PLN IP UPK Ombilin Pastikan Pasokan Listrik Aman Selama Ramadhan dan Idul Fitri

355

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – PLN Indonesia Power Unit Pelaksana Pembangkitan (IP UPK) Ombilin pastikan pasokan listrik selama Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 aman. Meski kondisi saat ini UPK Ombilin tidak beroperasi akibat pasokan batubara menipis, namun jelang Ramadhan dipastikan kembali beroperasi.

Manager PLN IP UPK Ombilin, Shodiqin menjelaskan, menipisnya pasokan batubara dikarenakan adanya re organisasi dari PLN ke PLN Indonesia Power UPK Ombilin sehingga terjadi perubahan kontrak batubara. Per 1 Januari 2023 PLN Holding berganti ke PLN Indonesia Power UPK Ombilin.

“Namun dalam minggu ini kita pastikan kembali beroperasi, pasokan batubara akan masuk kembali dari pemasok,” ujarnya, Senin (20/3/2023).

Terkait tidak beroperasinya pembangkit 2 X 100 MW itu dijelaskannya, tidak akan mengganggu pasokan listrik diwilayah Sumatra Tengah. Hal itu lanjutnya dikarenakan listrik Sumatra yang telah terinterkoneksi.

“Walau UPK Ombilin ada gangguan, tapi masih ada suplay dari pembangkitan lain. Seluruh sumber pembangkit listrik atau subholding saling terhubung dan support untuk dapat memenuhi seluruh listrik di Sumbagteng, terlebih saat musim hujan ini, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) bisa optimal memproduksi listrik, jadi masyarakat tak perlu kwatir,” katanya lagi.

Ditambahkan Manager Bagian keuangan dan Umum Elfita Burnama, Pembangkit UPK Ombilin memerlukan bahan bakar 1000 ton per unitnya, dengan kalori batubara yang dibutuhkan dan biasa dipakai adalah 6.200-7.500 kal/kg.

“Pasokan dari Kuasa Penambangan (KP) milik masyarakat di Sawahlunto hanya memenuhi 50 persen dari kebutuhan 2.000 ton batubara untuk 2 turbi.Secara prinsip UPK Ombiin yang berada bagian tengah Sumatra berfungsi sebagai pengatur atau menstabilkan tegangan. Jadi jika ada daerah yang di ujung – ujung tegangannya tidak stabil, maka suplay dari UPK Ombilin yang akan menstabilkan tegangannya tersebut,” terangnya.

Disisi lain, Burnama juga mengimbau masyarakat yang memerlukan abu sisa pembakaran, disilahkan mengambil secara gratis. Pihak UPK Ombilin akan membantu untuk loading (muat) dan jika membutuhkan surat keterangan atau izin dan lainnya, juga akan dibantu semaksimal mungkin.kiy