Bupati dan Wabup Sijunjung Disambut Sirih Cirano, Masyarakat Nagari Muaro Takuang Kamangbaru Berkaul Adat

HLP

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Di hari Ahad (12/3/2023), ribuan masyarakat Nagari Muaro Takuang, Kecamatan Kamangbaru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, memadati jalan menuju acara prosesi berkaul adat.

Mereka menyambut kedatangan pucuk pimpinan Pemkab Sijunjung. Diapik para pemangku adat, ninik mamak dan bundo kandung, Bupati-Wabup Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir,S.STP, M.Si – H. Iradatillah,S.Pt, serta Ketua DPRD Sijunjung, Bambang Surya Irawan dan unsur Forkopimda dan para pimpinan OPD lainnya, disambut meriah anak nagari.

idul adha

Bupati – Wabup Sijunjung, dan rombongan itu disambut dengan sirih cirano dan kesenian tradisional pencak silat.

Meriah, itulah yang tergambar. Rombongan bupati diarak ke anjungan tempat prosesi berkaul adat.

Bahkan banyak dari warga menyiarkan secara langsung via akun facebook mereka tentang kegiatan tersebut.

Epi

Kepala Dinas Kominfo Sijunjung, David Rinaldo, S. STP, membenarkan prosesi kegiatan berkaul adat itu.

“Yaa, saya ke Muaro Takuang, Kecamatan Kamangbaru, mendampingi bupati-wabup mengikuti prosesi berkaul adat. Semoga sukses dan lancar,”ucap Kadis Kominfo dibalik telepon selularnya, Minggu (12/3/2023).

David Rinaldo Kadis Kominfo Sijunjung

Untuk diketahui, kegiatan Tradisi Bakaua Adat di Nagari Muaro Takuang adalah ungkapan rasa syukur yang diluapkan oleh masyarakat atas berkat dan karunia dari Allah SWT atas hasil panen pertanian yang diberikan.

Disamping mensyukuri nikmat disertai berdoa atas rezeki yang diberikan dan semoga selalu dalam limpahan rezki tersebut. Kegiatan Bakaua Adat ini juga untuk menjalin silaturahmi dan kekompakan masyarakat Tani dalam menngarap pertanian sawah mereka.

“Alhamdulillah, Acara Bakaua Adat Nagari Muaro Takung Tahun 1444 H / 2023 H, Lapuak-lapuak Dikajangi, Usang-usang Dipabarui, Adat Lamo Pusako Usang disamping dihari oleh Bupati Sijunjung beserta Muspida juga dihadiri oleh Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qarar Dr H Sultan Muhamad Farid Thaib Tuanku Abdul Fattah,”tulis Pahrizal Dt Bagindo Sutan (Dt Pucuk) dalam akun facebooknya . edi cabdra/*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.