Seribu Jamba Meriahkan Minangkabau Baralek Gadang

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Disepanjang jalan menuju lapangan, saya melihat Ibu-ibu menjunjung nasi baka atau bekal merupakan sebuah tradisi harus tetap dilestarikan begitu juga tradisi-tradisi lain yang hingga saat ini masih kental di nagari-nagari.

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengemukakan hal itu dalam aktivitas Minangkabau Baralek Gadang, Seribu Jamba Baka diarak para Ibu-ibu pada saat prosesi pawai dari rangkaian kegiatan satu nagari satu event di Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang dibuka Bupati Eka Putra Sabtu(24/5) di lapangan bola kaki nagari Minangkabau Sungayang.

Dikatalan Bupati, satu event satu nagari merupakan bentuk dan upaya menjaga adat dan budaya , juga kuliner-kuliner tempo dulu yang saat ini sudah mulai tergerus, dengan adanya event dapat menghidupkan kembali keunikan dan keanekaragaman budaya.

Bupati Eka Putra juga mengatakan, saat ini satu nagari satu event turut didamping oleh politeknik pariwisata Bandung. Hal ini juga guna memperkenalkan potensi-potensi pariwisata Tanah Datar lebih luas lagi, disamping itu Pemda Tanah Datar juga menjalin kerjasama dengan STP Bandung ini.

Epi

Terkait satu nagari satu event, Bupati Eka Putra katakan sebagai ajang promosi, baik bagi kabupaten maupun nagari, mengaktifkan sanggar-sanggar kesenian di nagari, kuliner, UMKM serta rasa kebersamaan membangun nagari.

Eka Putra juga mengatakan di tahun 2023 ini juga kembali akan digelar Kongres Bundo Kanduang se-Dunia yang direncanakan pada Desember mendatang.

Dalam kegiatan tersebut turut memberikan kata sambutan, wali Nagari Minangkabau Imhar yang menyampaikan rasa syukur event satu nagari Minangkabau baralek gadang tersebut dimana arakan jamba baka merupakan sumbangsih masyarakat, bundo kanduang dan TP-PKK Nagari Minangkabau.

Seterusnya Tokoh Masyarakat Yusran Munaf Dt. Sari Marajo meng atas namakan perantau menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan satu nagari satu event di Nagari Minangkabau

Hadir dalam Minangkabau Baralek Gadang itu, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Dt. Intan Bano, Anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari Dt. Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh, Asisten dan Kepala OPD lingkup Pemkab Tanah Datar, Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Camat se-Tanah Datar, Forkopimca, Wali Nagari se-Tanah Datar, Lembaga Unsur dan undangan – habede

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.