Warga Durian I Sawahlunto Tebar 1000 Ekor Bibit Ikan Mas Rayo

HLP

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Sebanyak 1000 ekor bibit ikan mas Rayo ditebar di bantaran anak kaki Sumpahan Kelurahan Durian I Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. Bibit ikan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) itu langung diantar dan dilepas oleh Walikota Deri Asta, Jumat (24/3/2023).

Wako Deri Asta menilai, bantaran anak kali Sumpahan ini memiliki potensi untuk dikembangkan untuk budidaya ikan. Wako Deri berharap masyarakat sekitar bisa menjaga dan mengelolanya dengan baik sehingga lingkungan sekitar menjadi terpelihara .
“Kita jaga kearifan ikan lokal ini. Ekosistim terjaga, lingkungan terpelihara dan membawa manfaat bagi semua,” katanya.

Walikota juga berharap, masyarakat mampu memanfaatkan semua peluang yang bisa dikembangkan menjadi usaha ekonomi produktif. Tidak saja secara perorangan lanjutnya, usaha bisa dilakikan secara berkelompok memanfaatkan kearifan lokal yang ada.

idul adha

“Saya menilai peluang usaha dengan budidaya ikan ini sangat menjanjikan untuk peningkatan ekonomi. Terlebih saat ini produksi ikan di Sawahlunto masih sedikit dibanding dengan kebutuhan,” katanya lagi.

Epi

Sementara Kepala DKP3 Heni Purwaningsih mengungkapkan, angka produksi ikan di Sawahlunto masih berada dibawah angka konsumsi, artinya suplay atau kebutuhan ikan dalam kota masih belum tercukupi oleh pembudidaya ikan yang ada saat ini.

“Ini membuka peluang usaha budidaya ikan sangat besar. Dan kita mendorong masyarakat untuk mengambil peluang tersebut,” ujar Heni.

Heni juga menguraikan, terhitung hingga Maret 2023 ini DKP3 sudah menyebar bantuan bibit ikan sebanyak 50 ribu ekor dari target yang ditetapkan, yaitu sebanyak 350 ribu ekor.

Sementara di 2022 lalu pihaknya telah menebar total 235 ekor bibit ikan berbagai jenis bibit.
“Selain dari DKP3, bantuan bibit ikan juga kita dapat dari bantuan CSR PT. Bukit Asam, sebagai bentuk tanggung jawab lingkungan oleh perusahaan. Baru baru ini sebanyak 20 ribu bibit ikan gariang dan bauang yang direbar di Sungai Ombilin dan Batang Sumpahan serta Batang Malakutan,” terangnya.kiy

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.