Dihadiri Tokoh Daerah dan Nasional, Puncak HJK Sijunjung ke-74 Sukses

HLP

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung ke-74, pada Sabtu (18/2/2023) diperingati.

Peringatan HJK Sijunjung ke-74 itu ditandai dengan sidang paripurna istimewa DPRD setempat.

Sebelum sidang paripurna istimewa DPRD dimulai, rombongan Sekjend Mendagri dan Gubernur Sumbar serta undangan lainnya disambut tari tradisional.

idul adha

Di gedung DPRD, sebelum acara dimulai, kegiatan diwarnai penyerahan santunan BPJS dan peluncuran Sistem Merit Sijunjung BA I K.

Ketua DPRD Sijunjung, BSI, buka sidang istimewa DPRD HJK ke-74

Sidang Paripurna Istimewa DPRD di HJK ke-74 itu dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Bambang Surya Irawan. Ketua DPRD didampingi Wakilnya, Syofyan Hendri dan Radi Susilo dan dihadiri anggota DPRD setempat.

Selain dihadiri Bupati-Wabup Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, Iradatillah, juga dihadiri Sekdakab Zefnihan, unsur Forkopimfa Sijunjung, Ketua TP PKK, Ketua GOW , para bupati/walikota se-Sumbar juga hadir termasuk sejumlah tomas, unsur parpol dan ormas serta undangan provinsi tetangga juga hadir di acara HJK ke-74 Sijunjung tersebut.

Dalam sidang paripurna tersebut, Ketua DPRD juga menyampaikan berbagai hal tentang kemajuan Sijunjung.

Hari Jadi ke-74 Kabupaten Sijunjung (Sumbar) diperingati dengan Rapat Paripurna DPRD Sijunjung, dan bertabur dengan kehadiran tokoh-tokoh daerah hingga tokoh nasional, pada Sabtu (18/2/2023) itu.

Tampak hadir Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, SP., Ketua Umum Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati, Bupati/Wako se-Sumbar, mantan Bupati Sijunjung dua periode Drs. H. Yuswir Arifin, MM., Ketua LKAAM Sijunjung Epi Radisman Dt Panduko Alam, SH., Mantan Pimpinan DPRD Sijunjung, seperti Mukhlis R, Rayendra Rasyid dan mantan Wabup Mukhlis Anwar.

Dari tokoh nasional hadir langsung dalam Hari Jadi ke-74 Kabupaten Sijunjung ini Sekjen Kemendagri Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si., Anggota Komisi II DPR-RI Guspardi Gaus dan sejumlah tokoh perantau Sijunjung yang sengaja pulang kampung.

Epi

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP., M.Si yang didampingi Wakil Bupati H. Iraddatillah, S.Pt, mengatakan bahwa peringatan Hari Jadi ke-74 dilakukan dengan meriah, puluhan agenda kegiatan dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Rangkaian kegiatan sudah dimulai sejak 18 Januari 2023 lalu, dan puncaknya adalah Sidang Paripurna DPRD pada 18 Februari 2023.

Tema yang diangkat dalam Hari Jadi ini adalah “Bersama Berkontribusi, Berkolaborasi dan Berinovasi Menuju Sijunjung yang Lebih Baik”, menunjukkan bahwa Pemda merangkul semua potensi yang ada dan memajukan Sijunjung untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Gubernur Mahyeldi, SP dalam sambutannya mengatakan, kemajuan suatu daerah tidak bisa sendiri, tetapi ditopang oleh daerah-daerah tetangganya. Karena itu kolaborasi dan sinergitas diperlukan untuk memajukan suatu kawasan sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Kabupaten Sijunjung, kata Mahyeldi, dengan potensinya yang ada dapat berkembang terus. Tidak saja dari sisi perkebunan, pertambangan, tetapi juga pariwisata alam yang terkenal dengan kawasan Geopark Silokek yang sudah mendunia.

Sementara itu, Ketum LKAAM Sumbar Dr Fauzi Bahar Dt Nan Sati yang diminta komentarnya seusai sidang paripurna DPRD mengatakan, bahwa Kabupaten Sijunjung memiliki potensi yang luar biasa, terutama di bidang perkebunan, seperti kelapa sawit, coklat, kelapa dan karet. Ini merupakan modal dasar yang harus ditindaklanjuti dengan pembangunan industri pengolahan atau hilirisasi, sehingga memiliki nilai tambah dan menyerap tenaga kerja lokal.

Di Kabupaten Sijunjung, kata Fauzi Bahar Dt Nan Sati, juga terdapat potensi batubara, baru kapur, dan bahan mineral lainnya seperti emas, pasir besi, sirtu serta potensi tanah urug. Pemda harus berperan membuat regulasi, sehingga potensi yang ada itu dapat dikelola secara baik oleh investor dan masyarakat serta yang paling penting dikawal adalah tidak merusak lingkungan.

Sidang peringatan HJK Sijunjung ke-74 itu berlangsung sukses dan lancar. Tepat pukul 12.18 WIB, Sidang Paripurna Istimewa DPRD itu ditutup Ketua DPRD Bambang Surya Irawan.Sebelum itu, Ketua DPRD Sijunjung, menyampaikan apresiasi pada Bupati-Wabup (Pemkab) Sijunjung berhasil meraih sejumlah prestasi dan juga menyampaikan pengjargaan pada semua pihak atas kehadiran pada kegiatan tersebut yang ditutup dengan pantun diucapkan Bambang Surya Irawan sambil mengetuk palu.

Kabag Persidangan DPRD Sijunjung, Doni Novrizon,SH,MM

Kabag Persidangan DPRD Sijunjung, Doni Novrizon,SH,MM, mengaku bangga atas telah terlaksananya sidang istimewa paripurna DPRD Sijunjung.

“Alhamdulillah, atas kolaborasi semua unsur, baik bagian Sekretariat DPRD maupun Sekretariat Pemkab, sidang istimewa paripurna DPRD di HJK Sijunjung ke-74, berjalan sukses dan lancar,”ucap mantan Kabid Dinas Perkim LH itu bangga didampingi Kasubag Humasnya Amirican.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.