Sambut Libur Lebaran, Sejumlah Objek Wisata di Sawahlunto Berbenah

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Menyambut arus wisata libur lebaran Idul Fitri 1444 H/2023, sejumlah destinasi wisata dikota Sawahlunto dilakukan pembenahan. Hal itu dilakukan dalam upaya memberikan pelayanan maksimal kepada pengunjung nantinya.

Selain wisata sejarah yang terangkum dalam Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto (OCMHS), ‘kota Arang ‘ Sawahlunto juga memiliki berbagai destinasi wisata diantaranya, objek wisata Puncak Cemara, Desa Wisata Rantih, Taman Satwa Kandi, Meervon Kandi, taman buah Kandi, Camping Ground, Batu Runciang dan waterboom Muarokalaban.

“Kita tengah melakukan berbagai pembenahan sarana dan prasarana penunjang dilokasi wisata. Harapannya tentu wisatawan akan lebih nyaman dan kunjungan wisata semakin meningkat,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Sawahlunto, Adri Yusman, Jumat (14/4/2023).

Epi

Dikatakannya juga, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan para pengelola wisata terkait strategi pengaturan dan juga pelayanan termasuk koordinasi dengan dinas terkait lainnya seperti Dinas Perhubungan, Dinas Satpol PP dan Damkar, Dinas Kesehatan, BPBD dan lainnya.

“Koordinasi ini penting untuk memberikan rasa aman dan nyaman wisatawan saat berada di Sawahlunto. Kita ambil contoh pengaturan parkir dan lalulintas disekitar objek wisata, bagaimana supaya rapi dan juga tidak membuat macet serta tarif yang memberatkan pengunjung,” kata Adri Yusman.

Untuk kelayakan destinasi wisata air seperti Kandi dan Waterboom, pihak Dinas Pariwisata meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah melakukan survey. Hal itu katanya, untuk mengantisipasi terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan.

“Setidaknya 6 juta perantau akan pulang mudik saat libur lebaran tahun ini. Kita berharap Sawahlunto bisa menjadi referensi untuk berwisata oleh perantau itu,” harapnya. Kiy

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.