Ketua DPRD Ermizen Buka Rapat Paripurna HJK Pesisir Selatan ke-75 Tahun

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Peringatan hari jadi Kabupaten (HJK) Pesisir Selatan Ke – 75 digelar melalui rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, di ruang rapat Paripurna DPRD Pesisir Selatan, pada Sabtu (15/4/2023) dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, bupati, wali kota, ketua DPRD Se – Sumbar. beserta daerah tetangga.

Gubernur Sumatara Barat, diwakili Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, serta Ketua Umum Asosisi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia ( APKASI) Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Hadir dalam rapat paripurna Peringatan hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan Ke – 75 Pesisir Selatan.

Menyambut kedatangan tamu undangan Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, Ketua DPRD Pessel Ermizen, Kepala Forkopimda Pessel, Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Sekretariat Dewan DPRD Pessel, BPK, dan staf ahli, asisten dan kepala OPD terkait. Serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pessel Ny. Yunesti Rusma Yul Anwar.

Pembacaan sekilas sejarah terbentuknya Kabupaten Pesisir Selatan, rapat paripurna peringatan hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke -75 mengusung tema ” Dengan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan Kita Tingkatkan Stabilitas Daerah Menghadapi Pemilu 2024.

Pimpinan Sidang Paripurna Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke – 75, Ermizen di momen bersejarah ini bukan sekedar evoria semata ataupun seremonia semata, namun semakin menambah rasa cinta pada mencintai Kabupaten Pesisir Selatan, seperti mengutip John F. Kenndey ” Jangan Tanyakan Apa Yang Negara Berikan Kepadamu, Tapi Tanyakan Apa Yang Kamu Berikan Kepada Negara,”.

Disampaikan Ermizen, pada hari jadi Kabupaten Pessel ke 75 sebagai tonggak awal untuk memperbaiki atau evaluasi masa lalu, menatap masa depan ( motivasi), menatap masa sekarang, dan menatap masa depan.

Selain itu, kedepan perlu ditingkatkan kebersamaan, komitmen bersama dan tekat bersama menyamakan persepsi, visi dan misi dalam membangun Kabupaten Pesisir Selatan yang sehjatera.

”Tahun ke III Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariyansyah memimpin roda pemerintah di Kabupaten Pessel, kita berharap antara Eksekutif dan Legislatif bisa terus terjalin hubungan kemitraan yang lebih baik,” tegas Ketua DPRD Pessel Ermizen.

Pada kesempatan itu Ermizen juga berharap kepada Bupati dan Wakil Bupati Pessel bisa meningkatkan lagi kedisiplinan ASN nya, dan bisa menempatkan mutasi atau rotasi jabatan sesuai dengan kemampuanya.

Perwakilan tokoh masyarakat Pesisir Selatan Dr.dr. Andani Eka Putra, M.Sc ( Direktur Usaha dan Pengembangan Bisnis Universits Andalas dan Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas ( Unand), Padang dalam kata sambutanya, mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan Ke -75, sebagai pelecut pembangunan di Kabupaten Pessel.

PERANTAU SIJUNJUNG

Pada kesempatan itu, Dr. dr. Andani juga menyinggung angka kemarmtian ibu hamil di Kabupaten Pessel, yang butuh aksi nyata dan kolaborasi antara dinas kesehatan dan rumah sakit. ” Selamat Hari Jadi Kabupaten Pessel ke – 75, “.

Dalam pidatonya Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar. M.Pd mengajak pada generasi muda dan masyarakat Pesisir Selatan moment Hari Jadi Kabupaten Pessel ke – 75 sebagai penambah referensi nilai – nilai sejarah berdiri nya Kabupaten Pesisir Selatan.

Peran aktif, saran, masukan dan kritikan sifatnya membangun dari seluruh lapisan masyarakat, para perantau dan pihak terkait lainya sangat berharga dalam pembangunan di Pesisir Selatan. Baik sedang berjalan maupun akan segera berjalan.

Ditengah keterbatasan dan kemampuan sisi keuangan daerah, baik melalui tranfer umum, perimbangan APBD Pessel, Pemkab Pessel bersama OPD yang ada akan berusaha seoptimal dalam mewujudkan Pessel Sehjatera, Martabat dan Keadilan. Begitu juga dalam peningkatan mutu pendidikan tingkat SD dan SMP.

”Masukan dan saran benar – benar kita tunggu, guna mendukung pembangunan di wilayahnya,” sampai Rusma Yul Anwar itu.

Sedangkan dalam kata sambutanya Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, sebagai kabupaten tujuan wisatawan, pelayanan dan kenyamanan kunjungan wisatawan harus kita tingkatkan. Sumber Daya Alam ( SDA) yang ada harus bisa kita optimalisasikan secara optimal, untuk kepentingan kesehjateraan masyarakat di daerahnya.

Berdasarkan data yang ada, 63,02 % usia produktif di Kabupaten Pesisir Selatan, Audy dengan usia produktif di Pessel bisa dioptimalkan sebagai penggerak ekonomi Pesisir Selatan, begitu juga peran juga para perantau ( PKPS) Pesisir Selatan yang cukup besar. Dan ini bisa menjadi kekuatan besar membangun daerah.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy menyampaikan pesan dan harapan pada bupati dan wakil bupati Pesisir Selatan, tetap menjaga harmonisasi dengan semua pihak, lebih inovasi dan kreatif, bangun kolaborasi dengan semua pihak, memaksimalkan potensi SDA yang ada.

”Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, siap mendukung dan mendorong pembangunan di Kabupaten Pessel sesuai dengan kewenangan yang ada,” ucap Wagub.

Acara kali itu juga dihadiri kepala Mantan Bupati Pessel, BUMN, BUMD, tokoh masyarakat, ninik mamak, bundo kandung, ormas, dan tokoh pemuda. Moment tersebut ditutup dengan pemotongan nasi tumpeng dan Kue Ulang Tahun.(Re)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.