Tokoh Penggerak Koperasi, Bupati Eka Putra Dianugerahi Penghargaan Dekopin

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Penghargaan selaku tokoh penggerak koperasi madya dari Dewan Koperasi Nasional (Dekopin) diterima Bupati Tanah Datar, Eka Putra SE, MM.

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita menyerahkan langsung kepada Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Tanah Datar Hendra Setyawan, Minggu(23/7) pada hari puncak Koperasi Ke-75 di Auditorium UNP Padang.

Dikatakan Hendra Setyawan , penghargaan tersebut diberikan kepada Bupati karena aktif menggerakkan pengembangan koperasi di Kabupaten Tanah Datar. Penghargaan tidak terlepas dari semua pihak atas dukungan dan kerja sama diberikan dalam pengembangan koperasi di Tanah Datar Luhak Nan Tuo.

Dengan adanya penghargaan tersebut, sebut Hendra, diharapkan kedepannya akan menambah semangat dan motivasi untuk mengembangkan koperasi di Tanah Datar agar semakin meningkat. Bagi koperasi-koperasi sebelumnya tidak aktif diharapkan dapat bergabung kembali dan berkontribusi dalam memajukan perekonomian.

Epi

Berdasarkan data keragaan koperasi, kata Hendra, berdasarkan kelompok usaha di Kabupaten Tanah Datar posisi 31 Maret 2022 berjumlah 227 unit, dari jumlah tersebut masih terdapat koperasi yang tidak aktif.Seterusnya koperasi yang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada tahun 2021 hanya 82 koperasi, pada 2022 sebanyak 78 koperasi, kemudian pada tahun 2023 sampai kondisi saat ini yang melaksanakan RAT baru sekitar 67 koperasi.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dewan Koperasi Indonesia atas penghargaan yang diberikan kepadanya. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh pihak yang terkait.

Eka menyatakan sangat luar biasa, untuk itu kepada dinas terkait dan pihak-pihak yang telah mendukung kinerja Pemerintah Daerah didalam mengembangkan dan melakukan pembinaan terhadap koperasi di Tanah Datar.

Koperasi, ucap bupati, salah satu gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan, yang memiliki tujuan untuk kepentingan anggotanya terutama dalam meningkatkan kesejahteraan.

Untuk itu, Eka mengajak masyarakat kabupaten Tanah Datar bergabung dan memanfaatkan koperasi guna membantu anggota memperoleh akses pasar yang lebih luas yang menyediakan kebutuhan anggota – habede

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.