Disaksikan Sekdako, Pemdes Kubang Tangah Salurkan BLT DD pada Warga

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Pemerintah Desa (Pemdes) Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) triwulan pertama (Januari, Februari dan Maret) Tahun 2023, pada Selasa 21 Februari 2023.

Penyaluran BLT DD di Desa Kubang Tangah itu disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Sawhlunto Dr.dr. Ambun Kadri, MKM.

Kepala Desa Kubang Tangah Rice menyebut jumlah warga yang mendapatkan BLT DD pada triwulan pertama 2023 itu adalah sebanyak 24 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“KPM ini ditetapkan dari Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) yang dilaksanakan bersama BPD. Untuk besaran bantuan yang diterima yakni senilai Rp300 ribu/bulan untuk masing-masing KPM,” kata Rice.

Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri, MKM, yang menghadiri langsung penyerahan BLT DD itu menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Pemdes Kubang Tangah atas gerak cepatnya dalam merealisasikan pemberian BLT DD.

Epi

“Kita mencatat, pada Tahun 2023 ini di Sawahlunto ini desa yang pertama kali melaksanakan penyaluran BLT DD adalah Desa Kubang Tangah. Tentu gerak cepat ini perlu kita apresiasi, karena kita yakin itu menunjukkan komitmen Pemdes Kubang Tangah dalam memberi stimulan (pemancing) perputaran ekonomi di tengah-tengah masyarakat,” kata Sekda Ambun Kadri.

Dalam kesempatan itu Sekda Ambun Kadri juga menyampaikan penjelasan bahwa memang pada Tahun 2023 ini di seluruh desa terjadi penurunan jumlah KPM BLT DD jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Perlu disampaikan bahwa penurunan jumlah KPM itu terjadi karena ada regulasi (peraturan) dari pemerintah pusat yang berbunyi bahwa BLT DD dibatasi maksimal sampai 25 persen dari Dana Desa. Padahal sebelumnya dibatasi sampai 40 persen, sehingga terjadi penurunan jumlah KPM,” ujar Sekda Ambun menjelaskan.

Namun disebutkan Sekda Ambun Kadri bahwa dengan dibatasinya BLT DD itu tidak membuat kesempatan warga untuk memperoleh bantuan pun langsung lenyap, karena masih ada sejumlah bantuan lain yang bisa diurus jika sesuai dengan kriteria atau syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Masih ada seperti bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT). Nanti tentu menyesuaikan dengan kriteria dan persyaratannya,” kata Sekda Ambun Kadri.hms swl/*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.