Pesona Tobek Loweh Parambahan, Progul Satu Nagari Satu Event Perdana Tahun 2023

362

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Festival Pesona Tobek Loweh Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum diselenggarakan, Sabtu(11/3) menjadi event perdana Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Event Kabupaten Tanah Datar Tahun 2023, yang dibuka resmi Bupati Eka Putra.

Dikatakan nya , sebenarnya event yang terangkum dalam Kalender Pariwisata Tanah Datar atau Calender of Event (CoE) Tahun 2023 telah diawali dengan alek nagari Pacu Jawi di Kecamatan Sungai Tarab dan Lima Kaum, serta Launching CoE dan Persembahan Budaya di Pekanbaru.
Tetapi untuk Progul Satu Nagari Satu Event, Pesona Tobek Loweh yang menjadi pertama di tahun ini.

Dilaksanakan perdana disini karena di Kecamatan Lima Kaum salah satu pusat sejarah yang ada di Tanah Datar,imbuhnya.
Dikatakan Eka, Progul Satu Nagari Satu Event bertujuan untuk memberikan dampak multiplier kepada nagari khususnya dan Kabupaten Tanah Datar umumnya.

Kita ingin dengan progul ini, adat dan budaya serta kuliner yang menjadi spesifik khas di nagari kembali diperkenalkan kepada generasi muda ataupun masyarakat luas, yang nantinya juga bakal menjadi daya tarik wisatawan, sehingga target dua juta wisatawan ke Tanah Datar tahun 2023 bisa dicapai,sebut Eka.
Dengan Progul ini juga bisa menumbuhkembangkan bakat dan kreativitas anak nagari, terutama dalam melestarikan adat budaya serta menempa mentalnya, tambah bupati lagi.
Bupati Eka merasa bangga dengan penampilan, anak-anak usia dini Nagari Parambahan yang begitu bersemangat menari dan barandai, kita sangat terhibur meski belum melihat kekompakan mereka tampil, namun bupati memberi penghargaan dengan nilai 100 atas penampilan itu.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi atas terlaksananya event itu dan terima kasih atas kerja keras panitia pelaksana, dukungan tokoh masyarakat, ninik mamak dan pihak lainnya sehingga event ini bisa terlaksana.
Dengan terlaksananya, even itu, bupati Eka mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja keras kita semua. Alhamdulillah, event perdana ini bisa terlaksana dengan baik, ini baru awal, ke depan dukungan semua pihak tentu juga sangat kami butuhkan agar event lainnya baik itu Satu Nagari Satu Event ataupun event Pacu Kuda, Festival Minangkabau, Olahraga Paralayang atau Troi di Malalo dan lainnya bisa berjalan baik.

Pada kesempatan itu, Wali Nagari Parambahan Robi Yasdi menyampaikan terima kasih telah menjadikan Tobek Loweh Nagari Parambahan sebagai event pertama Progul Satu Nagari Satu Event.
Dan terimakasih dengan kehadiran bupati dalam festival Tobek Godang yang memiliki wahana air juga mempunyai pemandangan alam yang sangat indah.Festival Pesona yang dilaksanakan 11 sampai 13 Maret 2023 diwarnai dengan beberapa kegiatan seperti ciloteh, alua pasambahan, permainan air, penampilan seni tradisional, pacu rakik batang pisang, lomba layang-layang tingkat provinsi dan beberapa atraksi lain.

Sedangkan tokoh masyarakat Nagari Parambahan yang juga mantan ketua DPRD Tanah Datar, Wakil Bupati periode 2015-2020 dan Bupati Sisa jabatan 2020-2021 Zuldafri Darma menyampaikan hal serupa, ucapan terima kasih atas pelaksanaan event perdana Progul Satu Nagari Satu Event di Nagari Parambahan dan juga atas kehadiran Bupati Eka Putra bersama rombongan.
Seterusnya Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra yang juga merupakan putra asli Parambahan, ia mengatakan DPRD Tanah Datar sangat mendukung program yang dicanangkan Pemerintah Daerah.
Sebagai putra daerah dan juga pimpinan DPRD Tanah Datar,Anton sangat bangga Festival Pesona Tobek Loweh dilaksanakan. Dan Insya Allah, akan mendukung program ini dan program lainnya yang telah dicanangkan, karena memang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Peresmian dihadiri Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Ketua LKAAM Tanah Datar, Camat dan Wali Nagari se Tanah Datar, tokoh masyarakat, bundo kanduang, pemuda dan undangan-habede.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here