Pengurus PWI Sumbar Dilantik, Atal S Depari: Konferensi Terbaik, Sumbar Gudangnya Tokoh Pers Nasional

Basril Basyar: Kita akan Benahi Organisasi

235

JURNAL SUMBAR | Padang – Sempat tertunda, akhirnya Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari melantik pengurus PWI Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) periode 2022-2027, pada Jumat, (13/1/2023), di Hotel Truntum Kota Padang, Sumatera Barat.

Pengurus yang dilantik merupakan hasil dari Konferensi Provinsi (Konferprov) XII PWI Sumatera Barat, pada Sabtu, 23 Juli 2022 lalu. Pada Konferprov itu, DR. IR. H. Basril Basyar, MM., terpilih sebagai ketua, mengalahkan rivalnya H Heranof Firdaus.

Pada kesempatan itu, Atal S Depari mengapresiasi panitia pelantikan.

Pasalnya, hanya dalam waktu dua hari, mereka mampu menyiapkan proses pelantikan yang menghadirkan Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi, Forkopimda, dan anggota DPRD Sumbar, HM Nurnas.

Selain itu, juga terlihat hadir sejumlah Kepala OPD, pimpinan BUMN dan BUMD serta seluruh pengurus PWI kabupaten dan kota.

Ada juga hadir ketua-ketua serta Ormas, sehingga ruangan yang berkapasitas 350 orang itu terlihat penuh.

“Tak mudah menghadirkan banyak orang dalam waktu dua hari. Apalagi itu gubernur dan Forkopimda. Lagi-lagi saya salut pada PWI Sumbar, setelah konferensi pemilihan ketua yang lalu. Menurut saya, itu adalah konferensi terbaik. Saya apresiasi langsung pimpinan sidang yang memimpin jalannya konferensi. Hebab dia,” kata Atal.

Maka untuk pertama kalinya di Indonesia, kata Atal, PWI Pusat memberikan penghargaan pada pimpinnan sidang konferprov yang diterima oleh Amiruddin, SH, MH. Penghargaan langsung diserahkan Bang Atal pada DR H. Amiruddin di sela-sela sambutannya.

Dikatakan Atal, Sumbar adalah gudangnya tokoh pers nasional. Banyak wartawan hebat yang lahir di Sumbar.

Bahkan mereka termasuk para pendiri bangsa dan pahlawan nasional. Wartawan yang sastrawan, wartawan yang juga ulama, wartawan yang juga pendidik dan lainnya.

“Kami bangga dengan Sumbar. Banyak tokoh pers yang lahir di sini dan kami yakin, di masa mendatang akan lahir lagi tokoh pers yang hebat-hebat dari Sumbar ini,” ujarnya.

Atal pun mengaku, pelantikan PWI Sumbar kali ini adalah istimewa.

Sebab, pelantikan dihadiri sejumlah Ketua dan pengurus PWI dari sejumlah provinsi di Indonesia.

Terlihat hadir Ketua PWI Riau, Zulmansyah, yang memboyong sejumlah pengurus PWI Riau. Juga hadir Mulyadi dari PWI Sumut, dari PWI Sumsel, Jambi dan lainnya.

“Ini sangat istimewa. Belum pernah terjadi, pelantikan pengurus PWI Provinsi, dihadiri sejumlah provinsi lain. Ini yang pertama terjadi,” ujar Bang Atal dalam sambutannya.

Foto Bersama Usai Pelantikan Pengurus PWI Sumbar Periode 2022-2027 yang Dilantik Oleh Atal S Depari, Ketua Umum PWI Pusat. (foto.ist)

Sementara itu, Basril Basar sendiri mengaku akan melakukan pembenahan organisasi PWI Sumbar pasca dirinya dilantik untuk jabatan yang sama untuk ketiga kalinya.

“Kita akan melakukan pembenahan organisasi, disamping memperkuat kompetensi wartawan yang ada di daerah ini,” katanya.

Tak lupa, Basri Basyar menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya proses pelantikan tersebut.

Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi, mengucapkan selamat kepada pengurus baru. “Saya yakin, kedepan PWI Sumbar semakin kompak,”katanya.

“Mudah-mudahan dengan telah dikukuhkan hari ini, PWI Sumbar akan lebih solid dan lebih kompak. Kita harus tingkatkan solidaritas. Kita setuju bahwa pelantikan PWI Sumbar itu yg terbaik di Indonesia, dalam bekerja bisa cepat menunjukkan bahwasanya semuanya kompak dan bersatu. Dan kita berharap untuk pembinaan wartawan, peningkatan kompetensi wartawan kedepan akan lebih baik lagi dibawah pimpinan PWI Sumbar,” ujar gubernur. *