Sawahlunto Ribowikti Farm Gelar Festival Ayam Kukuak Balenggek

633

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Ratusan peserta dari berbagai wilayah di Sumatra Barat ambil bagian dalam festival ayam kukuak balenggek ‘Sawahlunto Robowikti Farm Cup II’ di Lapangan Segitiga Ombilin, Minggu (28/5/2023). Kegiatan itu dibuka oleh Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti bersama Ketua DPRD Eka Wahyu.

Ketua Panitia Penyelenggara Suryadi mengatakan kelas yang diperlombakan dalam Festival tersebut diantaranya, pemula, landik, boko dan istimewa.
“Ini iven kedua kita gelar. Alhamdulillah banyak peminatnya, termasuk semakin banyak masyarakat yang menyukainya bahkan membudidaya ayam kukiak balenggek ini,” ujarnya.

Wawako Zohirin Sayuti menyebut, Pemko Sawahlunto sangat mendukung iven – iven seperti ini yang mampu mendatangkan banyak pengunjung dari luar Sawahlunto.
“Iven positif ini sangat berdampak pada perputaran ekonomi dan pariwisata kita,” katanya.

Festival ini lanjutnya, dalam rangkaian sport tourism, dan Pemko sangat mendukung agar bisa digelar setiap tahunnya.
“Kepada peserta dari luar Sawahlunto, terima kasih telah datang, selamat berlomba dan sebelum pulang nanti silahkan nikmati wisata kota tua penuh sejarah ini,” kata Zohirin.

Turut hadir dalam Festival Ayam Kukuak Balenggek itu Wakil Wali Kota Sawahlunto masa jabatan 2013-2018 Ismed. Sejumlah perwakilan dari Dinas Peternakan Sumbar khususnya di bidang kesehatan hewan juga terpantau menghadiri Festival tersebut.

Selain dari Pemko Sawahlunto, penyelenggaraan Festival itu didukung pula oleh sponsor seperti PTBA Ombilin, Bank Nagari, dan berbagai sponsor lain. Kiy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here