Covid-19, melalui pariwisata,” ungkapnya kepada MC Sijunjung saat menghadiri prosesi Bakaua Adat Nagari Sijunjung, Senin (25/7/2022).

26 Juli 2022

Sejak beberapa tahun lalu Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, acapkali disoroti nitizen dengan sebutan “Maaf” kabupaten seribu lubang.

Tak ayal, sorotan itu membuat Pemkab setempat pun bertekad untuk menghilang cibiran itu.

Untuk itupula, Bupati Sijunjung, Benny Dwi Yuswir,S.STP, M.Si bersama Wabup H. Iradatillah,S.Pt, Sekdakab DR.Zefnihan, AP.M.Si dan OPD terkait lainnya membenahi semua infrastuktur yang berkaitan untuk kepentingan umum.

Meski itu bukan kewenangan kabupaten, namun bupati milenial itu terus berjuang untuk membangun infrastruktur. Lihat saja sejumlah ruas jalan di Lintas Sumatera mulai diperbaiki–yang merupakan jalan negara.

Tak hanya itu, bahkan sejumlah ruas jalan provinsi pun diperbaiki. Itu semua tak lepas dari perjuangan bupati-wabup bersama jajarannya melobi provinsi (gubernur-red) dan pemerintah pusat.

26 Juli 2022

Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, secara resmi mengukuhkan pembentukan Tim Forum Pelayanan Publik Kabupaten Sijunjung.

Prosesi pengukuhan tersebut dilakukan Wakil Bupati (Wabup) Sijunjung, H. Iradatillah,S.Pt pada Selasa (26/7/2022) dilaksanakan di Balairung Lansek Manih kantor Bupati Sijunjung.

27 Juli 2022

Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir,S.STP,M.Si, pada Selasa (26/7/2022) menyambangi Menteri Dalam Negri (Mendagri) Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D di Jakarta.

Dalam kunjungan orang nomor wahid di Ranah Lansek Manih ke kantor Mendagari itu ditemani .Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si., Datuak Batuah yang juga pengusaha ritel dan politikus Indonesia dari Partai Amanat Nasional yang menjabat sebagai anggota DPR-RI periode 2019–2024 sejak 1 Oktober 2019. Dan ia juga merupakan pemilik Citra Swalayan.

Selain kunjungan kerja, bupati milenial yang juga menantu dari Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si., Datuak Batuah itu juga memperkenalkan usaha madu galo-galo yang dikelola masyarakat di kabupaten kawasan pertanian itu.

31 Juli 2022

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP. M.Si bersama Wakil Bupati H. Iraddatillah, S.Pt hadiri acara Alek Wisata Anak Nagari Kumanis Bersatu di Nagari Kumanis, Kecamatan Sumpur Kudus pada Minggu 31 Juli 2022.

Acara yang ditandai dengan pemotongan pita dan pelepasan balon udara ini juga dihadiri Wali Kota Payakumbuah, H. Riza Felepi, ST.MT selaku Ketua Umum Persatuan Olahraga Buru Babi (PORBBI) Sumatera Barat serta pencinta dan pengurus PORBBI se Sumatera Barat bahkan dari luar Sumbar.

Bupati Benny Dwifa pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana atas terselenggaranya kegiatan Alek Wisata Buru Babi di Nagari Kumanis

2 Agustus 2022

Setelah wafatnya Tohoh Nasional asal Sijunjung, Sumatera Barat Bpk. Prof. DR. Ahmad Syafii Maarif, banyak usulan yang di sampaikan oleh masyarakat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung agar almarhum di usulkan untuk menjadi Pahlawan Nasional.

Keinginan dan usulan masyarakat tersebut di sambut baik oleh Pemda Sijunjung, hal ini terlihat dari keseriusan Pemda untuk menindak lanjuti segera dengan berkonsultasi ke Direktorat Jenderal Potensi Sumberdaya Sosial Kementerian Sosial RI.

Lawatan itu dipimpimpin langsung oleh Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah,S.Pt di dampingi Kadis Sosial, Kabid Rehsos, Kabid Linjamsos dan beberapa orang staf Pemda Kabupaten Sijunjung.

4 Agustus 2022

Seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya bahwa Pemda Sijunjung melakukan “Jemput Bola” ke Sentra Mulia Jaya Kemensos RI untuk mengusulkan bantuan Atensi (Asistensi Rehabilitasi Sosial) untuk calon Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yaitu lanjut usia dan penyandang disabilitas dari berbagai ragam disabilitas seperti fisik, sensorik dan mental, di Kabupaten Sijunjung.

Pada tahun ini kegiatan “jemput bola” dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Sijunjung Bp Iraddatillah yg di dampingi oleh Kadis Sosial, Kabid Rehsos, Kabid Linjamsos dan beberapa orang staf Pemda Kab. Sijunjung.

Iraddatillah mengatakan utk tahun sekarang kita mengusulkan sebanyak 70 orang calon PPKS yang terdiri dari lansia 54 orang dan penyandang disabilitas sebanyak 16 orang yang sudah di asesmen terlebih dahulu oleh Dinas Sosial Kab. Sijunjung.

Jenis bantuan yg di usulkan sesuai dengan permohonan yang diajukan oleh calon PPKS sesuai dengan hasil asismen seperti Kewirausahaan berdagang, ternak kambing , kebutuhan dasar/harian dan alat bantu seperti kursi roda, tongkat netra, alat bantu dengar dan lainnya.

7 Agustus 2022

Rencananya pada Senin (8/8/2022) besok, mantan Kapolri yang juga Menteri Dalam Negri (Mendagri), Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D bakal memenuhi janjinya dengan bupati Benny Dwifa Yuswir,S.STP, M.Si untuk berkunjung ke Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.
Kunjungan perdana mantan Kapolri itu akan didampingi sejumlah Dirjend Kemendagri.

Di Sijunjung, Jenderal bintang empat asli Palembang Sumsel itu akan melakukan sejumlah.agenda.

Selain disambut Bupati – Wabup Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir-Iradatillah, Sekdakab Zefnihan, Pimpinan DPRD, Forkompida dan pimpinan OPD, Mendagri juga bakal disambut Gubernur dan Forkopimda Sumbar dan dikabarkan ada sejumlah anggota DPR RI juga akan hadir di Ranah Lansek Manih.

10 Agustus 2022

Sekali mendayuang, duatiga pulau terlampau. Agaknya itulah yang tepat dalam ungkapan pada kunjungan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Betapa tidak, selain melakukan sejumlah agenda kegiatan pada Selasa (9/8/2022) di Muaro Sijunjung, ternyata mantan Kapolri itu juga diperkanal dengan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang dibina Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Sijunjung, Ny.Riri Benny Dwifa.

18 Agustus 2022

Demi melayani masyarakat, Bupati – Wabup Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir,S.STP,M.Si -H.Iradatillah,S.Pt (Benny-Radi) selalu membuat terobosan baru, cemerlang dan berlian.

Betapa tidak, jika sebelumnya belum pernah dilakukan, kali ini bupati-wabup milenial itu membuat ide baru.
Apa..? Anda penasaran?

Kali ini, Benny-Radi bakal membuat program baru berupa pemberian Akte Kelahiran (AK), Kartu Identitas Anak (KIA) serta perubahan Kartu Keluarga (KK) Gratis, bagi bayi yang lahir ditiap hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia(RI) pada 17 Agustus dan bayi yang lahir ditiap hari jadi kabupaten (HJK) Sijunjung pada setiap 18 Februari.

21 Agustus 2022

Universitas Negeri Padang (UNP) memastikan bahwa kualitas dan mutu pendidikan yang akan diterapkan di Departemen Agroindustri, Kampus Sijunjung setara dengan fakultas lain yang ada di Kampus Utama UNP di Kota Padang.

Hal itu disampaikan Dekan Fakultas MIPA, Universitas Negeri Padang, Dr.Yulkifli, S.Pd, M.Si pada kegiatan temu ramah dan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Departemen Agroindustri di Muaro Sijunjung.

“Ini yang perlu kita garansi. Kita jamin bahwa tidak ada perbedaan pelayanan, akademik dan perkuliahan di Kampus Sijunjung dengan yang ada di kampus utama, itu komitmen kami dari UNP,” tutur Dekan Fakultas MIPA, pada Sabtu (20/8/2022).

Sebanyak 250 orang mahasiswa akan memulai aktivitas perkuliahan perdana di Departemen Agroindustri pada tanggal 22 Agustus mendatang. Departemen yang terdiri dari tiga prodi tersebut berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Padang.

23 Agustus 2022

Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, meraih prestasi peringkat empat pada Kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja Pemerintah Kabupaten Wilayah Barat Tipe Kecil oleh Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut pun diserahkan langsung Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian, Suharmen kepada Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah di istana Bung Hatta Kota Bukittinggi pada Senin 22 Agustus 2022
Pada kesempatan itu Wakil Bupati Sijunjung di dampingi langsung Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Riky Mainaldi.

Pengumuman pemenang tersebut disampaikan pada ajang BKN Award Tahun 2022, melalui forum evaluasi pengelolaan manajemen kepegawaian se-Indonesia melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2022 yang diselenggarakan secara hybrid, yakni secara offline dan online pada tanggal 21 Juli 2022 yang lalu.

23 Agustus 2022

Kabupaten Sijunjung dipercaya menjadi tuan rumah pada rapat evaluasi pengendalian pelaksanaan pembangunan daerah (EP3D) kabupaten/kota triwulan II serta Monitoring Evaluasi Bantuan Khusus Keuangan (Monev BKK) tahun 2022.

Acara yang diadakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati Sijunjung ini dibuka Gubernur Sumatera Barat diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Sumatera Barat, Wardarusmen, SE.MM serta dihadiri Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah, S.Pt dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Dr. Zefnihan, AP.M.Si

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setdaprov Sumatera Barat, Hefdi, SH. M.Si selaku panitia pelaksana menyebutkan tujuan pelaksanaan rapat evaluasi triwulan II dan Monev BKK ini antara lain untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan kegiatan yang didanai APBD Kabupaten/Kota se Sumatera Barat dan dana BKK tahun 2022 baik dari provinsi ke Kabupaten/kota atau dari kabupaten/kota ke Provinsi Sumatera Barat.

“Selain itu rapat ini juga untuk menguatkan komitmen dan upaya percepatan pelaksanaan kegiatan sehingga realisasi fisik dan keuangan dapat tercapai sesuai dengan yang telah ditetapkan,”ujar Hefdi

25 Agustus 2022

Gonjang-ganjing adanya dugaan hubungan antara Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir,S.STP,M.Si dan Wabup H. Iradatillah,S.Pt ada keretakan ternyata itu hanya isu belaka alias hoax.

Ikhwal keretakan itu diduga sengaja ada yang mempropaganda kedua pemimpin di Ranah Lansek Manih itu. Hal itupun tak ditampik Bupati Benny dan Wabup Iradatillah.

“Memang benar, ada orang-orang tak suka berupaya mengadu-adu kami. Kami hanya tersenyum saja. Setidaknya kami tahu tipikal orang-orang yang tak suka itu. Yaa..tak perlu diladani lah. Yang penting kami tetap kerja kerja dan kerja untuk kemajuan Sijunjung,”kata Benny dan Radi suatukali pada Jurnalsumbar.Com.

Pemred Jurnalsumbar.Com, Saptarius terlibat dialog ringan dengan Bupati-Wabup Benny-Radi yang selalu kompak dan harmonis.

Bahkan terlihat, Pemerintah Kabupaten Sijunjung memastikan hubungan Bupati Benny dan Wakil Bupati Iradatillah sampai saat ini masih sangat harmonis dan tidak ada masalah apa pun. Bahkan termasuk hubungan dengan Forkopimda juga sangat baik.

26 Agustus 2022

Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir S.STP,M.Si bersama Wakil Bupati dan Stake Holder terkait terus melakukan berbagai upaya dan trobosan untuk memaksimalkan produksi gas di Ranah Lansek Manih.

Tak percaya? Tengok saja, pada Kamis (25/8/2022), Bupati melakukan peninjauan serta survei lapangan terhadap potensi gas bumi yang dimiliki Sumur gas blok Sinamar di Jorong Batu Balang Kenagarian Limo Koto Kecamatan Koto VII bersama PT. Pertamina Gas Negara (PGN) Tbk yang merupakan Subholding Gas PT Pertamina (Persero).

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa menjelaskan, bahwa kunjungan dan survei lapangan oleh PT. Perusahaan Gas Negara Tbk merupakan tindaklanjut dari pertemuan dan pembahasan sebelumnya di Jakarta terkait pengembangan potensi Gas bumi yang dimiliki kabupaten Sijunjung dan mengupayakan agar PGN bisa menjadi solusi dalam mengelola potensi gas yang dimiliki oleh Kabupaten Sijunjung.

“Sebenarnya sudah ready semua, dalam artian sumurnya sudah ada dan tinggal gasnya dikeluarkan. Tentu untuk mengeluarkan gas harus ada demand. Sekarang ini demand-nya belum ada sehingga belum produksi. Jadi, kita harap PGN bersama PT. RBB bisa bersinergi dan pemerintah provinsi serta daerah bisa bantu mengalokasikan,” kata bupati termuda itu.

2 September 2022

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat akan menganalisis sekaligus mengevaluasi 452 Peraturan Daerah (Perda) yang ada di Kabupaten Sijunjung lewat program “Pilah Perda”.

Hal ini dikukuhkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar dengan Pemerintah Daerah Kab. Sijunjung tentang “Pendampingan, Inventarisasi, anaLisis, evAluasi, Harmonisasi Peraturan Daerah (PILAH PERDA) pada Kamis (1/9/2022) di Aula Pengayoman Kanwil Kemenkumham Sumbar.

“Dengan adanya kerjasama ini maka Pemerintah Kabupaten Sijunjung telah menyetujui ratusan Perdanya diperiksa oleh tim kami” ujar Andika dalam sambutannya.

Dalam Penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini, Tim Perancang Perundang-undangan Kemenkumham Sumbar akan memeriksa, menganilisis serta mengevaluasi 425 Perda yang ada di Kab. Sijunjung. Ratusan Perda tersebut diketahui merupakan peraturan daerah yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah Sijunjung dalam rentang waktu sejak 1981 hingga 2022.

7 September 2022

Dalam rangka memperjuangkan kesejahteraan petani sawit dan memperjuangkan pendapatan daerah dari hasil sawit, Bupati Sijunjung yang juga sebagai Sekretaris Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI), Benny Dwifa Yuswir mengikuti rapat internal AKPSI di Hotel Sari Pasific Jakarta, Selasa (6/9/2022) kemaren.

“Sebagai bagian dari peningkatan tata kelola industri sawit, Presiden Jokowi memerintahkan untuk dilakukan audit terhadap tata kelola yang berjalan saat ini. Pemerintah juga terus mengambil berbagai langkah untuk dapat mencapai target dari sisi hulu hingga hilir,”kata Bupati Benny Dwifa.

Ia menjelaskan kegiatan itu sebagai momentum untuk memperjuangkan kepentingan petani sawit.

“Rakor ini sangat penting, karena ini merupakan wadah kita untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat, termasuk di Kabupaten Sijunjung juga penghasil sawit. Sehingga dengan rakor ini bisa bersinergi antara satu daerah dengan daerah lainnya dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit,” ujarnya.

10 September 2022

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si terima penghargaan dari Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) karena telah berhasil melaksanakan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS) dalam percepatan penurunan stunting (indikator; 100% ODF terverifikasi Dinkes Provinsi Sumbar.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum HAKLI, Prof. Dr.H, Arif Sukantri, S.Km, M.Kes dan diterima Bupati Sijunjung diwakili Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah S.Pt di Auditorium Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekes Kemenkes), Jn. Raya Siteba, Surau Gadang, Kecamatan Naggalo, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu 10 September 2022.

Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan dalam acara Seminar Nasional “Kemitraan Strategis Organisasi Profesi HAKLI pada lintas sektor dan lintas program dalam mewujutkan percepatan penurunan stunting dan open Defecation Free (ODF) tahun 2024” serta pelantikan pengurus HAKLI Provinsi Sumatera Barat periode 2022-2027 dan Sumpah Profesi Tenaga Sanitasi Lingkungan yang dibuka oleh Ketua UMUM PP HAKLI Prof. Dr.H, Arif Sukantri, S.Km, M.Kes.

Penghargaan yang diterima Bupati Benny Dwifa ini bersamaam dengan 11 Bupati dan Wali Kota se Sumatera Barat beserta Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi Ansyarullah, SP diantaranya, Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, Wali Kota Solok, Zul Elfian, Wali Kota Payakumbuah, Riza Falepi, Walikota Bukittinggi, Erman Safar Walikota Padang, Hendri Septa, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Walikota Pariaman, Genius Umar, dan Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta.

15 September 2022

Upaya Pemkab Sijunjung untuk menjadikan Geopark Silokek sebagai destinasi wisata dunia dan berada di bawah UNESCO sudah di depan mata. Bahkan Geopark Silokek ditargetkan akan tergabung ke dalam UNESCO Global Geopark (UGG) menjelang tahun 2024 mendatang.

Pemanfaatan kawasan (Geopark) dalam rencana pembangunan daerah berkelanjutan yang dikemas Pemkab Sijunjung sejak beberapa tahun terakhir terus dimaksimalkan. Hal itu dibuktikan dengan masuknya Geopark Silokek dalam nominasi daerah yang akan diakui oleh UNESCO selama dua tahun berturut-turut.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa menjelaskan bahwa, Kawasan Geopark Silokek meliputi delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Sijunjung. “Konsep geopark ini mencakup pembangunan daerah secara menyeluruh, seluruh kecamatan akan termasuk di dalamnya. Bukan pada satu titik saja, karena disana ada program peningkatan ekonomi kreatif, UMKM dan sebagainya,” tutur Bupati.

Pemkab Sijunjung mengupayakan agar Geopark Silokek ini menjadi sebuah destinasi yang diakui dunia. “Ini merupakan salah satu konsep pembangunan daerah secara berkelanjutan, yang nantinya mampu menjadi ikon bagi Kabupaten Sijunjung,” ujar Benny Dwifa.

19 September 2022

Ombudsman RI Perwakilan Sumbar tèrnyata memuji Pemkab Sijunjung, Sumbar, telah melahirkan Forum Pelayanan Publik (FPP) Kabupaten Sijunjung.

Untuk diketahui Ombudsman, adalah ruh dalam berbagai bentuk implementasi pelayanan publik yang dilakukan pemerintah/kementerian/lembaga sebagai penyelenggara pelayanan publik.

Hal itu disampai Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, Yefri Heriani, saat diskusi dengan Forum Pelayanan Publik (FPP) Kabupaten Sijunjung.

22 September 2022

Dampak stunting sangat luar biasa kepada generasi penerus yang merupakan calon para pemimpin yang saat ini mulai tumbuh. “Tentu kita tidak menginginkan para generasi yang lemah, baik fisik maupun cara berfikirnya”.

“Data SSGI 2021, kita memiliki prevelensi 30,1 persen. Sedang target yang disampaikan presiden yakni 14 persen pada tahun 2024. Maka kita perlu melakukan penurunan stunting”.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting saat membuka kegiatan Identifikasi Audit Kasus Stunting di Operation Room Kantor Bupati setempat, Rabu (21/9/2022).

Menurut Wabup Radi, dengan kegiatan ini mari kita ambil peran masing-masing karena langkah percepatan penurunan stunting sudah ada cara baku yang perlu kita laksanakan. Salah satunya demi optimalnya penurunan prevalensi stunting maka kita perlu mengidentifikasi dengan baik di lapangan, sehingga data yang didapatkan benar-benar kongkrit

27 September 2022

Sebanyak 1000 mahasiswa dan dosen pembimbing Universitas Baiturahmah Padang akan mengadakan kegiatan Universitas Social Responsibility (USR) di Kabupaten Sijunjung.

Hal ini disampaikan oleh Rektor universitas Baiturrahmah, Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS kepada Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S. STP. M. Si pada saat berkunjung di ruang pertemuan rektor Baiturahmah Padang Pada Senin 26 September 2022.

“Kegiatan USR ini adalah yang ke-6 dilakukan oleh Baiturrahmah. Dipilihnya Kabupaten Sijunjung dalam kegiatan USR tahun 2022 ini adalah karena adanya hubungan kedekatan Universitas Baiturahmah dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung, “ujar Rektor, Musliar Kasim.

Kegiatan USR ini lanjut Musliar Kasim, fokus pada upaya pengenalan mahasiswa di tengah masyarakat sekaligus menggali potensi yang ada di lokasi pelaksanaan.

28 September 2022

Nagari Kamang, Kecamatan Kamangbaru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, dinobatkan sebagai
Desa Wisata Sumbar (Sideta) tahun 20222.

Apresiasi itu diraih Walinagari Kamangbaru, Syafri,S.Sos sebagai juara tiga dalam Apresiasi Sideta tahun 2022 tingkat Provinsi Sumaterabarat. Selain menerima piagam, dan tropi Nagari Kamang juga dapat bonus pembinaan sebesar Rp.15 juta.

Dalam penganugrahan tersebut, Walinagari Kamang juga didampingi Kadis Parpora Sijunjung, Afrineldi,SH. “Alhamdulillah kita meraih juara tiga dalam kategori Sideta,”kata Kadis Parpora itu.

4 Oktober 2022

Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, pada Selasa (4/10/2022) di Balairung Lansek Manih, Kantor Bupati melaunching Aplikasi Sistem Informasi JOB / Ketenagakerjaan (SIJOKER) di Dinas Nakertrans Sijunjung.
Selain disaksikan Wabup H. Iraddatillah, S.Pt, Asisten juga disaksikan Kadis Nakertrans Sijunjung, Khamsiardi, S.STP, M.Si serta dihadiri para pimpinan OPD, Camat dan undangan lainnya, termasuk Ketua Forum Pelayanan Publik juga hadir.

Kadis Nakertrans Sijunjung, Khamsiardi, S.STP, M.Si, dalam laporannya mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan tersebut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan kegiatan itu sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan lnformasi Publik.

7 Oktober 2022

Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir dan Iraddatillah mengikuti launching Minang Geopark Run 2022 di Hotel Balairung Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Kegiatan tersebut merupakan rencana pergelaran event Minang Geopark Run di Ranah Lansek Manih pada 3-4 Desember 2022 mendatang.

Pada kesempatan itu, Ketua Pelaksana Minang Geopark Run menyebut event itu bertujuan untuk mengajak masyarakat terutama para pelari untuk berolahraga bersama sambil menikmati keindahan alam serta budaya di kawasan Geopark Sumbar.

“Insyallah event minang geopark run ini akan kita dilaksanakan di Kabupaten Sijunjung Desember mendatang untuk mengupas keindahan satu dari sekian banyak geopark yang masih tersembunyi dan sangat asri di Sumbar,” sebutnya.

13 Oktober 2022

Sejak 12 tahun terakhir, baru kali ini Pemerintah Kabupaten Sijunjung, meraih perinkat 44 kabupaten/kota terbaik dari 431 daerah yang ada di Tanah Air.

Itu hasil penilaian Indeks Pencapaian Pemerintahan versi penilaian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Depdagri tentang koordinasi, supervisi dan pencegahan korupsi oleh pemerintah daerah.

Tak hanya itu, di Sumatera Barat, Pemerintahan Benny Dwif Yuswir, S.STP,M.Si – H. Iraddatillah,S.Pt “Benny-Rady” (Bupati-Wabup Sijunjung-red) itu, justeru berhasil mèraih terbaik Indeks Pencapaian Pemerintahan versi penilaian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Depdagri tentang koordinasi, supervisi dan pencegahan korupsi oleh pemerintah daerah.

“Alhamdulillah, hasil perjuang keras kita bersama, menempatkan Pemkab Sijunjung pada peringkat 44 dari 431 kabupaten/kota (pada perolehan tahun sbelumnya-red), hasil Pencapaian Pemerintahan versi penilaian KPK,”kata Inspektur Daerah Sijunjung, Welfiadril, Ap, S.Sos, MPd, CGCAE

13 Oktober 2022

Kader Posyandu Kabupaten Sijunjung kembali mengukir prestasi di tingkat Provinsi Sumatera Barat, tentu ini kebanggaan bagi kita bersama,
Demikian di ungkapkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa kepada media ini pada Rabu, (12/10/2022).

Nama Kader Iva Gustika Murni, dari kader Posyandu Mekar Indah, Nagari Sumpur Kudus Selatan, Kecamatan Sumpur berhasil meraih juara I sebagai kader posyandu berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Penetapan kader posyandu Mekar Indah Kecamatan Sumpur Kudus keluar sebagai terbaik I kader posyandu berprestasi kategori kabupaten tingkat Provinsi Sumatera Barat berdasarkan Keputusan Gubernur Sumatera Barat nomor 411.4-713-2022 tanggal 28 september 2022.

17 Oktober 2022

Irfan beserta staf Asisten Komisioner KASN Wilayah 2 Pemprov Jabar, Senin (17/10/2022) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pemkab Sijunjung, Sumatera Barat.

Irfan dan rombongan diterima dan disambut langsung oleh Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si dan Sekdakab, DR. Zefnihan, AP.M.Si di ruangan rapat bupati.

Selain bupati dan Slsekdakab, rombongan Asisten Komisioner KASN Wilayah 2 Pemprov Jabar itu juga disambut Kepala BKP SDM, Riky Mainaldi Neri, S.STP, M.Si, Kadis Kominfo David Rinaldo,S.STP dan sejumlah pimpinan OPD lainnya juga ikut.
Kepala BKP SDM, Riky Mainaldi Neri, S.STP, M.Si, menyebutkan, kedatangan Asisten Komisioner KASN Wilayah 2 Pemprov Jabar itu sebagai narasumber dalam pertemuan dengan Bupati Sijunjung.

17 Oktober 2022

Pada Senin (17/10/2022) sore, Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, kembali mengukuhkan DR. Zefnihan, AP, M.Si, sebagai Sekdakab Sijunjung.

Pelantikan dan pengukuhan itu sesuai surat keputusan (SK) Bupati Sijunjung ber-Nomor : 821.22/300/BKPSDM-2022 tanggal 17 Oktober 2022 yang ditandatangani Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP,M.Si.

Hal itu dibenarkan Kepala BKPSDM Riky Mainaldi Neri,S.STP,M.Si kepada Jurnalsumbar.Com, Senin (17/10/2022). “Ia, rencananya pak Sekda dikukuhkan sore (17/10/2022-red) ini di operationroom kantor bupati,”kata Riky.

19 Oktober 2022

Bupati Kabupaten Sijunjung juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kwarcab 0303 Gerakan Pramuka Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir mendapat Piagam Penghargaan Lencana Darma Bakti dari Kwartir Nasional (Kwarnas) gerakan pramuka.

Penghargaan tersebut diserahkan lansung oleh Wakil Gubernur Sumbar sebagai Ketua Kwartir Daerah 03 Sumatera Barat, Audy Joinaldy saat upacara Hari Pramuka ke 61 Tingkat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumbar di Lapangan Merdeka Kota Solok, Rabu (19/10/2022).

Wakil Bupati Sijunjung selaku Ketua Kwarcab 0303, Iraddatillah, Wakil ketua kwarcab 0303, Sepman Hadi dan andalan binawasa M Rasyidi juga mendapatkan penghargaan tersebut.

Kemudian, Wakil sekretaris kwarcab, Carly marlinton Okta Winra, Zilal dharma, Dwi Eko putra, Zulpitri, Fakhrurrazi hidayah selaku andalan kwarcab meraih penghargaan lencana karya bakti.

Seperti yang kita ketahui, Penghargaan itu duberikan menandai seseorang telah memberikan jasa dan pengabdiannya yang besar artinya dan dinilai bermanfaat bagi perkembangan Gerakan Pramuka dan gerakan kepramukaan di dunia.

Allhamdulillah hari ini saya selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kwarcab 0303 Gerakan Pramuka Sijunjung bersama kakak-kakak yang lain mendapat Piagam Penghargaan dari Kwartir Nasional (Kwarnas),”ungkap Bupati Benny kepada MC Sijunjung seusai menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan ini kita terima sebagai apresiasi dari kwarnas terhadap pramuka di seluruh wilayah di Provinsi Sumbar.

22 Oktober 2022

Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah, S.Pt didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Sijunjung, Yofritas, ST. MT dan Sekretaris Dinsos PPPA, Mukharlis “bertandang” berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat pada Jum’at 21 Oktober 2022.

Kunjungan dalam rangka silaturahmi dan menindaklanjuti kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sijunjung dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB)beberapa waktu yang lalu ini sekaligus dalam rangka menginisiasi pengusulan almarhum Prof.Dr. H. Ahmad Syafi’i Ma’arif sebagai calon Pahlawan Nasional.

Kunjungan Wabup Iraddatillah bersama Kadis PPPA, Yofritas ini disambut langsung oleh Rektor UMSB, Dr. Riki Saputra, MA didampingi Wakil Rektor III Moch. Abdi, S.E.,M.M., beserta Tim Lembaga Kerjasama UM Sumatera Barat, Efriyoni MA, Ibu Khoyriyah, M.H.I, Dr.Teguh Haria Aditiya Putra, MP, dan Isral Naska, MA di Convention Hall Prof.Dr. H. Ahmad Syafi’i Ma’arif, M.A, Kampus I UMSB Padang.

Wabup Iraddatillah pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas sambutan dan kerjasama dari UMSB dengan Pemerintah Kabupaten Sijunjung serta mengucapkan terima kasih atas inisiasi peran aktif UMSB yang telah melaksanakan pendirian Museum Rumah Kecil Buya Ahmad Syafi’i Ma’arif di Nagari Sumpur Kudus Selatan Kecamatan Sumpur Kudus melalui peran aktif mahasiswa UMSB yang sedang melaksanakan KKN di nagari tersebut.

24 Oktober 2022

Masuk dalam 10 besar keterbukaan Informasi Publik kategori Pemerintah Kabupaten/Kota, PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Kabupaten Sijunjung, Tim Verifikasi Faktual Monitoring dan Evaluasi Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat, kunjungi Kabupaten Sijunjung.

Rombongan Komisi Informasi (KI) Sumbar ini dipimpin oleh Waka KI Sumbar Arif Yumardi didampingi Komisioner KI Sumbar Tanti Endang Lestari serta staf KI Yuhandra, untuk verifikasi faktual dari PPID Utama Kabupaten Sijunjung yang berada dibawah Dinas Kominfo, bertempat di PPID Dinas Komifo Sijunjung, Kantor Bersama lantai dasar, Senin (24/10).
Pada kesempatan itu, Tim Verifikasi Faktual Monitoring dan Evaluasi Komisi Informasi Provinsi Sumbar disambut langsung, Kepala Dinas Kominfo Sijunjung, David Rinaldo, Kepala Bidang PIKP Sri Rosia Revandiani, Sub Koordinator Kemitraan dan Layanan Informasi Publik, Janaka Adisran, Sub Koordinator Kehumasan Hendru Young beserta jajaran.

Kepala Dinas Kominfo Sijunjung, David Rinaldo mengucapakan selamat datang dan terimakasih kepada Tim Verifikasi Faktual Monitoring dan Evaluasi Komisi Informasi Provinsi Sumbar.

7 November 2022

Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, H. Iraddatillah, S.Pt didampingi Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Sijunjung, Ir. Ronaldi dan sejumlah Kabidnya, pada Senin (7/11/2022) menyambangi Kementerian Pertanian RI di Jakarta.
Di Kementerian Pertanian RI itu, Wabup dan rombongan diterimam Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasni Qalbi di Safety House Pajetan Barat, Jakarta Selatan.

Dalam kunjungan kerja (Kunker) tersebut, Wabup dan Kadis Pertanian dan rombongan melakukan audiensi dengan Wamen Pertanian RI, Harvick Hasni Qalbi dengan penuh keakraban.

Ir. Ronaldi Kadis Pertanian Sijunjung
Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Pertanian Sijunjung, Ir. Ronaldi. “Ia, saya bersama Wabup dan kawan-kawan berkunjung Kementerian Pertanian dan.langsung disambut Wamen,”ucap Ronaldi dibalik handphone selularnya, Senin (7/11/2022) sore.

12 November 2022 |

Bukti kepedulian dan dukungan terhadap Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di daerah. Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP. M.Si terima penghargaan LPM Award dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LPM Republik Indonesia sebagai Kepala Daerah yang berkontributif

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua DPP LPM RI, DR. H. Ahmad Doly Kurnia Tandjung kepada Bupati Sijunjung Benny Dwifa di LePolonia Hotel & Convention, jalan Jenderal Sudirman no 13-18 Madras Hulu Medan Sumatera Utara pada Jum’at 11 November 2022 malam.

Kegiatan pemberian LPM Award ini dilaksanakan pada acara Temu Kader Nasional LPM RI se Indonesia yang dibuka Menteri Dalam Negeri diwakili Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Direktorat Kemendagri, Dr. Eko Prasetyanto, M.Si dan dihadiri Ketua DPD LPM Sumut, Drs. H. Hasan Said, S.Ip beserta Ketua DPD Provinsi LPM se Indonesia, Gubernur beserta Unsur Forkopimda Sumatera Utara, Walikota Medan, serta Ketua dan Pengurus DPD LPM Kabupaten/Kota se Indonesia.

Penghargaan LPM Award yang diterima Bupati Sijunjung Benny Dwifa ini diraih hanya oleh 7 orang kepala daerah se Indonesia, diantaranya,; Bupati Maros Sulawesi Selatan, H.A. S. Chaidir Syam, S.Ip, MH, Walikota Medan Sumatera Utara, M. Bobby Afif Nasution, SE, MM, Walikota Pekanbaru Riau, Muflihun, S.STP, M. A.P, Walikota Bandung Jawa Barat, H. Yana Mulyana, SE, MM, Pj. Bupati Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung, DR. Zaidirina, SE, M.Si, dan Bupati Temanggung Jawa Tengah, H. M. Al Khadziq.

17 November 2022

Tabliq Akbar yang gelar oleh Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Di Masjid Agung Istiqlal Muaro Sijunjung , Rabu (16/11/2022) malam dengan penceramah Yahya Zainul Ma’arif atau yang lebih akrab di sapa Buya Yahya, dibanjiri Jamaah.

Ribuan jamaah baik lingkup ASN dan Non ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Sijunjung  maupun masyarakat tampak hadir memadati  Masjid Agung Istiqlal Muaro Sijunjung.
Seperti yang kita ketahui, Tabligh akbar ini merupakan safari dakwah yang dilakukan Buya Yahya Albahjah di tiga titik daerah di Sumatera Barat, yakni di Masjid Raya Sumbar, Masjid Al Hidayah Sijunjung, dan yang terakhir di Masjid Istiqlal Muaro Sijunjung.

Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah menyambut baik kedatangan buya Yahya di Sijunjung Ranah Lansek Manih ini.

26 November 2022

Target pembangunan jaringan fiber obtik di semua ibu kota Kecamatan se-Kabupaten Sijunjung akhirnya tercapai 100%  pada tahun 2022.

Hal ini merupakan Komitmen Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir bersama Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Bupati-wabup Sijunjung, Benny-Radi
Berbagai macam terobosan dan inovasi telah dilakukan Pemimpin muda ini semenjak dirinya menjabat, salah satunya adalah tekadnya untuk mewujudkan pembangunan jaringan telekomunikasi di semua ibu kota Kecamatan se-Kabupaten Sijunjung bahkan sampai ke tingkat nagari.
Pencapaian tersebut di prakarsai PT.

Telkom witel Sumatera Barat (Sumbar) bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Sijunjung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) di bawah pimpinan David Rinaldo.

1 Desember 2022

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok (BPJamsostek) bersama Pemerintah Kabupaten Sijunjung terus berupaya memaksimalkan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi masyarakat melalui Forum Kepatuhan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok Maulana Anshari Siregar, mengapresiasi kinerja dan Komitmen Pemerintah Kabupaten Sijunjung untuk terus memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat pekerja di Kab. Sijunjung.

“Kami mengapresiasi Bapak Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung yang bergerak cepat dan menjadi yang pelopor di Provinsi Sumatera Barat yang berinovasi melindungi masyarakat pekerja rentannya atas risiko ketenagakerjaan melalui BPjamsostek dengan pembiayaan melalui APBD untuk 1.333 Pekerja Rentan Sejak Bulan Maret 2022,” ujarnya.

Melalui komitmen tersebut Coverage Kepesertaan semula masih belasan persen kini telah mencapai 20%. Artinya dari 100 orang masyarakat sijunjung pekerja yang memiliki NIK Kabupaten Sijunjung, 20 orang sudah terlindungi manfaat BPJasmsostek dan Insya Allah angka tersebut akan terus bertambah dengan adanya tim kepatuhan.

4 Desember 2022

Event Minang Geopark Run (MGR) tahun 2022 yang di selenggarakan di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat , Minggu  (4 Desember 2022) berjalan sukses.

Minang Geopark Run”, berlari sambil menikmati destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Sijunjung itu diikuti  500 peserta dari dalam dan luar negeri.
MGR 2022 terbagi menajdi dua kategori diantaranya, kategori Ultra 55 KM menempuh start pukul 06.30 Wib di RTH Logas-Jln. Lansek Manih-DPRD-Muaro Bodi-Jln. Adinegoro-Pasar Tanjung Ampalu-Padang Laweh-SAMSAT-Rest Area Silokek (finish).

MGR 2022 kategori 13 KM rutenya RTH Logas (start) menuju Simpang Logas dan finish di Rest Area Silokek.
Dengan berjalan suksesnya MGR tahun 2022 ini, Pemerintah Daerah Sijunjung merencakan akan mengadakan Cycling dan event-event lain pada tahun 2023 mendatang.

6 Desember 2022

Pemkab Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, berhasil meraih penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Terbaik TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah) Wilayah Sumatera.
Penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Menkominfo) Jhonny G. Plate itu diterima langsung diterima Bupati Sijunjung diwakili Sekdakab, Dr. Zefnihan AP,M.Si Selasa (6/12/2022) di Hotel Le Meridien Jakarta.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengumumkan pemenang Championship TP2DD untuk wilayah Sumatera, tingkat provinsi terbaik pertama diraih Provinsi Sumatera Utara, disusul Sumatera Barat (Sijunjung) dan Riau dan untuk tingkat kota wilayah Sumatera.

Usai menerima penghargaan dari Menkominfo, Bupati Sijunjung diwakili Sekdakab, Dr. Zefnihan AP,M.Si, mengungkapkan pembangunan daerah dan pengembangan digitalisasi saat ini adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan.

8 Desember 2022

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung, Sumatera Barat, berhasil meraih penghargaan Anugrah Meritokrasi ASN tahun 2022 kategori baik. Anugerah tersebut diberikan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) kepada Pemkab Sijunjung yang berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam  manajemen ASN.

Piagam penghargaan itu diberikan oleh Ketua KASN Prof. Agus Pramusinto kepada Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dalam acara Anugerah Meritokrasi: Penyerahan Hasil Penilaian Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN Kepada Instansi Pemerintah Kategori Sangat Baik dan Baik, di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Bupati Benny Dwifa Yuswir mengatakan, keberhasilan Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam mencapai penerapan sistem merit kategori baik, merupakan buah dari kerja keras seluruh jajaran Pemkab Sijunjung yang sudah berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam  manajemen ASN.

“Keberhasilan ini merupakan hasil dari komitmen Pemkab untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi melakukan pembinaan dengan KASN dalam menerapkan sistem merit,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Anugerah Meritokrasi adalah apresiasi dan terima kasih atas komitmen dan dukungan dalam optimalisasi dan akselerasi penerapan Sistem Merit dalam Kebijakan dan Manajemen ASN di lingkungan Instansi Pemerintah.

12 Desembee 2022

Di Penghujung Tahun 2022 Kabupaten Sijunjung dibawa pimpinan Bupati-Wabup, Benny Dwifa Yuswir,S.STP, M.Si – H. Iraddatillah, S.Pt, berhasil meraih penghargaan Tingkat Nasional.

Kali ini penghargaan diberikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI pada acara puncak Peringatan Hari HAM Sedunia ke-74 Tahun 2022 yang bertema ‘Pemajuan HAM untuk Setiap Orang Menuju Indonesia Maju’.

Bupati-Wabup Sijunjung, Benny-Radi
Pada acara yang dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly di Golden Ballroom Hotel Sultan & Residence Jakarta, pada Senin (12/12/2022), Kabupaten Sijunjung berhasil meraih penghargaan sebagai Kota/Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia.

Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa Peringatan Hari HAM Sedunia merupakan momen reflektif bagi seluruh negara dan bangsa dalam menghormati dan memajukan hak asasi manusia secara universal

15 Desember 2022

Pemkab Sijunjung, Sumatera Barat, patut berbangga atas adanya pengelolaan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PDAM SanjungTirta Buana secara baik.

Betapa tidak, sejak PDAM itu berdiri selalu mengalami kemerosotan dan mangkrak dan ibarat matisuri. Namun sejak Doni Novriadi,SH, dilantik pada era Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin pada 30 Desember 2016 lalu, sejuta harapanpun tertumpang pada pengusaha muda itu.

Dengan kepercayaan yang diberikan kepada Doni, ia pun mulai membenahi perusahaan milik Pemkab Sijunjung yang ketika itu posisinya tidak sehat alias minus.

“Saat saya terima, pendapatan PDAM minus, dan operasional tidak tertutupi hingga Rp100 juta/perbulannya kala itu,”kata mantan Ketua Gapensi Sijunjung itu kembali berkisah.
“Sehingga membuat PDAM Mangkrak dan tak bergerak,” ucap Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana, Doni Novriadi, SH, berkisah pada Pemimpin Redaksi (Pemref) Jurnalsumbar.Com Saptarius pada Kamis (15/12/2022).

Dan labanya pun mencapai Rp2 milyar. “Haru lebih ditingktkan pelayanannya,”harap Bupati Benny Dwifa Yuswir.

15 Desember 2022

Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S.STP,M.Si, di dampingi Wakil Bupati, Iraddatillah menyambut gembira pelaksaan Universitas Sosial Responsibility (USR) Baiturrahmah di Kabupaten Sijunjung.

Penyambutan tersebut di laksanakan di Perkampungan Adat, Nagari Sijunjung, pada Kamis (15 Desember 2022).

Saya menyambut gembira karena dengan kegiatan ini sedikit banyak akan membantu masyarakat diantaranya meningkatkan pengetahuan dan ikut mencerdaskan masyarakat khususnya diwilayah khususnya Nagari Sijunjung.

Ia berharap kepada peserta Universitas Baiturrahmah yang akan mengadakan USR , yang melakukan kegiatan kegiatan yang bersitat social tersebut dapat membantu masyarakat dalam bidang pelayanan Kesehatan, social dan keagamaan, juga dapat memberikan masukan bagi kita untuk bahan perbaikan pada masa mendatang.

Kembangkan ilmu saudara agar semakin kreatif dan inovatif  Sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi percepatan penggalian dan pemanfaatan potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia Nagari bagi kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sijunjung,”pesannya.

Ketua Panitia USR Baiturrahmah ke-VI, Edi Suandi menyebut, kegiatan tersebut dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi, mulai dari Rabu (14/12/2022) hingga Sabtu (17/12/2022).

“Selama empat hari kami akan melakukan pendidikan dan edukasi, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat Sijunjung,” tutur Edi yang juga Pemimpin Perusahaan Jurnalsumbar.Com itu.

“Sementara untuk mahasiswa yang mengikuti USR Baiturrahmah kaliini berjumlah 642 orang. Selanjutnya, 90 orang dokter spesialis dan mahasiswa koas, serta rektor dan civitas akademika Universitas Baiturrahmah,”jelasnya.

Di Desember itu, UNES MoU dengan Pemkab Sijunjung dalam membantu percepatan semua bidang yang di butuhkan, terutama potensi daerah di bidang pendidikan, peningkatan ekonomi, pertanian dan pariwisata dengan 248 orang dosen dan 8 ribuan mahasiswa yang siap membantu.

“Dengan telah ditandatangani kesepakatan bersama ini diharapkan kedepannya akan berkelanjutan dan berjalan dengan baik,“ tutupnya. 

Selain itu, Memorandum of Agreement (MoA) juga dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Sijunjung bersama Fakultas Fisipol Unes Padang dalam rangka mewujudkan hubungan kerjasama antara Kedua Belah Pihak dalam Upaya Pelaksanaan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Penataan dan Pengembangan Kebijakan Nagari serta sebagai mitra strategi dalam mendukung Percepatan Pembangunan Nagari melalui Tridharma Perguruan Tinggi. 

Di Desember 2022, Pemkab Sijunjung lajukan sosialisasi menuju Satu Data yang Berkualitas Kabupaten Sijunjung Menjadi Kabupaten Statistik pada Tahun 2023.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan tersebut untuk mewujudkan Satu Data yang Berkualitas Kabupaten Sijunjung Menjadi Kabupaten Statistik pada Tahun 2023.

Deputi Stastik Produksi BPS RI, M.Habibullah,S.Si,M.Si, juga sangat mengapresiasi Sosialisasi dan Pencanangan Kabupten Sijunjung Menuju Kabupaten Stastik di Indonesia pada 2023 itu dan kegiatan itu diawali laporan Kadis Kominfo, David Rinaldo,S.STP.

23 Desember 2022

Forum Pelayanan Publik (F. Yanlik), yang diketaui, Saptarius (Wartawan Utama), pada Jumat (23/12/2022) bertemu Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan tersebut, F.Yanlik beranggotakan Saptarius (Wartawan Utama/Ketua Forum Yanlik), Fajar Seftrian, SE (Sekretaris F.Yanlik) Syukri,Lc (Ketua MUI Sijunjung/anggota), dan Drs.Khairuddin (Mantan Pamong/anggota).

Tim F.Yanlik Kabupaten Sijunjung yang didampingi Ketua Tim Penilaian Internal KPP dan IPP tingkat Kabupaten Sijunjung, dr.H.Edwin Suprayogi, M.Kes, didampingi Sekretaris KPP IPP, Wandri Fahrizal, SH itu, menyampaikan hasil penilaian yang dilakukan Tim Independen  Penilaian KPP dan IPP sejak 5 Desember 2022 lalu.

Pada 2023, Pemkab Sijunjung akan memberi Reward Umroh Gratis pada ASN dan Non ASN.