Hadapi Erupsi Gunung Marapi, Bupati Eka Putra Keluarkan Delapan Imbauan

340

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Kesiapsiagaan terhadap bencana erupsi Gunung Marapi yang terjadi dalam tiga hari terus mengalami aktivitas cukup intens, sehingga Bupati Tanah Datar Eka Putra,Rabu(10/1) mengeluarkan imbauan setelah melakukan peninjauan ke beberapa titik di sekitar kaki Gunung Marapi.

Imbauan itu dikeluarkan Bupati sesuai pula informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sehubungan aktivitas erupsi semakin meningkat serta hasil koordinasi dengan Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sumatera Barat.

Delapan(8) imbauan yang dikeluarkan Bupati Tanah Datar Eka untuk masyarakat Tanah Datar Luhak Nan Tuo, pengunjung, wisatawan terutama yang berada sekitar Gunung Marapi,yakni,

1. Tidak melakukan aktivitas kegiatan pendakian Gunung Marapi, terutama dalam radius 3 KM dalam keaadan erupsi, Level II (Waspada).

2. Tetap tenang, tidak panik, tidak terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Marapi dan harap selalu berkoordisnasi dengan BPBD, PVMBG, KSDA Sumatera Barat dan mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar.

3. Memakai masker saat berada di luar rumah apabila terjadi pencemaran udara akibat abu vulkanik.

4. Mencuci bersih sayuran dan buah-buah sebelum dikonsumsi serta menutup tempat penampungan air bersih agar terhindar dari debu vulkanik.

5. Selalu waspada apabila sewaktu-waktu terjadi letusan Gunung Marapi disertai semburan abu vulkanik dan lontaran batu pijar.

6. Kepada Kepala OPD terkait untuk dapat segera melaksanakan tugas pokok dan fungsinya untuk segera menyiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk rencana kontijensi dan mitigasi erupsi Gunung Marapi.

7. Kepada Camat dan Wali Nagari untuk melakukan pengawasan kepada masyarakat terhadap dampak dari pada erupsi Gunung Marapi.

8. Untuk keadaan darurat bencana dapat dihubungi posko Badan Penanggungalan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Datar – PUSDALOPS Nomor Tlp. (0752) 4416164; HP. 08126779561 – 08137498808 – habede

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here