Di Sijunjung, Tim KNGI Kunjungi Geopark Silokek dan Perkampungan Adat, Ini Laporannya

512

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Pada Kamis (13/7/2023) Tim Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) melakukan kunjungan ke Geopark Silokek dan Perkampungan Adat Lorong Waktu Minangkabau, di Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Tim Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) itu melakukan kunjungan ke Geopark Corner SMPN 7 Sijunjung, Dapur Fataya Ecoprint, dan Pusat Kerajinan Tenun Unggan Lansek Manih.

Tim KNGI terdiri dari Dewan Pakar Dr. Ir. Rudi Suhendar, M.Sc bersama Dr. Ir. Tukul Rameyo Adi, MT didampingi tim dari Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenkomarves),Dwi Novria Ambarwati, ST., MURD serta dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Drs. Agus Suprihastono, MM (Ketua Tim Kerja Area I Kemenparekraf), dan Antariksa, MM (Fungsional Kemenparekraf).

Kunjungan tim KNGI tersebut juga didampingi Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si serta Kepala Badan Pengelola (BP) Geopark Silokek Dr. Zefnihan, AP, M.Si, Tim ahli Geopark Silokek, Prof. Ir. Febrin dan Dian Hadiyansyah, ST. MT, Kepala Dinas Parpora, Afrineldi, SH beserta Kepala OPD lainnya, Dirut PDAM, Doni Novriedi, SH, Pinca Bank Nagari, Yosviandri , Kepala Sekolah, Carly Marlinton, S.Pd beserta majlis guru

Tim melakukan kunjungan dalam rangka aspiring terhadap Geopark Ranah Minang Silokek yang sedang giat-giatnya menuju UNESCO Global Geopark (UGGp).

Keindahan Geopark Silokek meliputi geologi, geosite, geoheritage, geodiversiti, biodiversiti, kultur diversiti, biologi, lingkungan hidup, sosial budaya serta pariwisata.

Dalam kunjungan ke SMPN 7 tersebut, Tim menyaksikan Geopark Corner SMPN 7  diawali dengan penyambutan dan pengalungan bunga sembari menyaksikan atraksi “Tari Tanduk” khas Nagari Lubuktarok, yang telah diakui sebagai Warisan Budaya Nasional.

Tim KNGI ini dibuat terkagum-kagum oleh penampilan Talempong Kayu yang ditampilkan Alhadiska Mahalfa Julian (kelas IX).

Iqlil Jannah, juga siswa Kelas IX, memaparkan. “Talempong kayu adalah permainan anak nagari pada sore hari di pinggir Batang Kuantan”.

“Talempong Unggan Logu Pararakan Kuntu memiliki karakter permainan cepat, sebagaimana karakter Buya Hamka ikut berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan,” lanjut Iqlil menjelaskan perihal Talempong Unggan di Geopark Corner.

Sore itu, Talempong Unggan dari Kecamatan Sumpur Kudus turut mengisi semaraknya kunjungan Tim UGGI dalam rangkaiannya di Kabupaten Sijunjung.
Geopark Corner adalah pembelajaran bagi siswa tentang pentingnya mencintai alam dan mengenal budaya masyarakat di Kabupaten Sijunjung yang telah ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional.

Kepala Dinas Kominfo Sijunjung, David Rinaldo, S.STP, menyebutkan, selama kunjungan Tim KNGI di Ranah Lansek Manih berjalan sukses dan lancar.

“Alhamdulillah, Tim KNGI menimati Ranah Lansek Manih, mereka juga terpukau dengan penampilan seni tradisonal yang ada di Kabupaten Sijunjung,”tambah Plt Kankan Kesbangpol Kabupaten Sijunjung itu.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here